Home Tech & Bisnis Business Fakta-fakta KTT ASEAN Pertama Yang Perlu Kamu Tahu!

Fakta-fakta KTT ASEAN Pertama Yang Perlu Kamu Tahu!

0
564
Ilustrasi KTT Asean. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi KTT Asean. sumber: www.freepik.com

Konferensi tingkat tinggi atau KTT merupakan pertemuan yang dihadiri oleh para pemimpin dari negara-negara yang ada di dunia. Indonesia merupakan bagian dari Asia Tenggara (ASEAN), di mana KTT ASEAN pertama kali diselenggarakan di Bali pada tahun 1976.

Pertemuan tingkat tinggi ini fokus membahas pengembangan di bidang ekonomi dan budaya antar negara-negara ASEAN. Semenjak pertama kali diselenggarakan di tahun 1976 hingga saat ini, KTT sudah dilaksanakan >40 kali baik resmi, tidak resmi, maupun luar biasa.

Di kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai fakta-fakta dari KTT ASEAN saat pertama kali diselenggarakan mulai dari hasil pertemuan hingga peran apa saja yang dikerahkan oleh pemerintah Indonesia pada jenis konferensi ini.

KTT ASEAN Pertama

Penjelasan mendetail mengenai konferensi tingkat tinggi pertama kali akan dibahas pada masing-masing poin berikut.

  • Penyelenggaraan KTT 1 ASEAN

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf awal artikel, konferensi tingkat tinggi yang dihadiri oleh kepala negara-negara ASEAN ini pertama kali dilangsungkan pada tanggal 23 sampai 24 Februari tahun 1976.

Menjadi tuan rumah, Indonesia menjadikan Denpasar, Bali sebagai lokasi di mana konferensi ini diselenggarakan. Oleh karena ASEAN pada saat itu belum memiliki banyak anggota, KTT 1 ASEAN di Bali ini hanya dihadiri oleh 5 negara. Negara-negara tersebut antara lain:

  • Indonesia

Sebagai tuan rumah, yang menjadi perwakilan Indonesia untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi merupakan kepala negara saat itu yakni Presiden Soeharto.

  • Thailand

Negara kedua yaitu Thailand. Negara parlementer ini mengutus Perdana Menteri Kukrit Pramoj sebagai perwakilan dari Thailand untuk menghadiri KTT ASEAN Pertama di Bali.

  • Filipina

Negara berikutnya yang juga turut hadir dalam konferensi tingkat tinggi pertama yaitu Filipina. Presiden Ferdinand Marcos terbang ke Bali, Indonesia untuk menghadiri pertemuan antar negara ASEAN pertama kali pada saat itu.

  • Malaysia

Tidak ketinggalan, Malaysia juga menjadi salah satu negara yang hadir dalam KTT pertama di Bali. Saat itu yang hadir mewakili negara Malaysia merupakan Perdana Menteri Datuk Husein.

  • Singapura

Terakhir, yang juga menjadi salah satu anggota ASEAN pertama kali yaitu Singapura. Di konferensi tingkat tinggi pertama ini, singapura hadir yang diwakili oleh Perdana Menteri Lee Kuan Yuen.

Baca Juga: Simak 4 Fakta Menarik Acara G20 di Bali, Intip Monumennya!

Hasil KTT ASEAN Pertama

Pertemuan KTT pertama kali yang dilangsungkan di Bali ini menghasilkan beberapa poin rumusan. Hasil dari KTT ASEAN ke-1 antara lain:

  • Mendeklarasikan kerukunan negara-negara di ASEAN
  • Merumuskan perjanjian persahabatan dan kerja sama antar negara-negara ASEAN atau Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC)
  • Menyusun kesepakatan yang berisikan tentang pembentukan sekretariat negara-negara ASEAN yang berlokasi di Ibukota Indonesia, Jakarta

Peran Indonesia Pada KTT ASEAN

Merupakan anggota aktif, indonesia tentunya berperan cukup berarti di KTT ASEAN. Hal ini dibuktikan dengan Indonesia yang ditunjuk sebagai tuan rumah dalam pertemuan pertama. 

Pembahasan di atas telah menjelaskan terkait fakta-fakta menarik dari KTT ASEAN pertama pada tahun 1976. 

Saat ini, KTT sedang ramai dan menjadi perbincangan hangat di negara-negara ASEAN. Menjadi tuan rumah untuk yang kesekian kalinya, Indonesia diharapkan memberikan yang terbaik pada konferensi penting ini.

Mau tahu info terupdate lainnya? Yuk, download aplikasi Amartha di smartphone kamu sekarang.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here