Bantu Sesama, Ini 3 Situs Crowdfunding Aman dan Terpercaya

0
955

Baru-baru ini, sistem crowdfunding kembali dilirik oleh masyarakat di Indonesia sebagai alternatif pendanaan untuk berbagai hal.

Sebenarnya ini tidak mengejutkan karena masyarakat Indonesia sejak dulu memang dikenal cenderung punya motivasi yang tinggi untuk gotong royong dalam berbagai hal, termasuk urun dana atau crowdfunding.

Menurut Kasri dalam bukunya yang diterbitkan tahun 2013, agama diketahui sebagai faktor motivasi terkuat dalam bergotong royong membantu sesama seperti kegiatan urun dana atau crowdfunding.

Sebagian besar orang masih percaya bahwa membantu orang lain merupakan kewajiban agama yang memiliki ajaran sejalan dengan semangat altruisme.

Hal ini juga turut didukung dengan crowdfunding yang berbasis online karena penglikasiannya yang praktis dan instan. Awalnya, pendana semacam ini hanya berasal dari golongan menengah ke atas.

Tapi, semenjak munculnya layanan crowdfunding berbasis online, masyarakat kelas menengah dan menengah ke bawah juga dapat melakukannya tanpa jumlah minimum.

Model Bisnis Crowdfunding

Secara umum, ada 3 model bisnis crowdfunding yang berkembang.

Pertama, equity crowdfunding. Sebuah crowdfunder ekuitas akan melakukan investasi berupa uang dengan imbalan kepemilikan saham perusahaan, proyek, atau usaha Anda. Jenis crowdfunding ini efektif digunakan untuk perusahaan yang memiliki potensi bisnis yang berkembang.

Kedua, reward crowdfunding. Investor akan berkontribusi pada usaha Anda dengan imbalan manfaat non-finansial yang biasanya bisa berbentuk sebuah produk atau karya. Semakin banyak investor menyumbang ke sebuah proyek, semakin besar hadiah yang akan mereka terima.

Terakhir, yaitu donation crowdfunding. Jenis crowdfunding ini dirancang untuk amal dan bukan mencari profit. Model ini pun juga banyak disukai sebagai alternatif dalam mengumpulkan dan memberikan donasi. Perbedaannya, dana yang diberikan bukanlah pinjaman, tetapi memang 100% diperuntukkan bagi penerima donasi.

Baca Juga: Sama-sama Beri Pinjaman Modal, Ini Beda P2P Lending dan Crowdfunding

Situs Crowdfunding Aman dan Terpercaya di Indonesia

Di Indonesia sudah ada banyak situs crowdfunding aman dan terpercaya untuk membantu sesama. Money+ merangkumnya untuk kamu di bawah ini!

1. Amartha

Amartha

Amartha merupakan perusahaan P2P Lending yang menghubungkan investor kepada peminjam, khususnya perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui sebuah platform investasi secara online.

Investor dapat menginvestasikan dana yang dimiliki ke Amartha untuk kemudian disalurkan kepada pengusaha mikro sektor informal di pedesaan. Berdasarkan perjanjian, investor bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun.

Di Amartha, perempuan pengusaha mikro tidak hanya mendapatkan modal usaha saja, melainkan juga pendampingan dan pelatihan usaha secara rutin. Hal ini dilakukan agar dana yang disalurkan tepat guna dan menciptakan kemandirian bagi para pengusaha mikro.

2. Kitabisa

Situs yang satu ini nampaknya sudah dikenal oleh banyak kalangan di Indonesia, khususnya bagi yang tinggal di Jakarta. Kitabisa merupakan situs yang menjadi tempat bagi penyalur dana bagi orang-orang yang ingin menggalang dana.

Bukan hanya itu, situs ini juga menjadi wadah penyalur dalam pengumpulan dana untuk berbagai macam keperluan lainnya seperti edukasi, bantuan kesehatan, kemanusiaan, dan projek-projek lainnya.

Namun, Kitabisa tidak memberikan janji investasi kepada para penyetor dana. Artinya, Kitabisa lebih berfokus kepada pencarian dana amal dan sukarela dengan tujuan kemanusiaan dan pendidikan dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya.

3. Kolase

Kolase merupakan situs crowdfunding yang menyajikan beragam pilihan campaign bagi pelaku industri kreatif, baik itu musisi, pegiat event, penulis buku maupun creative planner lainnya.

Kelebihan dari platform ini ialah saling menguntungkan antara kedua belah pihak yakni, campaigner dan juga booster, sebutan bagi pendukung creative planner yang membuat campaign.

Adapun beberapa musisi yang sudah melakukan campaign-nya dan berhasil adalah, Tulus, Fourtwnty, Elephant Kind, Mocca, Dekat, serta beberapa musisi Tanah Air lainnya.

Manakah situs crowdfunding yang aman dan terpercaya yang sering kamu gunakan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here