Gejala COVID Varian Baru XBB Masuk Indonesia, Waspada!

0
65

Pandemi COVID yang ada di Indonesia masih belum berakhir. Bahkan ada subvarian baru Omicron XBB yang sudah masuk ke Indonesia. Menteri Kesehatan kemudian membeberkan gejala COVID varian baru ini.

Selain itu, pemerintah juga meminta masyarakat untuk mewaspadai wabah ini. Tetap mengenakan masker dan juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Gejala COVID Varian Baru dan Cara Mencegahnya 

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan pada Rabu (26/10/2022), sudah ada 4 kasus COVID-19 yang terdeteksi dengan varian Omicron XBB. Masing-masing merupakan pasien transmisi lokal dan luar negeri. 

Varian baru ini tidak bisa terdeteksi hanya dengan pengujian antigen. Penelitian dari Departemen Kesehatan Filipina menyebut, untuk bisa mendapatkan hasil harus menggunakan pengurutan genom. Sampelnya didapatkan melalui RT-PCR.

Berikut adalah gejala COVID varian XBB berdasarkan penelitian dari Otoritas Kesehatan Dunia:

  1. Demam hingga menggigil;
  2. Badan lemas dan mudah terasa lelah;
  3. Mengalami nyeri otot pada beberapa bagian tubuh;
  4. Batuk;
  5. Sesak nafas;
  6. Hilang indra penciuman dan perasa;
  7. Tenggorokan terasa sakit;
  8. Hidung tersumbat dan pilek;
  9. Sakit kepala atau pusing;
  10. Mual dan muntah;
  11. Diare.

Meski demikian, gejala COVID di Indonesia ini masih sama dengan sebelumnya. Pada pasien di Indonesia, gejala yang dirasakan adalah demam, pilek dan batuk. Namun, seluruh pasien hanya menjalani isolasi mandiri di rumah.

Selain itu, seluruh pasien COVID ini telah mendapatkan vaksinasi. Ada yang sudah vaksin sebanyak dua kali, ada pula yang telah mendapatkan vaksinasi Booster. 

Cara Mencegah COVID XBB

Subvarian Omicron ini disebut membuat angka kasus kembali meningkat di berbagai negara. Seperti Denmark, Jepang, Bangladesh, hingga Singapura. Selain itu, juga ada peningkatan perawatan di rumah sakit pada pasien yang ada di Singapura.

Namun di Indonesia, gejala COVID varian baru yang muncul lebih ringan ketimbang sebelumnya. Meski begitu, tingkat penularannya cukup tinggi. 

Dokter Syahril, Juru Bicara Kementerian Kesehatan memberikan tips pencegahan varian baru ini. Antara lain:

  1. Tetap menggunakan masker baik di dalam ruangan maupun luar ruangan;
  2. Hindari berada pada kerumunan dan lakukan jaga jarak;
  3. Rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun;
  4. Apabila mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek yang berbeda dari biasanya, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan antigen atau PCR;
  5. Lengkapi vaksinasi COVID yaitu dua dosis, kemudian melakukan booster. Vaksinasi ini mampu mengurangi risiko kematian dan rawat inap karena COVID.
Baca Juga: Covid Naik Lagi, Kenali Omicron BA.4, BA.5, dan Gejalanya

Protokol Isolasi Mandiri

Apabila kamu mengalami gejala COVID varian baru dengan kategori ringan, segera lakukan isolasi mandiri di rumah. Caranya yakni:

  1. Selalu menggunakan masker meski di rumah dan buanglah masker ke tempat khusus;
  2. Jangan pergi ke luar rumah;
  3. Periksakan diri ke tenaga kesehatan, bisa melalui telemedicine dan menyebutkan apabila telah positif COVID atau merupakan kontak erat dengan penderita;
  4. Gunakan ruang terpisah dari keluarga sementara waktu;
  5. Kontrol kesehatan diri secara mandiri dengan melakukan pemeriksaan suhu tubuh secara berkala, oksigen, dan pengamatan gejala;
  6. Jangan gunakan alat pribadi dengan orang lain;
  7. Makan dan minum yang bergizi dan lengkapi dengan obat sesuai resep dokter;
  8. Lakukan olahraga ringan setiap hari dan berjemurlah di pagi hari.

Apabila sudah melakukan hal tersebut namun kamu masih tidak kunjung membaik, segera konsultasikan kepada tenaga kesehatan. Agar mengetahui hasil pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian gejala COVID varian baru yang harus kamu pahami. Tetap jaga kesehatan dan juga dana darurat kamu ya! Caranya dengan berinvestasi di Amartha dan dapatkan imbal hasil 15% flat per tahun dengan modalin mulai 100 ribu aja. Yuk, mulai investasi sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here