Hari Tua Hidup Stabil dan Aman, Siapkan Dana Pensiun Dengan Pilihan DPLK Ini!

|

|

|

Gerakan literasi keuangan tengah digalakkan oleh banyak pihak. Hal ini didasari oleh indeks inklusi keuangan yang masih rendah di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan dana pensiun agar hari tua dapat hidup dengan stabil dan aman.

Bagi para pekerja, dana pensiun merupakan salah satu sarana untuk menyiapkan stabilitas keuangan di hari tua. Salah satu bentuk dana pensiun yang ada di Indonesia adalah Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Berdasarkan definisinya, DPLK adalah dana pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan program pensiun iuran pasti (PPIP). Peserta nantinya akan menerima hak berupa manfaat pensiun yang besarnya tergantung dari besarnya iuran, masa kerja, dan hasil pengembangan dana atau investasi. 

Biasanya nominal iuran yang disetor peserta telah ditentukan di awal kepesertaan. Bahkan ada DPLK yang menetapkan iuran pensiun minimal Rp100.000 per bulan. Dalam periode tertentu yang telah ditentukan, peserta bisa mendapatkan uang pensiun sesuai iuran beserta keuntungan dari hasil investasi.

Iuran pensiun sendiri oleh DPLK diinvestasikan ke sejumlah instrumen investasi seperti obligasi, deposito, reksa dana dan sebagainya.

Kepesertaan DPLK dapat diikuti oleh peserta individu atau peserta kolektif (dari perusahaan). Bagi karyawan yang perusahaannya sudah mengikuti program pensiun DPPK serta Jaminan Pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan pun bisa ikut program pensiun DPLK sebagai dana pensiun tambahan. 

Lalu apa saja DPLK yang ada di Indonesia? Berikut ini 25 daftar DPLK resmi di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terbaru:

1. Simas Jiwa
2. Tugu Mandiri
3. Indolife 
4. Central Asia Raya (CAR)
5. Jiwasraya

6. Avrist
7.  Bumiputera
8. BPD Jawa Barat dan Banten (Bank BJB)
9. Kresna 
10. Sinarmas MSIG
11. AXA-Mandiri 
12. AIA Financial
13. Generali Indonesia
14. Bank Rakyat Indonesia
15. Astra Aviva Life
16. Equity Life Indonesia
17. BPD Jawa Tengah (Bank Jateng)
18. Bank Negara Indonesia
19. Manulife Indonesia
20. Allianz Indonesia
21. Capital Life Indonesia
22. Bank Muamalat Indonesia 
23. Tokio Marine Life Indonesia
25. Adisarana Wanaartha

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...