Home Finance Fakta Menarik Uang Kertas Baru Rp75000 dan Cara Mendapatkan

Fakta Menarik Uang Kertas Baru Rp75000 dan Cara Mendapatkan

|

|

|

Dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 pada 17 Agustus lalu, Bank Indonesia mengeluarkan uang kertas baru edisi khusus dengan nilai Rp75.000. Hal ini menjadi fenomena yang langka karena sebelum-sebelumnya Bank Indonesia (BI) hanya mengeluarkan uang koin.

Berdasarkan sejarah, BI telah mengedarkan uang edisi khusus sebanyak 4 kali lho. Pertama kali, pencetakan uang edisi khusus dibuat untuk memperingati HUT RI ke-25 tahun di 1970, lalu HUT RI ke-45 pada tahun 1990, HUT RI ke-50 pada tahun 1995, dan terakhir pada HUT RI ke-75 di tahun 2020.

Ternyata, ada fakta menarik mengenai uang kertas baru edisi khusus ini lho. Apa saja ya? 

  1. Punya Pengaman Canggih
    Uang pecahan baru ini dilengkapi unsur pengaman dengan teknologi terbaru serta bahan kertas yang tahan lama. Hal ini ditujukan agar uang Rupiah semakin mudah dikenali ciri keasliannya sehingga lebih sulit untuk dipalsukan. Selain itu juga bertujuan agar aman dan nyaman digunakan.
  2. Mengandung Filosofi 3M
    Pembuatan uang kertas baru ini tidak hanya semata-mata dalam rangka ulang tahun negara saja lho. Ada filosofi yang tertuang di dalamnya, yaitu mensyukuri kemerdekaan, memperteguh kebhinekaan, dan menyongsong masa depan. Filosofi ini terletak pada desain halaman muka dengan adanya foto Sukarno dan Moh. Hatta, juga pencapaian selama 75 tahun merdeka. Sementara di halaman belakang diisi dengan ilustrasi anak-anak indonesia menggunakan pakaian adat tradisional.
  3. Dikeluarkan Setiap 25 Tahun Sekali
    Pery Warjiyo selaku Gubernur BI mengatakan bahwa pengeluaran uang edisi khusus akan dilakukan setiap 25 tahun sekali. “Ke depan, Insya Allah pengeluaran uang peringatan kemerdekaan dilakukan setiap 25 tahun sekali,” katanya dalam konferensi pers peluncuran rupiah edisi khusus.

Cara Mendapatkan Uang Rp75.000

Pada peluncuran uang kertas baru edisi khusus ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bahwa uang ini bukan sebagai tambahan likuiditas kebutuhan pembiayaan. Ia juga menegaskan uang ini tidak ditujukan untuk peredaran secara bebas dan tersedia di masyarakat. Sebagai informasi, uang ini hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar saja.

Untuk masyarakat yang ingin mendapatkan uang kertas baru edisi khusus ini dapat melakukan pemesanan yang dibagi menjadi dua tahap. Pertama, periode pemesanan tanggal 17 Agustus hingga tanggal 30 September 2020 dengan tempat penukaran di Kantor Pusat Bank Indonesia dan 45 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Dalam negeri di semua provinsi. Kedua, periode pemesanan per tanggal 1 Oktober 2020 hingga selesai dengan tempat penukaran di Bank Indonesia pusat dan cabang ataupun bank umum yang ditunjuk oleh BI. 

Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang ini dapat melakukan pemesanan secara online dengan mengaksesnya di situs resmi BI. Adapun setiap satu KTP hanya dapat menukarkan satu lembar uang kertas baru edisi khusus. Setelah melakukan pemesanan di situs BI, masyarakat dapat melakukan penukaran dengan membawa KTP Asli, bukti pemesanan, dan melakukan penukaran pada waktu dan lokasi yang dipilih pada saat melakukan pemesanan. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Eri Tri Angginihttp://museumberjalan.id
Lulusan Ilmu Sejarah yang nyasar ke financial services. Kindly check museumberjalan.id untuk dapatkan informasi seputar sejarah & sosial budaya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...