Gaji Jakarta Biaya Hidup Jogja, Ini Cara Ampuh Tekan Biaya Hidup!

|

|

|

Di media sosial, seringkali muncul pembahasan seputar perbandingan biaya hidup di Jakarta dan daerah-daerah lainnya, seperti Yogyakarta. Bahkan, ada beberapa netizen yang mengeluarkan anekdot bahwa gaji Jakarta dan biaya hidup Jogja merupakan life goal yang ingin ia capai.

Jika mengacu pada gaji UMR di tingkat provinsi, gaji UMR sekitar 4,4 juta Rupiah. Sedangkan UMR di Jogja itu adalah sekitar 1,7 juta Rupiah. Tentu angka tersebut terlihat timpang. Meski begitu, angka tersebut sebenarnya tidak bisa dijadikan acuan.

Sebab, cara mengatur pendapatan agar sesuai dengan biaya hidup sebenarnya bisa dilakukan. Berikut ini adalah beberapa cara ampuh untuk menekan biaya hidup:

1. Kurangi Nongkrong dan Aktivitas Hiburan Lainnya

Kebanyakan orang biasanya senang dengan aktivitas di luar rumah seperti nongkrong atau pun kegiatan yang berkaitan dengan hiburan lainnya. Jika kamu termasuk salah seorang di antaranya, ini saatnya mengurangi kegiatan tersebut.

Nah, berapa kali kamu menjalani aktivitas nongkrong atau kegiatan hiburan lainnya di luar rumah yang mengharuskanmu untuk mengeluarkan uang dalam sebulan? Jika dihitung biaya pengeluaran hanya untuk hal-hal tersebut, kamu pasti akan terkejut besarnya pengeluaran yang sudah dikeluarkan.

Karena itu, kurangilah aktivitas nongkrong dan hiburan di luar rumah lainnya untuk menghemat biaya hidupmu.

2. Bijak dalam Membeli Barang

Pertimbangkan lagi dengan bijak apabila kamu ingin membeli barang kebutuhan bulanan. Sekarang, banyak pilihan barang dan jasa dengan kualitas yang sama bagusnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Walaupun memiliki kualitas yang sama, biasanya terdapat toko atau penjual yang menjual dengan harga yang cukup berbeda.

Akan sangat disarankan, jika kamu membeli barang yang lebih murah dengan kualitas yang sama. Namun, tak ada salahnya juga jika kamu membeli produk lain dengan harga yang lebih murah daripada biasanya. Hal ini berguna untuk menjaga budget bulanan agar tidak semakin bocor dan bisa menekan biaya hidupmu.

3. Hemat Biaya Energi dan Utilitas Lainnya

Aspek lain yang biasanya juga lumayan mempengaruhi pengeluaran bulananmu adalah biaya listrik, telepon, pulsa, dan lain sebagainya. Maka, sebaiknya mulai terapkan gaya hidup hemat dengan menghemat energi misalkan mengganti lampu rumah dengan yang hemat energi.

Penggunaan listrik untuk pemakaian lainnya juga bisa dihemat dengan mematikan alat-alat yang tidak diperlukan. Selain itu, pemakaian telepon, pulsa, air, dll juga dapat diturunkan pemakaiannya.

4. Turunkan Standard Hidupmu

Pada umumnya, biaya hidup tinggi kemungkinan besar karena mengikuti standard hidupmu yang juga tinggi. Cara yang paling ampuh menguranginya adalah dengan menurunkan standard hidupmu. Salah satu biaya hidup terbesar bagi seseorang / rumah tangga adalah biaya rumah.

Jika kamu saat ini tinggal di apartemen, rukan, ruko, maka ada biaya bulanan yang harus dibayar. Biaya ini menyumbang pengeluaran yang lumayan besar bagi keuanganmu.

Karena itu, sebaiknya segera evaluasi bagaimana mengurangi biaya perumahan tersebut. Misalkan, jika saat ini tinggal di apartemen dengan satu kamar tidur dengan lokasi strategis, pertimbangkan untuk tinggal di apartemen dengan harga sewa yang lebih murah. Atau, pindah saja ke rumah / kontrakan.

Jika kamu pemilik rumah dengan ukuran besar, maka biaya perawatan pun sangat tinggi. Pertimbangkan untuk menurunkan standar hidup ke rumah yang lebih minimalis sehingga biaya perawatan dan biaya lainnya seperti pajak, akan turun.

Penyumbang pengeluaran terbesar lainnya adalah kebiasaan berbelanja barang-barang yang bukan merupakan kebutuhan. Kamu juga bisa menurunkan biaya hidup lebih besar dengan mengurangi kebiasaan belanja tersebut.

Well, itulah beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menekan biaya hidup. Selamat mencoba ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...