Aliran Rezeki Dari Sungai Musi

|

|

|

Tidak ada usaha yang sia-sia. Jangan putus asa dan teruslah berjuang untuk masa depan anak-anak kita

Indah Permatasari – Pengusaha Pempek dan mitra usaha Amartha

Sejak tahun 2015 lalu, Ibu Indah sudah memiliki usaha kuliner di Kapal Terapung Sungai Musi, Palembang. Ia menjalankan usaha ini bersama ibu dan suaminya.

Sejak awal berdagang, Ibu Indah fokus pada kuliner khas Palembang. Tempat usahanya yang berada di pinggir Sungai Musi turut mengalirkan rezeki kepada keluarganya.

Pandemi yang datang 2019 lalu dan ditutupnya tempat wisata membuat pendapatan Ibu Indah berkurang. Ia pun memutar otak untuk mengalirkan kembali rezekinya di Sungai Musi dengan mengajukan modal usaha ke Amartha.

Adanya modal usaha dan pendampingan serta pelatihan dari Amartha membawanya pada rezeki yang tidak terputus. Pendapatan hariannya sekitar Rp 300 ribu – Rp 500 ribu. Dalam satu minggu, ia bisa mengantongi Rp 3.5 juta.

Rezeki tersebut dialirkan lagi kepada orang lain seiring beragamnya menu kuliner yang ia buat. Sejak bergabung menjadi mitra Amartha, ia dapat memperkerjakan 7 (tujuh) karyawan.

Indah Permatasari – Mitra Usaha Amartha asal Palembang

Dorong dan Berdayakan Kemandirian Ekonomi Perempuan UKM Desa Bersama Amartha

Amartha merupakan perusahaan P2P Lending yang menghubungkan pendana dan peminjam, khususnya perempuan pengusaha mikro di pedesaan untuk mendapatkan modal kerja melalui suatu platform secara online.

Dalam proses menyaluran pendanaan, Amartha mengadopsi sistem Grameen Bank yang diprakarsai oleh Muhammad Yunus di mana setiap calon mitra perlu membentuk kelompok 5-15 orang untuk pengajukan pinjaman. Fungsi kelompok adalah untuk mempermudah pendampingan, pelatihan, serta monitor usaha mitra.

Adanya pendampingan dan pelatihan secara rutin dilakukan agar mitra modal kerja dapat digunakan tepat sasaran dan membuat mitra dapat mandiri secara ekonomi. Berdasarkan Laporan Akuntabilitas Sosial tahun 2019, 41% mitra berhasil keluar dari garis kemiskinan setelah dua tahun bergabung dengan Amartha.

Dengan mendanai mitra Amartha mulai dari Rp 3 juta, pendana bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun. Pendana tidak perlu khawatir karena Amartha adalah perusahaan fintech lending yang aman karena telah terdaftar dan memiliki izin usaha dari OJK sejak tahun 2019 lalu.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...