Hal-hal yang Perlu Kamu Siapkan untuk Menyambut Bulan Ramadan

0
42

Bulan Ramadan 1442 H akan segera tiba. Sayangnya, kali ini momen istimewa ini tetap masih diwarnai dengan pandemi Covid-19 atau Corona seperti di tahun lalu. Bahkan, karena dikhawatirkan akan terjadi puncak penyebaran Covid-19 saat Ramadan, pemerintah pun mengurangi jumlah hari libur bersama dan melarang kegiatan mudik.

Kondisi seperti ini tentunya menjadi ujian berat yang tetap harus dijalani selama bulan Ramadan. Meski begitu, ada atau tidaknya pandemi ini, Ramadan tetap harus dimaknai sebagai bulan suci penuh keberkahan.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal perlu kamu persiapkan untuk menyambut bulan Ramadan agar aktivitas rutin sehari-hari tetap dapat dijalani dengan baik!

1. Rencanakan Daftar Menu Buka Puasa dan Sahur

Rencanakan hidangan untuk buka puasa dan sahur setidaknya seminggu sebelum bulan Ramadan tiba untuk menghindari konsumsi waktu, stres, dan kebingungan. Pikirkan dulu tentang hidangan yang kamu dan keluarga sukai selama Ramadan, kemudian tuliskan bahan-bahan untuk belanja bahan makanan.

2. Menghias Rumah

Hal selanjutnya yang bisa dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadan adalah dengan menghias rumah. Pasalnya, hal ini bisa membuatmu, keluarga, maupun tamu merasakan semangat Ramadan. Ciptakan suasana istimewa, dengan lentera Ramadan, pot kopi oriental, jadwal imsakiyah, dan lain-lain.

3. Persiapkan Fisik dan Jasmani untuk Berpuasa

Bulan Ramadan adalah bulan yang sangat dianjurkan untuk berbuat kebaikan dan mengumpulkan pahala. Ditambah dengan ibadah Puasa, sudah pasti kamu memerlukan kondisi fisik dan jasmani yang prima. Jika sampai kamu jatuh sakit, tentu ibadah nggak akan jadi maksimal.

Jaga kondisi fisik dan jasmani mulai dari sekarang dengan mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti bergadang dan mengonsumsi makanan tidak sehat. Selain itu, mulailah lebih rutin berolahraga dan bila perlu konsumsi vitamin serta suplemen kesehatan.

4. Perdalam Ilmu dan Pengetahuan Agama

Hal yang perlu dipersiapkan dalam mempersiapkan Bulan Ramadan berikutnya adalah memperdalam ilmu dan pengetahuanmu mengenai agama. Pelajarilah mengenai hal-hal apa saja yang seharusnya dak tidak seharusnya dilakukan oleh umat Muslim di Bulan Ramadan. Pelajari juga mengenai tata cara ibadah yang baik dan benar.

Sebelum memasuki Bulan Ramadan, nggak ada salahnya kamu memperbanyak bacaan-bacaan mengenai agama dan lebih sering mengikuti forum-forum agama untuk memperdalam pengetahuan dan ilmu keagamaan agar bisa menunaikan ibadah di bulan Ramadan dengan lebih afdal.

5. Persiapan Jiwa dan Mental

Sambutlah bulan Ramadan dengan jiwa yang bersih dan rasa ketulusan hati. Alangkah lebih baik jika kamu bertaubat dengan semua kesalahan yang pernah kamu lakukan agar semua ibadah puasa lebih khusyuk dan fokus.

Selain itu, mentalmu juga harus dipersiapkan karena pada bulan ini, kamu akan beribadah puasa dan lainnya dengan optimal selama sebulan penuh. Jiwa dan mentalmu harus dipersiapkan dengan penuh keimanan dan ketulusan hati atau ikhlas dalam beribadah.

Dengan demikian, maka kesulitan dan sikap malas dalam ibadah bisa diatasi dan dihilangkan. Ibadah pun menjadi terasa mudah dan menyenangkan.

Itulah beberapa hal yang perlu disiapkan dalam menyambut bulan Ramadan yang semakin dekat. Nah, selamat mencoba ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here