Fenomena Ambush Marketing, Cara Unik Menaikkan Brand

0
27

Strategi pemasaran yang baik adalah strategi yang mengikuti perkembangan dinamis kehidupan masyarakat. Istilah ambush marketing tentu banyak muncul pada fenomena yang terjadi di pasar saat ini. Jenis marketing yang satu ini patut dibahas lebih lanjut karena dapat menjadi informasi tambahan kamu.

Terdapat 5 fakta penting yang patut disimak mengenai marketing ambush. Hal tersebut karena sedikit banyak, masyarakat dan individu akan dipengaruhi oleh fenomena ini. Berikut fakta-fakta penting yang dapat disimak:

1.Definisi Ambush Marketing

Fenomena marketing ambush jika ditelusuri mengenai definisinya adalah sebuah strategi pemasaran, yang mana mengiklankan sebuah produk dan mengaitkannya dengan fenomena atau event tertentu. Terlepas dari fenomena atau event tersebut sponsornya atau bukan.

Untuk lebih singkatnya, marketing ambush ini merupakan strategi pemasaran yang “aji mumpung” dan memanfaatkan situasi tertentu agar dapat mengatasi FOMO atau fear of missing out. DI dalam prakteknya, marketing ambush ini banyak sekali terjadi, misal para pedagang yang memanfaatkan ajang World Cup, Olimpiade dan lain-lain.

2. Jenis Ambush Marketing

Walaupun terkadang marketing ambush ini merupakan strategi yang tidak etis dan hanya “numpang tenar”. Pada dasarnya, strategi pemasaran ini sangat sah sekali. Perlu diketahui bahwa terdapat 4 jenis marketing ambush yang perlu diketahui, yaitu predatory ambushing, coat-tail ambushing, self ambushing dan guerilla ambushing.

Keempat jenis tersebut sama-sama memanfaatkan fenomena yang hits, hanya saja target objek yang dijadikan alat pemasarannya berbeda-beda. Contohnya, coat-tali ambushing yang berarti strategi pemasaran yang mengaitkan diri dengan acara tanpa menjadi sponsor resmi utama. Misal, atlet bulu tangkis disponsori sepatu Nike bertanding di acara yang disponsori oleh PUMA.

3. Manfaat Marketing Ambush

Ambush marketing memiliki manfaat yang ternyata tidak hanya dari sisi material, namun juga dari sisi kreativitas. Strategi ambush marketing terkenal dengan keunikan dan lebih efektif. Maka dari itu, manfaat melakukan strategi ini adalah kemudahan untuk mencari audience dan dapat menghemat waktu serta budget.

Manfaat lainnya adalah seperti mampu meningkatkan brand equity, dapat belajar memberikan tanggapan yang cepat dan tepat dengan kompetitor. Lalu, manfaat lain menggunakan strategi ini adalah biaya operasional yang dapat ditekan.

4. Kelebihan dan Kekurangan Ambush Marketing

Jika membahas mengenai kelebihan dan kekurangan strategi marketing ini, sudah sedikit banyak mengetahui informasinya dari poin ketiga. Bahwa kelebihan ambush marketing adalah untuk menekan budget, menyediakan ketersediaan yang banyak dan variatif bagi masyarakat dan client.

Sedangkan kekurangannya adalah berpengaruh kepada image brand, karena marketing ambush ini erat kaitannya dengan “numpang tenar” brand lain. Selain itu, ancaman mendapat tuntutan hukum dari konsumen atau kompetitor juga menjadi kekurangan dari strategi marketing jenis ini.

5. Contoh Ambush Marketing di Kehidupan Sehari-hari

Ambush marketing di Indonesia banyak sekali contohnya, misal yang sedang hits saat ini adalah Citayem Fashion Week. Banyak sekali brand fashion dan sejenisnya “numpang tenar” di acara tersebut tanpa perlu membayar sepeser pun kepada individu yang ada di acara tersebut.

Pada satu sisi, ini menjadi cara yang paling efektif dan unik. Namun, masyarakat lain ada pula yang menganggap strategi marketing ini sangat norak. Hal tersebut tergantung dengan sudut pandang individu dan masyarakat masing-masing. Itulah 5 fakta menarik tentang ambush marketing yang patut diketahui. Jika kamu sudah mendapat keuntungan dari strategi marketing ini, jangan lupa untuk berinvestasi. Amartha menjadi tempat yang tepat untuk kamu memulai investasi, karena imbal hasil yang ditawarkan mencapai 15% flat per tahun. Menarik, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here