Home Tech & Bisnis Business Endorsement dan Affiliate Marketing, Sama atau Beda?

Endorsement dan Affiliate Marketing, Sama atau Beda?

0
64
Ilustrasi endorsement. sumber: www.freepik.com
Ilustrasi endorsement. sumber: www.freepik.com

Sebagai pengusaha kamu tentunya memiliki strategi pemasaran yang bisa meningkatkan omzet penjualan. Dari berbagai metode, ada dua strategi yang kerap digunakan, yaitu endorse dan affiliate marketing. Pertanyaannya yang kerap diajukan adalah, antara endorsement dan affiliate marketing apakah sama? 

Walaupun sama-sama mampu membuat isi kantong kamu menjadi tebal, namun keduanya memiliki perbedaan lho, pertanyaan endorsement dan affiliate marketing apakah sama atau tidak juga sangat tergantung dari jenis bisnis dan strategi marketing yang ingin kamu fokuskan. berikut  Berikut diantaranya. 

Affiliate Marketing

Pengertian Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah suatu metode bisnis atau pemasaran berbasis kinerja, dimana pihak yang bertugas sebagai affiliator akan mendapatkan penghargaan berupa komisi atau fee untuk setiap pelanggan atau pengunjung yang diperoleh. Dengan kata lain, setiap kali affiliator tersebut berhasil mempromosikan produk atau layanan dari pihak pemilik program afiliasi (merchant), maka ia akan mendapatkan komisi.   

Sistem Kerja Affiliate Marketing

Untuk cara kerja affiliate marketing, pihak affiliate lah yang mendatangi merchant atau pemilik bisnis yang membuka program afiliasi dan mendaftarkan diri ke program tersebut. Kemudian, affiliate mulai merekomendasikan (mempromosikan) produk atau layanan bisnis dengan menyertakan link referral. Ketika ada yang melakukan transaksi melalui link referral tersebut, maka affiliate akan mendapatkan sejumlah komisi (fee).  

Kelebihan Affiliate Marketing

  • Mudah dijalankan karena hanya fokus pada pemasaran produk tanpa perlu terlibat dalam proses pengiriman barang. 
  • Bisa mendapat penghasilan tambahan.
  • Modal kecil atau bahkan nyaris tanpa modal, hanya perlu smartphone dan kuota internet. 
  • Banyak pilihan produk/layanan yang bisa kamu tawarkan. 
  • Waktu kerja (promosi) fleksibel, bisa bekerja dari mana saja dan kapan saja.

Kekurangan Affiliate Marketing

  • Penghasilan tidak tetap karena jumlah komisi yang diterima berdasarkan persentase dan penjualan. 
  • Nilai komisi yang menentukan adalah pihak pemilik program afiliasi (merchant). 
  • Persaingan antar affiliate cukup tinggi. 
  • Butuh kesabaran, kerja keras, dan waktu untuk membangun hubungan yang baik dengan audiens agar mendapatkan kepercayaan yang berujung pada klik atau pembelian. 
Baca Juga: Intip Sumber Gaji Para Youtuber

Endorsement 

Pengertian Endorsement 

Endorsement adalah sebuah bentuk dukungan atau rekomendasi yang diberikan oleh seseorang  terhadap orang lain, produk, layanan, atau merek. Dukungan tersebut dilakukan oleh seseorang yang mempunyai pengaruh atau public figure. 

Sistem Kerja Endorsement 

Antara endorsement dan affiliate marketing apakah sama sistem kerjanya? Ternyata tidak. Endorse tidak mendatangi merchant atau perusahaan, melainkan didatangi oleh pihak merchant (pemilik atau perwakilannya) untuk merekomendasikan produk atau layanan tertentu. 

Kelebihan Endorse

  • Mendapatkan penghasilan dan bisa menentukan tarif. Besar kecilnya tarif tergantung dari seberapa besar pengaruh phak endorse dalam mengiklankan produk/layanan kepada para pengikutnya dan seberapa luas produk/layanan tersebut berpengaruh. 
  • Mendapat produk dari endorsement.
  • Memiliki jaringan sosial yang luas.
  • Berpeluang mendapatkan undangan ke acara produk atau acara-acara eksklusif.  
  • Mendapatkan apresiasi dan personal branding. 
  • Bisa berbagi rezeki dengan orang lain dengan cara berkolaborasi sehingga pihak yang diajak bekerjasama juga mendapatkan keuntungan. 

Kerugian Endorse

  • Haus akan popularitas. 
  • Merasa tertekan karena harus selalu memperbarui postingan agar banyak pengikut yang memberikan like dan mengomentari. 
  • Cenderung konsumtif
  • Tidak jujur pada diri sendiri karena konten yang diposting tidak selalu mencerminkan perasaan dan pikirannya sendiri. 

Pilih Affiliate Marketing atau Endorse?

Berdasarkan penjabaran di atas kamu bisa melihat perbedaan yang cukup jelas antara endorsement dan affiliate marketing. Nah, kamu sebagai pelaku bisnis maupun penyedia jasa tersebut bisa bebas memilih apakah ingin mendapatkan penghasilan tambahan sebagai affiliate atau endorser.

Apapun pilihanmu, setelah mendapatkan penghasilan, jangan lupa untuk melakukan investasi ya! Raih financial freedom dengan sisihkan sebagian penghasilan untuk mendanai mulai dari Rp 100.000 di Amartha. Tenang saja, Amartha sebagai microfinance marketplace ini sudah aman dengan izin dan di bawah pengawasan OJK. Tunggu apalagi? Yuk, mulai investasi sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 15% flat per tahun!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here