Fintech Peer to Peer Lending Semakin Diminati di Indonesia

|

|

|

Fintech Peer to Peer lending semakin diminati di Indonesia. Sejak kemunculannya pada 2015 di Indonesia, p2p lending mulai bertumbuh termasuk Amartha. Amartha bertansformasi dari lembaga keuangan mikro menjadi p2p lending pada akhir 2015. 

Kemunculan p2p lending memberikan nafas baru bagi pelaku usaha yang sulit mendapatkan pinjaman. Amartha menyalurkan pendanaan kepada ribuan pelaku usaha mikro perempuan di desa. Mereka adalah masyarakat desa yang sulit mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan konvensional. Dengan pendekatan teknologi keuangan, Amartha berhasil menjangkau para pelaku usaha mikro perempuan di desa.

Dari hasil data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Juni 2019 tercatat beberapa kenaikan dari dana yang tersalurkan hingga bertambahnya perusahaan fintech lending yang terdaftar. Apa saja? Berikut empat pertumbuhan fintech P2P lending di Indonesia.

Dana yang Tersalurkan

Dana pinjaman yang telah disalurkan oleh fintech P2P lending sebesar Rp 44,8 triliun. Padahal, pada Desember 2018, dana yang disalurkan sebesar Rp 22,66 triliun.

Kenaikan Penerima Pinjaman

Kenaikan penerima pinjaman juga bertambah dari 4,35 juta peminjam pada 2018 menjadi 9,74 juta rekening pada paruh pertama 2019. 

Kenaikan Pemberi Pinjaman

Pemberi pinjaman mencapai 498.824 rekening pada Juni 2019. Padahal, pada 2018, sebanyak 207.507 pemberi pinjaman..

Perusahaan Fintech Lending Semakin Bertambah

 Ada 113 perusahaan fintech P2P lending yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Meski begitu, baru ada tujuh  perusahaan lending yang mendapatkan izin usaha dari OJK termasuk Amartha. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.