Heboh Citayam Fashion Week, Ini 6 Tips Jadi Content Creator

0
31
Ilustrasi menjadi content creator. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi menjadi content creator. sumber: www.istockphoto.com

Apakah kamu mendengar fenomena Citayam fashion week? Mereka adalah sekumpulan remaja yang sebagian besar berasal dari daerah citayam, Bogor, Bojonggede dan sekitarnya. Remaja-remaja ini kerap berkumpul di SCBD dengan menggunakan outfit yang kekinian. Fenomena ini menjadi bahan perbincangan berkat pembuat konten yang mengeksposnya di sosial media.

Setiap hari, kamu pasti melihat konten-konten yang ada pada platform seperti youtube, Instagram, Tiktok, dan beragam platform lainnya. Konten yang tersedia pun memiliki beragam topik yang berbeda sesuai target audiensnya. 

Pembuat konten disebut dengan istilah content creator. Profesi ini sedang naik daun sekarang ini, khususnya di kalangan anak muda. 

Apa Itu Content Creator

Sebenarnya, apa itu content creator? Pembuat konten adalah orang yang bertugas untuk mencari ide, menyusun, dan membuat sebuah konten yang nantinya akan disebarkan dalam beberapa platform seperti youtube, Tiktok, Instagram, atau bahkan website. 

Jika kamu memiliki kreatifitas yang tinggi, pekerjaan ini mungkin cocok untukmu. Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui bagaimana menjadi seorang pembuat konten yang baik dan sesuai target audiensmu.

Tips Sukses Menjadi Content Creator

Membuat sebuah konten nyatanya tidak semudah yang dipikirkan. Banyak faktor yang harus diperhatikan untuk membuat konten yang berkualitas. Namun jangan khawatir, karena berikut ini akan diuraikan tips sukses untuk menjadi pembuat konten.

Jika kamu tertarik untuk terjun dalam profesi ini, yuk simak dengan baik beberapa cara menjadi content creator yang baik dan sukes berikut ini.

1. Mengetahui Target Audiens

Dalam membuat konten, kamu harus tahu untuk siapa content tersebut ditujukan. Hal tersebut berguna agar konten yang kamu buat tidak salah sasaran. Ketika sudah mengetahui target audiensmu, kamu dapat dengan mudah menyesuai beberapa hal seperti gaya bahasa, topik, dan sebagainya.

2. Pastikan Konten Milikmu Berkualitas

Konten yang baik adalah konten yang berkualitas dan dapat mengedukasi audiens. Kualitas konten dapat dilihat dari keakuratan informasi didalamnya. Oleh sebab itu, sebagai seorang content creator sangat penting untuk selalu memeriksa ulang konten yang akan kamu sebarkan.

3. Selalu Mengikuti Perkembangan Informasi

Agar konten yang dibuat selalu relevan, ikutilah perkembangan informasi pada topik konten yang digeluti. Contohnya jika kamu berada dalam konten tentang pendidikan, pahami materi dan kurikulum terbaru.

Jangan sampai kontenmu terlalu ketinggalan zaman sehingga tidak efektif bagi audiens.

Baca Juga: 7 Cara Agar Video TikTok FYP dan Viral

4. Evaluasi Konten Secara Berkala

Mengevaluasi konten berguna untuk mengetahui kekurangan kamu sebagai seorang content creator. Kamu juga dapat meminta orang lain untuk menilai konten yang dibuat. Dengan evaluasi, kontenmu akan semakin berkembang.

5. Mengikuti Komunitas Pembuat Konten

Dengan bergabung bersama sesama pembuat konten, kamu dapat saling bertukar pikiran. Pastinya, ide-ide baru akan muncul ketika saling berbincang dengan pembuat konten lainnya. Kamu juga dapat belajar dari mereka yang lebih senior dalam membuat konten. 

6. Konsisten Dalam Membuat Konten

Konsistensi dalam membuat konten membuatmu lebih mudah untuk sukses jadi content creator. Audiens dapat lebih mudah mengingat konten-konten milikmu ketika kamu rutin membuatnya. 

Namun, tetaplah untuk mempertahankan kualitas ketika kamu membuat konten secara rutin. Pembuat konten inilay yang berperan besar dalam menyebarkan suatu tren dan informasi.  

Pembuat konten dapat membuat suatu hal menjadi tren dengan cepat. Oleh karena itu seorang pembuat konten harus bertanggung jawab atas apa saja yang mereka buat dan bagikan kepada audiens. 

Di samping bekerja sebagai content creator, yuk miliki pendapatan pasif untuk masa depan. Dengan mulai berinvestasi di Amartha, kamu akan mendapatkan hasil 15% flat per tahun. Kamu pun tidak perlu khawatir, karena investasi di Amartha sudah terjamin aman dan pastinya juga berdampak positif untuk para pebisnis di pedesaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here