Home Lifestyle How To Make Money on Instagram

How To Make Money on Instagram

|

|

|

Instagram adalah aplikasi berbagi foto dan video gratis yang tersedia di perangkat iOS Apple, Android, dan Windows Phone. Setiap pengguna bisa mengunggah foto atau video ke Instagram dan membagikannya kepada pengikut atau teman mereka. Selain itu, pengguna bisa melihat, mengomentari, dan menyukai postingan yang dibagikan oleh teman mereka.

Berdasarkan Instagram Stats For 2020 seperti dilansir dari Hootsuite, 63% pengguna Instagram melakukan log in minimal sekali per hari, 200 juta pengguna Instagram mengunjungi business profile setiap hari, dan 62% pengguna mengatakan lebih tertarik mengunjungi suatu brand atau produk setelah melihatnya di Stories.

Seiring berjalannya waktu, muncul istilah selebgram (celebrity instagram) atau influencer. Istilah tersebut merujuk pada seseorang yang berpengaruh dan profesional di suatu bidang dan memiliki banyak pengikut di platform Instagram. Tingkatan selebgram dibagi berdasarkan jumlah pengikut seperti micro influencer (1000 – 10.000 pengikut) dan macro (10.000 – jutaan pengikut).

Fenomena selebgram atau influencer kini berubah menjadi sebuah profesi yang menghasilkan uang. Apabila tema atau brand yang dibahas sesuai dengan ketertarikan si selebgram, uang yang didapatkan bisa lebih besar lho. Gak heran banyak sekali orang-orang yang beralih profesi menjadi selebgram. Terus gimana caranya mendapatkan uang dari Instagram?

Bangun Personal Branding

Suatu brand atau produk akan tertarik bekerja sama dengan suatu selebgram atau influencer dengan memperhatikan beberapa aspek seperti engagement dengan yang dimiliki (jumlah followers, like, dan comment) dan spesialisasi si selebgram (travel, fotografi, memasak, parenting, fashion, lifestyle, atau keuangan). Maka dari itu diperlukan konsistensi dan riset yang mendalam bagi si selebgram dalam melakukan aktivitas di Instagram. 

Unpaid Review

Untuk menarik lebih banyak audiens, selebgram pemula dapat melakukan unpaid review di akun Instagram miliknya. Jelaskan suatu kelebihan dan kekurangan produk tersebut dengan menarik dan jelas. Dengan demikian perlahan-lahan kamu bisa mendapatkan perhatian dan kerjasama dari suatu brand atau produk.

“Menjual Diri” ke Suatu Brand

Selebgram dapat menjual dirinya ke suatu brand yang ingin sekali diajak kerjasama. Arti menjual diri di sini ialah mengajukan permohonan kerja sama dengan melampirkan keuntungan yang akan didapatkan oleh suatu brand atau produk bila menggunakan jasa yang kamu tawarkan. 

Buat Product atau Brand Sendiri

Bagi selebgram, baik macro atau micro tidak selamanya mendapatkan tawaran dari suatu brand atau produk. Maka dari itu, selebgram dapat menciptakan brand atau produk sendiri dan tawarkan di akun pribadi. Dengan demikian, selebgram dapat mendapatkan uang dari produk yang dijualnya. 

Selamat mencoba!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...