Home Lifestyle ⛾ Hati-hati, Serangan itu Bernama FOMO!

Hati-hati, Serangan itu Bernama FOMO!

Sekarang ini muncul banyak istilah yang bisa dibilang cukup menggambarkan kondisi milenial. Misalnya saja seperti YOLO, JOMO, dan FOMO. Kali ini mari kita bahas Fear of Missing Out (FOMO).

FOMO: Apa dan Bagaimana?

Istilah FOMO muncul pertama kali dalam sebuah makalah yang ditulis oleh Dan Herman, seorang marketing strategist pada tahun 2000. Mengaitkannya dengan psikologi konsumen, Dan Herman meneliti FOMO sebagai fenomena sosio-kultural, motivasi, dan faktor kepribadian.

Karena dianggap penting, istilah FOMO dicatat dalam Oxford English Dictionary pada tahun 2013. FOMO sendiri memiliki arti sebagai suatu kondisi perasaan di mana seseorang merasa gelisah, cemas, takut, hingga frustasi ketika ketinggalan suatu informasi terbaru. Perasaan ini kemudian mempengaruhi pengambilan keputusan seseorang yang seringkali tidak mempedulikan kondisinya, yang terpenting adalah menjadi yang paling up-to-date.

Melansir qureta.com, hasil survei dari Australian Psychological Society menyatakan bahwa media sosial adalah sarana meredakan sekaligus penyebab stres terutama pada remaja. Lebih dari itu, hasil survei ini menunjukkan bahwa FOMO meningkatkan level kecemasan remaja dan dapat berujung pada depresi.

Cara Mengatasi FOMO

“Kebahagiaan bukanlah sesuatu yang sudah tercipta melainkan sesuatu yang kita ciptakan.” – Dalai Lama

Secara umum, FOMO dapat membahayakan kesehatan orang yang mengidapnya. Karena FOMO dilatari oleh rasa tidak bahagia dan rasa kurang puas terhadap suatu hal, maka kunci untuk mengatasinya adalah dengan cara bersyukur dan berbahagia. 

Penulis Happines by Design, Paul Dolan mengutarakan kalau kebahagiaan ditentukan oleh bagaimana seseorang mengalokasikan perhatian. Berhenti memperhatikan atau bermain media sosial bisa menjadi solusi awal.

Langkah selanjutnya adalah bersyukur. Syukurilah setiap hal apa pun yang kamu miliki. Juga luangkan waktu untuk orang-orang terdekat yang selama ini kita abaikan karena fokus dan asik bermain media sosial.

Subscribe to Our Newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

avatar
Eri Tri Anggini
Sobat Rebahan

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

7 Amalan Sunnah di bulan Ramadhan yang Bikin Ibadahmu Makin Berkah

Akhirnya bulan yang dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di berbagi penjuru dunia tiba, Ramadhan yang penuh berkah, hikmah dan ampunan, karena berbagai...