First Jobber Mulailah Investasi Sekarang

|

|

|

Sudah dapat pekerjaan untuk pertama kalinya? Mau menikmati pensiun di usia muda? Atau ingin mempunyai tabungan di masa depan? Buat kamu first jobber, mari mulai berinvestasi sejak dini.

Dengan memulai investasi di pekerjaan pertama kamu akan dapat menjaga uang agar tidak boros. Jangan sampai penghasilan pertama kamu habis percuma. Yuk, mulailah berinvestasi agar kamu mendapatkan keuntungan pada masa mendatang.

Gunakan 50-30-20

Sisihkan dana dengan mengunakan sistem 50-30-20. Misalnya, penghasilan kamu dibagi 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk kebutuhan sekunder dan 20% untuk investasi.

Mulai Sisihkan Saat Gajian Tiba

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Mulailah sisihkan dengan memberikan pos-pos setiap gajian tiba agar uang kamu tidak habis percuma. Misalnya, jika gaji kamu Rp 5 juta, maka buat pos-pos gaji tersebut. Sisihkan untuk hangout dengan teman-teman Rp 1 juta. Kemudian, Rp 2 juta untuk bayar kosan dan Rp 1 juta untuk makan. Sisihkan uang tersebut agar ada batas pengeluarannya.

Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Mari buat catatan pemasukan dan pengeluaran dengan baik dan benar. Kamu bisa gunakan aplikasi pengelolaan keuangan lewat handphone di IOS atau Android.

Cari Investasi yang Cocok

Photo by Austin Distel on Unsplash

Nah, kamu juga harus mencari investasi yang cocok. Misalnya, kamu hanya mampu berinvestasi dengan dana kecil. Cari investasi yang dapat dimulai dengan dana kecil. Kamu juga bisa mencari alternatif investasi lainnya seperti peer to peer lending. Salah satu contohnya Amartha, kamu bisa memulai pendanaan dengan Rp 3 juta.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...