Hati hati, Hacker Bisa Tahu Lokasi Pengguna Telegram via Fitur People Nearby

0
96

Fitur people nearby adalah salah satu fitur terbaru dari platform messenger Telegram. Meski tak sepopuler WhatsApp, Telegram masih kerap kali digunakan orang-orang untuk berkomunikasi.

Nah, fitur terbaru dari Telegram ini dinilai sangat canggih dan membantu orang-orang menemukan teman baru dan juga komunitas baru. Tapi di baliknya, ada bahaya yang mengintai penggunanya.

Sekilas Tentang Fitur People Nearby Telegram

Jika belum tahu tentang fitur people nearby dari Telegram ini, informasi selengkapnya akan diberikan di bawah ini.

Di sini akan dijelaskan mengapa fitur ini sangat membantu namun juga beresiko membuat penggunanya kehilangan privasi dan juga membuat akun Telegram mereka rentan terserang hacker.

Fitur People Nearby adalah fitur terbaru dari Telegram di mana penggunanya bisa melakukan chatting dengan sesama pengguna Instagram yang sedang online.

Fitur ini memuat orang-orang yang berada di radius kira-kira 11 km dari tempat kita berada.

Jika berbicara hal positif, tentu saja fitur people nearby memiliki banyak hal baik untuk penggunaanya.

Fitur ini sangat bermanfaat karena bisa menemukan orang-orang pengguna Telegram lain di sekitarnya di mana hal ini penting ketika orang-orang butuh bantuan, mencari teman atau sekedar ingin menemukan komunitas yang ada di sekitar mereka.

Mengapa Fitur People Nearby Rentan Diserang Hacker?

Hacker bisa dengan mudah melakukan peretasan dari akun Telegram karena untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna harus menyalakan GPS terus-menerus dan juga harus melakukan pengaturan lokasi sehingga bisa diketahui dengan mudah di mana orang ini sedang berada dan juga lama-kelamaan mengambil akun Telegram mereka.

Cara hacker melakukan penyadapan dan peretasan biasanya menggunakan bantuan fake GPS atau GPS palsu.

Mereka memasang fake GPS dan memancing orang-orang pengguna Telegram di sekitarnya untuk secara tidak langsung membuka keberadaan mereka dan memberitahukan di mana lokasi mereka.

Banyak hal buruk yang bisa terjadi jika akun Telegram di-hack oleh hacker. Biasanya kita akan kehilangan kontrol akan akun tersebut dan bisa saja akun akan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik.

Karena fitur ini terkait lokasi, maka ada juga resiko di mana ranah privasi kita akan bocor, seperti alamat tempat kita tinggal, misalnya. 

Itu dia tadi beberapa hal tentang fitur teranyar dari Telegram ini. Jika memang tak perlu, maka penggunaan fitur ini bisa diminimalisir.

Namun yang penting, selalu lakukan kontrol pada penggunaan internet dan sering-seringlah mengecek akun Telegram untuk mencari tahu apakah masih bisa digunakan dengan normal atau tidak setelah adanya fitur people nearby ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here