Home Syariah Usaha Mikro dan UKM Hai UMKM, Apa Unique Selling Point Produk Kamu?

Hai UMKM, Apa Unique Selling Point Produk Kamu?

|

|

|

Bisnis yang unggul ataupun sukses dibandingkan kompetitornya adalah bisnis yang mempunyai nilai lebih bernama Unique Selling Point (USP). Unique Selling Point ini yang membuat calon konsumen memilih bisnis/usaha milikmu dibandingkan dengan kompetitor. Karena itu, keberadaannya sangat penting bagi sebuah bisnis.

Istilah Unique Selling Point adalah dasar pemasaran saat ini. USP disebutkan oleh Rosser Reeves dalam strategi pemasaran pada tahun 1940. Rosser berasumsi bahwa menjadi semakin sulit untuk memasarkan produk karena persaingan yang semakin meningkat dan penetrasi pasar. Dia menyebut pasta gigi sebagai contoh.

5P: Strategi UMKM Agar Bisa Bersaing di Pasar Global

Dalam bukunya ”Reality in Advertising” dari tahun 1961, Rosser menciptakan pembenaran teoritis untuk proposisi penjualan yang unik. Oleh karena itu, proposisi penjualan yang unik harus dirumuskan sedemikian rupa untuk mengkomunikasikan apa yang membedakan produk atau layanan dari semua produk atau layanan lain yang bersaing di pasar. USP seharusnya mewakili keputusan pembelian dan dengan demikian memicu impuls pembelian pada pelanggan potensial.

Seperti namanya, Unique Selling Point (USP) adalah keunikan yang membedakan bisnis milikmu dari bisnis sejenis lainnya. Bisa dikatakan, kalau USP ini adalah salah satu alasan utama kenapa konsumen rela merogoh koceknya untuk membeli produk milikmu, bukan dari kompetitor. Nah, berikut ini adalah 3 tips yang menentukan Unique Selling Point dari bisnis milikmu!

1. Cari Tahu Apa Keinginan Konsumen

Tips pertama untuk menentukan Unique Selling Point adalah mencari tahu apa yang benar-benar konsumen inginkan dari produk dari bisnis milikmu. Kamu juga dapat mengetahui apa yang konsumen inginkan dengan melakukan survey secara langsung kepada mereka.

Konsumen bisa kamu minta untuk mengisi form yang di dalamnya terdapat pertanyaan mengenai kenapa mereka lebih memilih bisnis milikmu dibandingkan dengan kompetitor. Selain itu, minta juga kepada konsumen untuk memberikan nilai (bisa 1-5 atau 1-10) kepada aspek-aspek dibalik alasan utama tadi. Mulai dari, harga, kualitas, pelayanan, dan lain sebagainya.

5 Kesalahan Bisnis Yang Sering Dilakukan UMKM

Setelah kamu mengumpulkan jawaban survey dan menemukan apa yang mayoritas konsumen benar-benar inginkan. Buatlah strategi pemasaran produk dari bisnis milikmu sesegera mungkin ke aspek itu. Anda juga dapat menghiraukan sementara aspek lainnya untuk saat ini, karena itu bukanlah yang konsumen inginkan.

2. Sajikanlah Kepuasan Batin Pada Konsumen

Terkadang saat berbisnis, kamu juga dituntut untuk mempelajari sedikit psikologi. Apalagi jika bisnis milikmu bergerak di pasar yang benar-benar ramai dan penuh sesak. Kamu harus bisa mencari tahu kepuasan batin apa yang bisa diberikan kepada konsumen melalui produk yang dijual. Kepuasan batin inilah yang akan menjadi Unique Selling Point dari bisnis/usaha milikmu.

3. Perhatikan Kompetitor

Melihat kompetitor bukan berarti mencontek harus mencetak USP mereka ya! Karena itu, jika kamu meniru USP mereka, bahkan jika kompetitor sudah terkenal, maka sudah pasti akan kalah saing. Kenapa? Karena itu, tentunya mereka sudah mempunyai banyak konsumen dan sumber dayanya pun sudah demikian besarnya.

Tujuan dari melihat kompetitor ini adalah untuk mencari tahu apa yang kurang dari mereka, sehingga bisa kamu jadikan pelajaran untuk dijadikan sebagai USP milikmu. Sederhananya, kamu menggunakan kelemahan kompetitor demi keuntungan bisnis milikmu.

Itulah tips yang menentukan Unique Selling Point dari bisnis milikmu. Selain berbisnis, kamu juga mencoba berinvestasi dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja loh!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...