Home Finance Gawat! Sri Mulyani Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Minus 2 Persen

Gawat! Sri Mulyani Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Minus 2 Persen

|

|

|

“Kita memang melihat di Kuartal III downside risk tetap menunjukkan risiko yang nyata, Kuartal III outlook-nya antara 0% hingga negatif 2%.” ujar Sri Mulyani, Menteri Keuangan Indonesia dalam konferensi APBN KiTa pada Selasa (25/8) lalu.

Melansir detik.com, Sri Mulyani menjelaskan kondisi kinerja APBN hingga akhir Juli 2020. Hasilnya, fiskal negara belum memberikan tanda-tanda yang bisa membuat ekonomi nasional melaju hingga akhir tahun ini. 

Sebelumnya, ekonomi Indonesia di Kuartal I tumbuh di angka 2,97% lalu terjun bebas di Kuartal II dengan angka minus 5.32% akibat pandemi Covid-19. Lebih lanjut, Sri Mulyani mengungkapkan outlook pertumbuhan ekonomi pada kuartal III berada di kisaran 0% hingga minus 2%. Apabila hal ini benar terjadi, maka Indonesia resmi resesi.

Mengenal Resesi Ekonomi dan Dampaknya Bagi Masyarakat

Kunci Penangkal Resesi

Dalam konferensi tersebut, Sri Mulyani mengungkapkan setidaknya ada dua kunci yang bisa menyelamatkan ekonomi Indonesia dari resesi, yaitu konsumsi rumah tangga dan investasi.

Dari sektor konsumsi, pemerintah sudah memberikan bantuan sosial (bansos) namun hal itu tidak signifikan. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengutarakan masih memerlukan konsumsi yang lebih aktif dari masyarakat kelas menengah dan atas.

Indonesia Terancam Resesi, Apa Yang Harus Kita Lakukan?

“Dari bansos saja tidak bisa memungkinkan konsumsinya pada level 0%, bisa negatif kalau yang kelas menengah atas belum melakukan konsumsinya. Oleh karenanya consumer confidence sangat penting. Meski kita menaikkan hingga 55% yoy (year on year) dan belanjakan Rp170 triliun, kita akan tetap tidak bisa mengembalikan fungsi konsumsi.” jelasnya. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...