Home Tech & Bisnis Business Food and Beverage Service: Pengertian dan Tugasnya

Food and Beverage Service: Pengertian dan Tugasnya

0
253
Ilustrasi food and beverage service. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi food and beverage service. sumber: www.pexels.com

Food and beverage service merupakan salah satu usaha layanan yang tugas utamanya menyajikan makanan dan minuman pada konsumen. Bisnis layanan ini memiliki orientasi utama untuk memberikan kepuasaan pada pelanggan saat menikmati makanan dan minuman dari segi pelayanan penyajian. 

Jika kamu masih belum cukup familiar, berikut ini beberapa hal tentang F&B Service yang bisa kamu ketahui.

Pengertian Food and Beverage Service

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa F&B service adalah bentuk layanan dalam proses penyajian atau deliver makanan dan minuman pada pelanggan. Tentu saja tak bisa dipisahkan dari F&B product

Bentuk layanan seperti ini bisa dipelajari dan biasa paling banyak dijumpai di hotel, maskapai penerbangan, dan banyak lainnya. F&B Service akan bertugas dan bertanggung jawab menyangkut kepuasaan pelanggan yang berkaitan dengan kebutuhan makanan dan minuman yang tersaji di meja atau hadapan mereka.

Tugas Food and Beverage Service

Berikut ini merupakan tugas dan tujuan yang diemban oleh mereka yang bekerja untuk Food & Beverage Service.

  • Menyediakan serta menawarkan menu makanan dan minuman yang ada kepada pelanggan
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan pelayanan terbaik
  • Mendapatkan keuntungan finansial atau profit untuk industri F&B
  • Membawa peningkatan pada reputasi perusahaan

Bidang Layanan yang Diberikan oleh Food and Beverage Service

Berikut ini beberapa jenis bidang pelayanan yang diberikan oleh servis ini di bidang F&B.

Restoran

Pada bidang ini yang dikelola dengan komersial bertujuan menghasilkan profit. Maka tujuannya memberikan pelayanan pada pelanggan yang datang semaksimal mungkin. Biasanya harus memberikan pelayanan untuk pelanggan yang take away ataupun dine in.

Bar

Biasanya terdapat konter kecil di bar untuk menyediakan pelayanan kepada pengunjung. Terdapat pilihanan makanan dan minuman. Untuk minumannya sendiri, terdapat jenis yang mengandung alkohol. Biasanya di bar hanya perlu melayani pengunjung untuk dine-in.

Baca Juga: Tertarik dengan Bisnis Frozen Food? Pelajari Tipsnya!

Banquet

Pelayanan F&B yang ini biasanya ada di pesta yang digelar di hotel atau sebuah gedung. Jamuan yang ada disiapkan dengan sebaik mungkin dan disesuaikan dengan jumlah tamu. Semuanya tak boleh sampai kekurangan dan harus mendapatkan kepuasannya masing-masing.

Room Service

Pelayanan ini biasa ada di hotel atau penginapan lainnya, diberikan kepada para tamu dan diantar langsung ke ruangan. Tak boleh ada keterlambatan atau hal yang tak memuaskan. Pemesanan juga biasanya bisa dilakukan melalui panggilan telepon.

Steward

Tugasnya adalah menyediakan semua alat makan dan alat masak untuk keperluan produksi F&B yang ada di restoran ataupun kitchen.

Posisi dan Bagian F&B Service

Tugas dan posisinya dibagi menjadi 2 yang berdasarkan pada penempatannya saat bekerja. Dengan memahami ini semua, jika kamu merupakan seorang penggiat bisnis F&B, maka bisa meningkatkan pelayanan perusahaanmu. 

F&B front service berada di depan dan langsung berurusan dengan tamu. Sementara F&B back service bekerja di area dapur. Untuk posisi front service terdiri dari waiter dan waitress, order taker, barista, bartender, admin F&B service, cashier, supervisor, outlet manager, F&B manager, F&B director. Sementara F&B back service terdapat tim chef dan steward serta kitchen crew lainnya. 

Demikianlah mengenai food and beverage service, setelah mengetahuinya tentu lebih memahami bagaimana sebuah layanan bekerja. Saat ini banyak UMKM di Indonesia yang juga berfokus di F&B product and service yang memerlukan dana untuk terus berkembang. 

Selain bekerja di food and beverage service, kamu juga berprofesi sebagai distributor, reseller, atau memproduksi sendiri makanan. Jika modal belum mencukupi untuk berbisnis sendiri, kamu bisa ikut mendanai bisnis UMKM jasa makanan serupa di Amartha. Selain membantu pengusaha mikro, kamu juga mendapat tambahan passive income melalui keuntungan imbal hasil hingga 15% flat per tahun, lho. Yuk, daftar sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here