Home Lifestyle Hobi Ngeblog? Monetize Dengan Cara Ini!

Hobi Ngeblog? Monetize Dengan Cara Ini!

|

|

|

Dewasa ini, kamu bisa melakukan beragam upaya positif untuk mendapatkan penghasilan. Kalau biasanya orang menganggap blog sebagai tempat menulis dan membagikan karya, sekarang kamu bisa monetizing blog dengan cara yang menarik sekaligus menguntungkan.

Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog

Blogging masih menjadi salah satu hobi yang diminati, bahkan ditekuni oleh banyak orang. Uniknya, kamu bisa memanfaatkan blog sebagai peluang yang memberikan banyak benefit bagi kehidupan.

Apalagi, kalau blogmu berhasil dikembangkan dengan baik dan mendapatkan banyak pengikut atau pembaca setia dari waktu ke waktu. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan lewat blog:

  1. Membuka ruang iklan
    Apa yang terjadi kalau kenaikan traffic sebuah blog meningkat secara signifikan? Ya, pengiklan akan tertarik untuk merogoh kocek dan mengiklankan produknya lewat blog pribadimu.

    Dengan konsep yang sama seperti iklan majalah dan koran, hal ini akan memberikan timbal balik bagi pengiklan supaya pembaca blog ikut melihat iklan tersebut. Kamu juga bisa menggunakan GoogleAds untuk membantu menaikkan traffic dari sebuah blog.
  2. Mengikuti afiliasi
    Menjadi salah satu cara populer dan mulai diminati oleh para pemilik blog. Nantinya, kamu akan memasang tautan menuju produk yang dijual oleh penyedia program afiliasi.

    Kamu bisa mendapatkan sejumlah uang apabila ada pembaca yang mengklik tautan kemudian memutuskan untuk membeli produk tersebut. Komisi yang akan diperoleh biasanya bergantung pada ketentuan yang dikeluarkan oleh penyedia afiliasi.
  3. Recurring income
    Cara yang satu ini mendorong para pembaca untuk berlangganan atau menjadi member dari blog yang kamu bangun. Pengikut membayarkan beberapa biaya yang diperlukan untuk mengakses konten premium hingga mendapatkan harga khusus untuk paket pelatihan yang kamu buka.
  4. Mengadakan event
    Dengan pilihan acara bervariasi dan mudah disesuaikan, kamu bisa mendapatkan sejumlah penghasilan dari tiket yang dibeli oleh para pengikut blog maupun adanya sponsor untuk menyukseskan event tersebut.

    Kamu bisa mengadakan gathering dengan komunitas blogger lain, konferensi, seminar, maupun acara-acara menarik lainnya. Selain mendapatkan benefit dari segi materi, kamu bisa memperoleh banyak pengalaman dan wawasan baru dari orang lain.
  5. Penjualan produk
    Kamu bisa menawarkan berbagai produk fisik dan digital yang sesuai dengan segmentasi blog buatanmu. Terkadang, kamu akan menyita sedikit waktu untuk menyiapkan produk tersebut. Namun, hasilnya selalu sebanding dengan keuntungannya.

Tips yang Bisa Dipraktikkan Ketika Monetizing Blog

  • Bangunlah blog melalui platform terbaik
  • Buatlah konten blog yang menarik, bermanfaat, dan interaktif
  • Tingkatkan kualitas SEO pada blog
  • Dekatkan diri dengan para pembaca dan senantiasa jaga kepercayaan mereka
  • Promosikan juga blog kamu di media sosial

Sekarang, mendapatkan penghasilan tambahan bisa kamu lakukan melalui hobi blogging. Sembari mendapatkan relasi baru dan memberikan benefit bagi orang banyak, manfaatkan blog sebagai lahan terbaik untuk memperoleh manfaat secara pribadi.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...