Fidyah: Siapa Saja dan Bagaimana Cara Bayar Fidyah

0
109
Fidyah
Ilustrasi Fidyah dan Tata Cara Membayar Fidyah

Tidak hanya zakat, sebagai muslim melakukan pembayaran fidyah menjadi hal yang harus dilakukan. Pada dasarnya, sebelum masuk bulan Ramadhan kembali, kewajiban ini harus ditunaikan. 

Fidyah adalah sebuah kewajiban ketika kamu memiliki hutang tidak menjalankan ibadah puasa karena suatu hal serta tidak menggantinya di waktu yang lain. Sehingga, hutang ini harus dibayar.

Dalam arti luas, kewajiban ini ialah bayaran yang dilakukan saat seseorang tidak dapat menunaikan ibadah karena alasan tertentu. 

Seseorang yang berhalangan menunaikan ibadah puasa juga diperbolehkan tidak mengganti di hari lain, tetapi harus membayarnya. Besaran pembayaran sesuai dengan jumlah hutang puasa yang dimiliki. 

Kategori Golongan yang Wajib Membayarnya

Cara membayar kewajiban ini pada dasarnya tidak bisa dilakukan oleh semua orang karena terdapat syarat untuk kamu masuk di dalam golongan orang yang diperbolehkan melakukan pembayaran ini sebagai pengganti puasa. Berikut kategorinya:

1. Wanita hamil 

Fidyah ibu hamil diperbolehkan karena berkaitan dengan keselamatan janin yang berada di dalam kandungan. Golongan ini tidak mempunyai kewajiban menunaikan ibadah puasa ketika bulan Ramadhan, tetapi harus menggantinya di hari lain. 

2. Ibu menyusui

Selain saat hamil, fidyah ibu menyusui juga diperbolehkan. Tetapi, pelaksanaan ini diperbolehkan jika seorang wanita cemas akan anaknya. Contohnya ia mencemaskan keselamatan dirinya beserta dengan anaknya, kewajibannya juga gugur. 

3. Orang yang sakit parah

Orang yang sedang sakit parah serta tidak sanggup berpuasa, pada dasarnya tidak diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Tetapi ia wajib membayarnya sebagai pengganti. 

Baca Juga: 7 Amalan Sunnah Bulan Ramadhan yang Bikin Ibadah Berkah

4. Orang yang sudah tua

Kategori berikutnya adalah orang yang sudah tua contohnya seperti kakek dan nenek dengan kondisi tidak bisa menunaikan puasa. Kategori tersebut lepas dari tuntutan melakukan penggantian puasa yang ditinggalkan karena dicemaskan bisa menimbulkan kepayahan. 

5. Orang yang mengakhirkan qadha bulan Ramadhan

Seseorang yang menunda mengganti puasa sampai menjelang Ramadhan yang berikutnya, meskipun ia mempunyai peluang segera menunaikan, ia termasuk berdosa serta memiliki kewajiban membayarnya. Besaran yang dibayarkan adalah sebesar satu mud beras untuk hitungan sehari puasa. 

6. Orang mati

Terakhir ialah orang mati. Bila dilihat dari fiqih Syafi’i, hal ini terbagi menjadi dua, yakni orang mati yang tidak wajib membayar disebabkan oleh uzur serta tidak mempunyai kesempatan mengganti hutang puasa. 

Kedua adalah orang mati yang wajib membayar kewajibannya karena mempunyai kesempatan mengganti hutang tetapi tidak dilakukan, sehingga ahli waris harus melakukan pembayaran dari harta peninggalan mayit bila mencukupi. 

Tata Cara Membayar Fidyah

Lantas, bagaimana cara membayar kewajiban ini? Sebenarnya, jenis serta kadar yang dimilikinya adalah satu mud makanan pokok untuk setiap puasa yang ditinggalkan. Seperti yang kita ketahui, makanan pokok orang Indonesia adalah beras. 

Jika melihat pada Syekh Wahbah al-Zuhaili dalam kitab al-Fiqih al-Islami wa Adillatuhu, takaran mud bila dikonversikan sebesar 675 gram, tetapi bila berdasarkan Deputi Baznas atau Badan Amil Zakat Nasional, selain membayar dengan beras, kamu juga dapat mengkonversikannya setara dengan Rp50 ribuan per harinya. 

Syarat dari menunaikan kewajiban ini ialah menggunakan pokok yaitu beras, tetapi ini adalah pendapat yang berasal dari mayoritas ulama Syafi’iyah, Malikiyah dan Hanabilah. 

Selain membayar fidyah, kamu juga tidak boleh lupa untuk merencanakan finansial masa depanmu. Salah satunya dengan melakukan investasi. Investasi P2P lending dari Amartha menjadi pilihan yang tepat. Di sini, kamu akan memperoleh imbal hasil hingga 15% per tahun flat.

Selain itu kamu juga turut mendorong usaha ultra mikro yang dijalankan oleh perempuan-perempuan di pedesaan. Dana investasi kamu akan disalurkan untuk modalin usaha mereka. Dengan begitu, kita bisa menciptakan #100ribusejutapeluang kesejahteraan. Ayo modalin!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here