First Jobber Mulailah Investasi Sekarang

Sudah dapat pekerjaan untuk pertama kalinya? Mau menikmati pensiun di usia muda? Atau ingin mempunyai tabungan di masa depan? Buat kamu first jobber, mari mulai berinvestasi sejak dini.

Dengan memulai investasi di pekerjaan pertama kamu akan dapat menjaga uang agar tidak boros. Jangan sampai penghasilan pertama kamu habis percuma. Yuk, mulailah berinvestasi agar kamu mendapatkan keuntungan pada masa mendatang.

Gunakan 50-30-20

Sisihkan dana dengan mengunakan sistem 50-30-20. Misalnya, penghasilan kamu dibagi 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk kebutuhan sekunder dan 20% untuk investasi.

Mulai Sisihkan Saat Gajian Tiba

Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Mulailah sisihkan dengan memberikan pos-pos setiap gajian tiba agar uang kamu tidak habis percuma. Misalnya, jika gaji kamu Rp 5 juta, maka buat pos-pos gaji tersebut. Sisihkan untuk hangout dengan teman-teman Rp 1 juta. Kemudian, Rp 2 juta untuk bayar kosan dan Rp 1 juta untuk makan. Sisihkan uang tersebut agar ada batas pengeluarannya.

Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Mari buat catatan pemasukan dan pengeluaran dengan baik dan benar. Kamu bisa gunakan aplikasi pengelolaan keuangan lewat handphone di IOS atau Android.

Cari Investasi yang Cocok

Photo by Austin Distel on Unsplash

Nah, kamu juga harus mencari investasi yang cocok. Misalnya, kamu hanya mampu berinvestasi dengan dana kecil. Cari investasi yang dapat dimulai dengan dana kecil. Kamu juga bisa mencari alternatif investasi lainnya seperti peer to peer lending. Salah satu contohnya Amartha, kamu bisa memulai pendanaan dengan Rp 3 juta.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: