HAKI atau Hak Kekayaan Intelektual.Bagaimana Cara Daftarnya?

0
25
Patented Brand Identity License Product Copyright Concept

Keberadaan fenomena Citayem Fashion Week dewasa ini membawa informasi tentang rencana Baim Wong untuk mendaftarkannya ke lembaga HAKI atau Hak Kekayaan Intelektual. Hal ini mendapatkan beberapa respons dari masyarakat. Namun, sebenarnya apa sih HAKI itu?

Maka dari itu, informasi mengenai definisi dan cara daftar HAKI serta macam-macamnya dapat disimak berikut ini. Ada 5 fakta yang dapat perlu kamu ketahui berkaitan dengan aspek di atas, yaitu:

1.Definisi dan Informasi Singkat HAKI

Definisi singkat dari HAKI yang kamu harus ketahui adalah bahwa HAKI merupakan hak kekayaan yang muncul karena kemampuan intelektual manusia. HAKI merupakan hak yang didapatkan oleh individu atau badan hukum yang berasal dari hasil kreativitas yang dibuat atau dikembangkan.

Artinya, individu atau sekelompok orang yang telah menciptakan sesuatu yang dianggap menjadi kekayaan intelektual. Maka harus didaftarkan ke lembaga HAKI. Tujuannya, agar kreativitas dan hasil karya dapat terjaga.

2. Cara Mendaftar HAKI

Masyarakat umum dapat mendaftarkan kekayaan intelektualnya pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan HAM. Hal-hal yang perlu dipenuhi adalah persyaratan yang begitu banyak, seperti fotokopi KTP, fotokopi akta pendirian, surat kuasa khusus dan lain-lain.

Kemudian, persyaratan tersebut dapat diunggah atau upload ke situs resmi DJHKI atau langsung datang ke kantor wilayahnya. Cara mendaftar HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) sangat rumit, karena kamu akan membutuhkan pengacara atau notaris yang akan mendampingi proses tersebut.

3. Macam Jenis HAKI

Informasi fakta selanjutnya yang harus masyarakat ketahui adalah macam-macam HAKI beserta jenisnya. Keterangan dari Kementerian Perdagangan, macam jenis HAKI digolongkan menjadi 2 jenis, yaitu hak cipta dan hak kekayaan industri.

Hak cipta berarti hak eksklusif untuk pencipta dalam memperbanyak ciptaannya. Sedangkan, hak kekayaan industri memiliki 6 sub jenis lainnya yaitu hak paten, hak merek, hak desain industri, hak varietas tanaman, hak rahasia dagang dan hak desain tata letak sirkuit terpadu.

Baca Juga: Apa Itu HAKI: Fungsi, Tujuan dan Jenis-jenis HAKI

4. Fungsi dan Tujuan HAKI

Keberadaan HAKI di Indonesia tentu memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Secara umum HAKI memiliki tujuan dan fungsi yaitu memberikan kejelasan hukum mengenai hubungan antara kekayaan dan inventor. Lalu, HAKI juga bertujuan untuk memberikan penghargaan bagi creator.

Selanjutnya, berfungsi sebagai sarana promosi karya intelektual yang telah tercipta serta memberikan apresiasi kepada creator yang menciptakan sebuah kekayaan intelektual. Terakhir, sebagai bentuk pencegahan dari aktivitas copy atau ditiru.

5. Peran Penting HAKI pada Kehidupan

HAKI memiliki peran penting yang cukup signifikan pada kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah terhindar dari pencurian ide atau hak cipta yang mana saat ini banyak sekali orang yang meniru. Ide adalah aspek penting di kehidupan, yang mana perlu dijaga dan dilestarikan.

Maka dari itu, peran HAKI pada kehidupan masyarakat atau individu dapat terlihat dengan banyaknya bermunculan hasil kekayaan intelektual yang dinikmati, seperti music, foto, baju dan lain-lain. Untuk menghormati salah satu hasil kekayaan intelektual, masyarakat harus sadar dan paham mengenai informasi ini.Begitulah 5 informasi fakta mengenai HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang harus kamu ketahui. HAKI ini merupakan aspek yang juga memberikan pengaruh penting pada aktivitas kehidupan individu dan masyarakat.

Inilah pentingnya melestarikan bisnis dengan memberikan hak paten atas setiap karya. Sama seperti Amartha yang selalu memberdayakan mitranya. Yuk, gabung bersama Amartha dengan cara melakukan pendanaan, untuk bisnis mereka agar lebih berkembang lagi. Amartha adalah microfinance marketplace yang aman sudah terdaftar di OJK dengan imbal hasil 15% flat per tahun. Tunggu apalagi, yuk bergabung bersama Amartha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here