Home Finance Hati-hati, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli iPhone!

Hati-hati, Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli iPhone!

|

|

|

Iphone menjadi salah satu merk HP terkenal yang harganya cukup mahal. Rabu (14/10) lalu, Apple baru saja merilis iPhone 12 dengan harga US$ 799 atau setara dengan Rp 11,1 juta (kurs Rp 14.000) untuk ukuran 64 GB.

Iphone sendiri menjadi jenis handphone bergaya yang berkaitan dengan gaya hidup penggunanya. Tapi tahukah Anda bahwa di pasaran, ada pula handphone Iphone yang palsu, refurbished atau bahkan black market. Tentu saja harga Iphone tersebut jauh lebih murah dibanding harga aslinya di pasaran.

Sebelum Anda membeli Iphone dengan harga yang murah atau jauh dari pasaran, sebaiknya Anda perhatikan dahulu perbedaan antara Iphone yang palsu, refurbished dan Iphone BM. Jangan sampai hanya tergiur dengan harga murah tapi ternyata Anda tertipu karena Iphone yang dibeli bukan original.

Perbedaan Antara Iphone Palsu, Refurbhised, dan Black Market

Berikut ini perbedaan antara Iphone yang ternyata palsu, refurbhised atau handphone black market, diantaranya yaitu:

Iphone Refurbhised

Ada beberapa merk handphone ternama yang memperbaiki handphone-handphone bekas buatan pabrik tersebut, lalu kemudian dijual kembali. Salah satunya adalah handphone Iphone yang direfurbhised. Biasanya, Iphone yang direfurbhised dijual dengan harga yang lebih mahal karena terbilang bekas.

Walaupun begitu, standar kualitas Iphone tersebut akan tetap terjamin karena dirakit ulang oleh pabriknya secara langsung. Bagian komponen yang rusaknya juga akan diganti dengan komponen yang asli. Selain itu, Iphone refurbished juga masih memiliki garansi bahkan kemasannya pun rapi dan tetap menarik.

Itulah sebabnya Iphone refurbhised dijual dengan harga mahal, karena performanya lebih baik. Tapi sebaiknya tetap membeli Iphone refurbhised di toko resmi.

Iphone Ilegal atau Black Market

Untuk Iphone yang dijual secara ilegal atau sebutannya yaitu black market biasanya kondisinya sama saja dengan Iphone original. Bedanya Iphone ini tidak ada garansi resmi, tak punya izin postel, bahkan nomor IMEInya pun tak terdaftar secara resmi. Iphone BM ini sudah jelas tidak resmi secara hukum.

Supaya Anda tidak tertipu dengan HP BM, maka pastikan nomor IMEI-nya ada dan terdaftar secara resmi. 

Iphone Palsu

Biasanya, tombol pada Iphone palsu pemasangannya tidak pas dan agak longgar. Tampilan layarnya juga kusam dan tidak cerah karena tidak ada fitur retina diplay. Anda juga bisa mengecek bagian penyimpanan simcardnya, bisa dipasang dengan dual simcard. Padahal Iphone yang asli hanya memiliki satu simcard saja. 

Ditambah lagi dengan bagian belakang ponsel yang tidak ada tulisan Assembled in China dan Designed by Apple California. Bisa juga tulisan tersebut diganti dengan tulisan lainnya. Maka bisa dipastikan ponsel Iphone itu memang palsu. Cek juga nomor IMEInya, jika nomornya invalid maka Iphone itu adalah palsu.

Sebelum mulai membeli Iphone dengan harga yang murah atau jauh dari pasaran maka Anda bisa mengeceknya, mungkin Iphone itu palsu atau BM. Jika harganya jauh lebih mahal maka Iphone tersebut merupakan Iphone refurbhised.

Atau apabila Anda merasa tidak cocok dengan iPhone, Anda bisa membeli smartphone lainnya. Selain menghemat budget, Anda juga bisa mengalokasikannya untuk investasi di Amartha. Dapatkan keuntungan sampai 15% FLAT per tahun sekaligus memberdayakan para pengusaha mikro di pedesaan!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...