Home Work Smart Fresh Grad Bergaji Rendah, Pilih Lanjut atau Resign?

Fresh Grad Bergaji Rendah, Pilih Lanjut atau Resign?

|

|

|

Setelah lulus dari pendidikan, tujuan utama bagi setiap orang sudah pasti adalah bekerja. Meski begitu, sebagai seorang fresh graduate, seringkali kamu tidak akan mendapatkan gaji sesuai yang kamu mau. Sudah hampir pasti kamu akan mendapatkan gaji yang terbilang kecil sebagai seorang fresh graduate.

Sudah untung jika kamu menerima gaji sesuai UMP (Upah Minimum Provinsi). Bahkan, banyak juga fresh graduate yang digaji di bawah UMP. Sebagai informasi, UMP di masing-masih daerah tentu berbeda, tergantung kebijakan pemerintah daerah. Untuk Jakarta sendiri, UMP berkisar dari 4,2 juta hingga 4,4 juta rupiah.

Selain itu, besaran gaji ini biasanya tergantung negosiasimu saat wawancara kerja. Tergantung pula standar perusahaan tersebut. Untuk mencari standar gaji di setiap perusahaan, kamu bisa mengetahuinya lewat berbagai situs, melalui teman, ataupun forum di internet.

Namun, jika kamu sudah terlanjur mendapatkan gaji kecil sebagai fresh graduate. Langkah selanjutnya sebaiknya apa ya? Bertahan atau lebih memilih untuk resign?

Fresh Grad Bergaji Rendah, Pilih Lanjut atau Resign?

Berikut beberapa bahan pertimbangan yang bisa kamu lakukan sebagai fresh graduate ketika mendapatkan gaji kecil sebelum memutuskan resign:

1. Cari Tahu Apakah Perusahaanmu Sekarang Memberikan Kesempatan Berkembang  

Perlu kamu tahu, sebagai fresh graduate sebenarnya tetap punya kesempatan yang sama dengan karyawan lainnya untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian. Karena itu, sebaiknya kamu mencari tahu apakah perusahaanmu sekarang memberikan kamu kesempatan berkembang atau tidak.

Misalnya, dibekali pelatihan atau training, dipercaya untuk menangani klien penting, bebas mengaktualisasi diri pada proyek-proyek perusahaan, maupun program beasiswa S-2 di perguruan tinggi dalam atau luar negeri dari perusahaan. 

2. Cari Tahu Apakah Perusahaanmu Sekarang Menawarkan Jenjang Karir

Saat memilih bekerja sebagai karyawan, kebanyak orang tentunya berharap dapat mencapai kesuksesan karir. Sebagai contoh, jika sudah bekerja 5 tahun atau lebih, apakah berpeluang naik jabatan dari staf menjadi supervisor, manajer atau kepala bagian.

Menjadi sebuah prestasi bagi karyawan apabila ia bisa mendapatkan promosi jabatan atau kenaikan pangkat. Karena itu, cari tahu dulu apakah perusahaanmu sekarang menerapkan hal tersebut atau tidak sebelum memutuskan resign. Dengan begitu, gaji kecil dapat dikompensasi dengan jenjang karier tersebut.

3. Apakah Rekan Kerja dan Atasanmu Baik

Sebagai seorang fresh graduate yang mendapatkan gaji kecil, jika lingkungan kerjamu mempunyai rekan kerja dan atasan yang baik, tentu bekerja akan menjadi lebih menyenangkan. Saling membantu dan menghargai satu sama lain. Kebersamaan seperti ini mungkin akan sedikit mengobati perasaanmu ketika mendapatkan gaji kecil.

4. Suka dengan Bidang Pekerjaanmu

Terakhir, coba pikirkan apakah kamu menyukai bidang pekerjaan yang kamu geluti sekarang? Jika menyukainya, tidak ada salahnya untuk mencoba bertahan. Pasalnya, menyukai apa yang kamu kerjakan biasanya akan memotivasimu untuk bekerja lebih keras dan memberikan yang terbaik. Dengan bekerja lebih baik, percayalah suatu saat gajimu akan mengalami peningkatan seiring prestasi yang kamu hasilkan.

Well, sebagai fresh graduate dengan gaji kecil, tidak ada salahnya kamu mempergunakan sebagian kecil penghasilan untuk berinvestasi. Investasi ini penting karena bisa menjadi dana darurat ataupun tabungan yang berguna di masa mendatang. Salah satu instrumen investasi masa kini yang patut kamu coba adalah dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. 

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Apalagi, pembayaran angsurannya juga bisa bisa diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...