Home Technology Harga PS 5 Gak Sampai 10 Juta, Worth to Buy?

Harga PS 5 Gak Sampai 10 Juta, Worth to Buy?

|

|

|

Informasi mengenai PS 5 sudah lengkap dirilis. Beberapa waktu yang lalu, pihak Sony telah merilis desain dan spesifikasi konsol game ini. Menariknya, PS5 menggunakan kombinasi CPU dan GPU dengan komputasi mumpuni, yakni 10.28 teraflop. Selain itu, jumlah RAM dan storage ditingkatkan untuk sensasi bermain game yang lebih seru. 

Masih banyak fitur yang ditingkatkan Sony untuk PS5 yang ditunggu banyak penggemar. Bagaimana dengan spesifikasi dan harga seri konsol game terlaris ini? Berikut ulasannya untuk Anda. 

Peningkatan Processor dan Kapasitas RAM : Loading Game Super Ngebut!

PS 5 mengusung CPU delapan core dengan kecepatan per core sebesar 3.5 GHz. Arsitektur yang digunakan adalah versi terbaru, AMD Zen 2. Sementara itu, kualitas grafis semakin ajib dengan arsitektur AMD RDNA 2 dengan 36 compute unit. Masing-masing kecepatan per unit hingga 2.23 Ghz.

Perpaduan prosesor dan kartu grafis tersebut menghasilkan 10.28 komputasi. Alhasil, loading game semakin ngebut dibanding versi terdahulu. Bagaimana dengan media penyimpanan? PS 5 menggunakan RAM GDDR6 berkapasitas 16 GB dengan storage 825 GB.  

Kapasitas badak storage tersebut menjadi salah satu kelebihan utama PS 5. Hal ini karena kecepatan yang dihasilkan bisa melebihi kecepatan SSD saat ini. 

Sempat Uji Coba Loading Game, Loading Tidak Sampai 1 Detik

Dengan kecepatan memproses hingga 5.5 Gbps, konsol ini memang menghasilkan hype tersendiri. Pada akhir 2019, pihak Sony telah melakukan uji coba PS 5  saat loading game. Game Spider-Man dapat terbuka hanya dengan loading sekejap, bahkan kurang dari sedetik. Sementara itu, pendahulunya membutuhkan delapan deting untuk dapat membuka game sejenis.

Tidak hanya itu, urusan grafis pun sudah diuji coba dan menghasilkan grafis yang epic. Game Unreal Engine 5 dijalankan di PS 5 dengan tampilan grafis sinematik 8K. Selain itu, sensasi bermain game ini semakin seru dengan efek dynamic lighting. Tidak hanya grafis 8K, konsol ini mendukung resolusi 4K dengan audio 3D. 

Bisa Diberi Storage Tambahan untuk Game PS 4

Storage bisa ditambahkan bagi Anda yang masing ingin memainkan game PS 4. Penambahan ini dilakukan dengan perangkat semacam flashdisk. Sedangkan untuk memainkan game PS 5, Anda tetap harus menginstallnya di storage bawaan dengan proses loading lebih cepat. Dengan kata lain, PS 4 tetap kompatibel dengan ribuan game PS 4 yang tersedia. 

Harga Pre-Order PS 5, Terbatas dan Bersyarat

Akhir Agustus ini Sony membuka pre order secara online dengan jumlah terbatas. Harga PS 5 dibanderol berdasarkan versi yang dirilis dan aksesori yang melengkapinya. Untuk versi Digital Edition, PS 5 dibanderol 399 euro atau sekitar Rp 6.9 juta. Sedangkan untuk versi reguler yang dilengkapi drive Blue-Ray, harga konsol ini berada di angka 499 euro atau sekitar Rp 8.6 juta.

Namun, perkiraan harga di atas kemungkinan berlaku di Eropa. Sedangkan di luar Eropa, diperkirakan sekitar 400  dolar atau 5.8 juta untuk versi digital. Untuk versi reguler kemungkinan berada di angka  500 dolar atau setara Rp 7.4 juta. Meski memiliki perbedaan harga, PS 5 tetap memberikan hype tersendiri bagi pecinta game untuk menikmati sensasi bermain yang lebih seru!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...