Home Work Smart FreshGrad, Pelajari Ini Sebelum Kamu Masuk Dunia Kerja

FreshGrad, Pelajari Ini Sebelum Kamu Masuk Dunia Kerja

|

|

|

Setelah lulus kuliah, tahapan berikutnya yang harus kamu lewati adalah memasuki dunia kerja. Perlu kamu tahu, dunia kerja akan terasa sangat berbeda dari dunia perkuliahan, baik dari sisi rutinitas, kebiasaan, maupun budayanya. 

Dunia kerja adalah dunia yang sesungguhnya. Kamu dituntut untuk mandiri mulai dari melamar pekerjaan, seleksi, hingga akhirnya lolos untuk bekerja di perusahaan yang diminati.  Nah, buat para fresh graduate, jangan pernah minder dan selalu percaya diri akan kemampuanmu ya. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipelajari fresh graduate sebelum memasuki dunia kerja: 

1. Biasakan Diri Pada Rutinitas 

Saat bekerja, kamu pasti akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk pekerjaan. Tidak jarang, kamu harus duduk di depan komputer selama berjam-jam dan melakukan hal yang sama setiap hari. Beberapa jenis pekerjaan akan menuntut fisik yang tahan banting. Tetap menjaga kesehatan sesuai dengan jenis pekerjaan akan menjadi tantangan tersendiri.

2. Belajar Mengatur Waktu 

Pengaturan waktu yang baik akan sangat membantumu saat memasuki dunia kerja. Belajarlah dari hal sederhana seperti bangun pagi dan siap beraktivitas mulai jam 7 atau jam 8 pagi. Kebanyakan kantor biasanya mulai bekerja dari jam 9 hingga jam 6 sore, bahkan lembur. 

Pentingnya Menjaga Pola Tidur Sehat Meski Bekerja dari Rumah

3. Bangun Networking 

Sebagai seorang fresh graduate, sebaiknya buanglah jauh-jauh rasa malu dan minder yang ada pada diri kamu khususnya saat memasuki dunia kerja. Seperti pepatah mengatakan “malu bertanya, sesat di jalan”, apabila kamu malu, maka peluang untuk berkarier di perusahaan pun akan hilang.

Sebaliknya, bangunlah networking yang baik dengan orang-orang di sekitar kamu, tidak hanya dengan orang yang dikenal, tapi juga dengan orang yang baru ditemui beberapa jam yang lalu. Karena tidak ada yang tahu ke mana roda kehidupan akan berputar. Bisa saja orang yang baru dikenal nantinya menjadi relasi kamu dalam meraih kesuksesan dalam berkarier.

4. Mengeola Keuangan dan Belajar Literasi Finansial

Memasuki dunia kerja, artinya kamu akan mempunyai penghasilan sendir dari gaji. Umumnya, para fresh graduate cenderung ingin membeli apa saja yang sebelumnya tidak bisa dibeli. Penting buat kamu untuk mulai mengatur keuangan dengan membuat perencanaan dan alokasi yang jelas seperti membayar tagihan listrik, makan sehari-hari, transportasi, dan pastinya menabung.

Ada baiknya kamu juga mulai belajar mengeola keuangan dengan paham akan literasi finansial. Hal ini agar gaji yang kamu hasilkan setiap bulan tidak menjadi sia-sia dan tidak bersisa, atau malah defisit. 

5. Mengetahui Tentang Pajak yang Harus Dibayarkan 

Bagi fresh graduate, ada kewajiban bayar pajak bernama Pajak Penghasilan (PPh) pasal 21 yang harus kamu tahu saat memasuki dunia kerja. Pajak atas penghasilan yang dikenakan sehubungan dengan pekerjaan, jasa, atau kegiatan dengan nama dan dalam bentuk apapun yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak Orang Pribadi dalam negeri.

Pemotong PPh Pasal 21 untuk pegawai adalah si pemberi kerja yang membayar gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain sebagai imbalan sehubungan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh pegawai atau bukan pegawai.

Penghasilan pegawai yang dipotong pajak untuk setiap bulan adalah jumlah penghasilan bruto setelah dikurangi dengan biaya jabatan (5% dari penghasilan bruto) dan Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) sebesar Rp 54 juta setahun atau Rp 4,5 juta per bulan.

10 Skill Yang Sangat Dibutuhkan Milenial di Tahun 2020

6. Berinvestasi

Nah, hal terakhir yang perlu dipelajari oleh fresh graduate saat memasuki dunia kerja adalah berinvestasi. Investasi ini penting karena bisa menjadi dana darurat ataupun tabungan yang berguna di masa mendatang. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...