Heboh Temuan Virus Zombie, Berikut Faktanya!

0
2023
Ilustrasi penemuan virus zombie. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi penemuan virus zombie. sumber: www.pexels.com

Baru-baru ini dunia dibuat heboh dengan temuan virus zombie yang kabarnya terkubur puluhan ribu tahun di bawah es. Apakah virus ini bisa menginfeksi manusia dan menyebabkan zombie apocalypse? Yuk, cari tahu fakta sebenarnya tentang virus ini!

Tentang Virus Zombie

Penemuan virus zombie ini terjadi di Siberia, Rusia. Tepatnya virus ditemukan di daratan beku atau permafrost yang ada di sana. Menariknya lagi es tersebut bukanlah es biasa namun menjadi rumah bagi virus hidup yang masih bisa menjadi patogen. 

Menurut hasil studi yang sudah dipublikasikan oleh bioRxiv, peneliti di sana sudah berhasil menghidupkan kembali patogen yang usianya lebih dari 48.500 tahun. Virus inilah yang membuat heboh dunia dan dicurigai sebagai virus mayat hidup

Fakta Menarik

Banyak opini yang muncul setelah kabar penemuan virus ini beredar ke publik. Apakah benar virus ini disinyalir bisa menular ke manusia? Berikut beberapa fakta menarik mengenai virus zombie yang perlu kamu ketahui:

1. Ada 13 Virus yang Ditemukan

Tidak hanya 1, total ada 13 virus yang ditemukan di wilayah permafrost tadi. Semua patogen tadi telah terperangkap di dalam es dan membeku sehingga tidak bisa menginfeksi manusia. 

Semua virus yang terperangkap tadi kemudian mengalami masa dorman atau tidur. Mereka tidak aktif namun masih hidup. Saat es mencair, virus-virus tadi akan kembali aktif seperti biasa. 

2. Arti Nama Zombie

Sebenarnya nama zombie yang diberikan pada virus ini bukan berarti virus tersebut akan menginfeksi manusia dan membuatnya menjadi zombie. Nama zombie diberikan sebagai istilah bagi virus yang masih tetap hidup walaupun sudah dibekukan. 

Sama halnya seperti zombie yaitu mayat yang masih bisa berjalan dan hidup. Begitu juga dengan virus-virus ini yang sudah beku tapi tetap bisa hidup. 

Baca Juga: Catat! 7 Makanan Pantangan Kolesterol Tinggi

3. Virus Raksasa

Dari 13 patogen yang ditemukan tadi, ada salah satu virus yang berukuran sangat besar. Virus tersebut diberi nama Pandonavirus yedoma dan sudah terkubur lebih dari 48.500 tahun lamanya. 

Virus ini disebut virus raksasa dan ukurannya memang jauh lebih besar dari virus lain saat diamati di bawah mikroskop cahaya. 

4. Tidak Berpotensi Mengancam Manusia

Fakta virus zombie yang perlu diketahui oleh semua orang adalah tidak ada potensi penularan yang mengancam manusia. Banyak sekali berita yang mengatakan kalau virus ini bisa menular ke manusia. 

Bahkan beberapa media yang tidak tepercaya juga menyebutkan adanya potensi zombie apocalypse di masa depan. Semua ini tidak benar dan hanya kabar burung semata. 

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan membuktikan bahwa virus ini hanya akan menginfeksi amuba. Amoeba merupakan sejenis organisme kecil yang bersel tunggal dan hidup di wilayah lembab. 

Disebutkan bahwa virus yang bisa menginfeksi manusia tidak akan bisa bertahan jika dibekukan dan dicairkan berulang kali. Padahal virus dari permafrost ini telah mengalami pembekuan dan pencairan yang berulang. 

5. Masih Banyak Virus Baru

Penemuan virus zombie di Siberia ini disebut-sebut hanya sebuah permulaan. Kabarnya virus ini merupakan awal mula yang kemudian akan dijadikan acuan bagi para ilmuwan untuk mengeksplorasi lebih jauh. 

Ilmuwan akan terus melakukan eksplorasi agar bisa mengetahui apa saja yang tersembunyi di bawah permafrost. Jadi virus-virus yang sudah ditemukan sebelumnya akan dipakai sebagai acuan bagi mereka. Penemuan virus zombie ini bikin geger banyak orang. Tapi kamu harus tetap tenang dan fokus sama masa depan.

Selain menjaga kesehatan, jangan lupa juga untuk tetap mengelola finansial dengan baik lewat investasi yang tepat. Lakukan pendanaan bersama microfinance marketplace Amartha untuk mendapat peluang imbal hasil flat hingga 15% per tahun.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here