Eksotisme Air Terjun di Sumba

|

|

|

Kalau kalian pecinta air terjun, Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu pulau yang wajib kalian kunjungi. Tidak hanya pantai dan bukitnya yang indah, air terjun di Sumba memiliki daya tariknya sendiri. Ada lebih dari 10 air terjun di sana, beberapa di antaranya sudah mudah aksesnya.

Kalian bisa datang dari Bandara Tambolaka di Sumba Barat Daya atau Bandara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur, tergantung bagaimana kalian menyusun itinerary di Pulau Sumba

Air Terjun Laputi 

Berlokasi di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, Sumba Timur. Bentuknya berundak-undak, saat musim kemarau undakan paling bawah kering, sehingga kalian bisa memanjat hingga undakan atas. Di undakan atas air terjun sangat cantik apalagi ketika tetesan air terkena cahaya matahari dan timbul pelangi.

Air terjun paling cantik dan sakral di Sumba. Kenapa sakral? Karena air yang jatuh di sini berasal dari Danau Laputi yang berada di atasnya. Di Danau Laputi terdapat beberapa belut yang disebut apu, dipercaya sebagai roh nenek moyang. 

Air Terjun Tanggedu 

Air terjun ini makin terkenal dan menjadi destinasi wajib di Sumba Timur setelah film Susah Sinyal di tahun 2017. Perjalanan memakan waktu 2 jam dari Kota Waingapu dan dilanjutkan trekking sekitar 40 menit. Cukup lama memang, tapi perjalanan ini akan terbayar ketika sampai.

Kalian harus berjalan kaki melewati perkebunan penduduk sebelum akhirnya tiba di air terjun dengan lansekap memanjang seperti sungai. Di kiri kanan berupa tebing tinggi dan di sekitar sungai berupa lubang-lubang yang akan terisi air ketika air sungai sedang tinggi. Setiap sisi air terjun ini memiliki pemandangan yang berbeda. 

Air Terjun Waimarang

Air terjun ini lebih mudah aksesnya dan hanya 1.5 jam dari Kota Waingapu dan trekking selama 20 menit. Bentuknya seperti kolam renang berdiameter 3 meter dengan dengan air terjun di salah satu sisi. Kalian harus sabar mengantri jika mau berenang disini karena kebanyakan pengunjung yang datang ingin berfoto dengan kolam yang kosong.

Air Terjun Lapopu 

Berlokasi di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, Sumba Barat dengan akses yang ramah pengunjung. Sudah ada tempat parkir dan kamar ganti di sini. Kalian tidak perlu berjalan jauh untuk sampai di air terjunnya, tapi harus melewati jembatan bambu. Air terjun ini memiliki ketinggian 90 meter dan berundak-undak. Jika ingin menaiki undakannya, kalian harus berenang menyeberangi sungai dengan kedalaman 2 meter dalam debit air normal.

Masih banyak air terjun lain di Sumba seperti Air Terjun Matayangu, Air Terjun Koalat, Air Terjun Gunung Meja, dan lainnya. Setiap air terjun di Sumba memiliki keunikannya sendiri. Beberapa air terjun belum menyediakan kamar ganti maupun warung. Sebaiknya kalian membawa minuman dan makanan sendiri dan juga kain sarung untuk berganti pakaian. 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Semua Orang Bisa Jadi Sultan. Investasi di Amartha Mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Good News From Amartha!  Dalam rangka mempercepat indeks inklusi keuangan di Indonesia sekaligus menjangkau lebih banyak pendana untuk mendorong...

Profil 9 Naga Penguasa Ekonomi Indonesia

Dalam dunia perekonomian Indonesia, pasti kamu pernah mendengar istilah “9 Naga”. Istilah ini sendiri merujuk kepada tokoh-tokoh pengusaha yang kebanyakan keturunan Tionghoa...

Black Card, Bisa Punya Gak Ya?

Belum lama ini, muncul video viral di TikTok tentang charge card paling istimewa di Dunia yang disebut Black Card.