Hati-hati ini 4 Teknik yang Digunakan Dalam Modus Penipuan

0
182
teknik modus penipuan

Modus Penipuan yang Semakin Marak

Penipuan digital sekarang ini memang menjadi semakin marak di sekitar kita. Lebih-lebih saat ini aktivitas digital yang dilakukan oleh masyarakat semakin lama menjadi semakin meningkat. Tentu saja modus penipuan juga semakin banyak. 

Sekarang ini, dapat dikatakan jika semua dapat dilakukan dengan mudah dan cepat secara online. Belajar, bekerja dan melakukan sejumlah transaksi perbankan, seluruhnya bisa dilakukan dengan cara online. 

Namun, kamu tidak boleh lengah serta harus waspada ketika melakukan transaksi online serta menjaga keamanan akun digital yang dimiliki. Jangan sampai akun digital serta data pribadi yang kamu miliki diretas.

Teknik Modus Penipuan yang Sering Digunakan

Agar hal yang mengerikan ini tidak terjadi padamu, berikut berbagai macam modus yang dilakukan oleh penipu dan sering muncul, antara lain:

1. Modus Berkedok Foto Selfie

Modus penipuan online terbaru 2022 yang sering ditemukan adalah modus berkedok foto selfie. Selfie sebenarnya menjadi hal biasa yang sering dilakukan oleh banyak orang. Dengan kecanggihan teknologi, swafoto dengan menggunakan KTP bisa menjadi langkah registrasi layanan online. 

Tetapi, jika kamu tidak berhati-hati melakukannya, foto selfie yang disertai dengan identitas bisa menjadi santapan empuk penipuan digital. Oleh sebab itu, hindari mengunggah foto selfie yang disertai dengan kartu identitas di media sosial atau bahkan website dan aplikasi yang tidak kamu kenali. 

2. Penipuan dari Pesan Whatsapp

Modus penipuan lewat HP yang lainnya adalah dari pesan WhatsApp. Modus yang biasanya terjadi ialah kiriman link hadiah serta voucher diskon. Jika mendapatkan pesan semacam ini, kamu harus berhati-hati. Hindari mengklik tautan tersebut. 

Biasanya, ketika sudah mengklik tautan ini, kamu akan diarahkan untuk mengisi sejumlah data pribadi dengan alasan agar voucher dapat di klaim. Padahal ini adalah tindak penipuan. 

Agar lebih aman, ketika kamu mendapatkan berbagai pesan yang aneh atau tidak dikenal, lebih baik jangan menghiraukannya atau menghapusnya saja. hindari tergoda untuk mengkliknya, karena bisa saja pesan tersebut sudah disusupi dengan virus yang bisa menyalin data di ponsel. 

Baca Juga: Hati-hati! Modus Penipuan Mengatasnamakan Amartha

3. Sim Swap Fraud

SIM swap fraud bisa dikatakan menjadi salah satu modus penipuan terbaru. Modus ini membuat para penipu mengambil alih akun sosial media dana akun bank korban menggunakan nomor kartu SIM. 

Umumnya penipu akan menyusuri akun media sosial korban untuk memperoleh data pribadi seperti tanggal lahir, nama lengkap dan yang lainnya. Jika sudah memiliki data korban, pelaku akan datang ke gerai seluler dan melakukan penggantian nomor ponsel. 

Jika sudah berhasil memperoleh nomor baru, penipu akan melakukan transaksi perbankan serta menguasai akun digital yang lainnya karena kode OTP tersebut akan dikirimkan ke nomor baru milik pelaku. 

4. Penipuan Via SMS

Penipuan dari pesan singkat seperti SMS memang terkesan jadul, namun siapa yang menyangka karena hingga sekarang hal ini sangat marak terjadi. Pasti, kamu sendiri juga sering memperoleh pesan SMS yang berisi tawaran pinjaman kilat sampai informasi menang hadiah bukan?

Biasanya, modus dari penipuan ini berupa link dan mengharuskanmu untuk mengkliknya, atau kamu harus membalas pesan tersebut disertai dengan nomor identitas, KTP dan lainnya. Modus penipuan yang dilakukan memang sangat marak sekarang ini. Selain membekali diri dengan informasi di atas, kamu juga harus membekali diri dengan informasi investasi.

Salah satu pilihan investasi yang bisa kamu andalkan adalah P2P lending dari Amartha. Platformnya aman dan terpercaya, bahkan kamu bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here