Dukung Sustainable Fashion Melalui 6 Cara Sederhana Ini

0
224
ilustrasi sustainable fashion. sumber: www.istockphoto.com
ilustrasi sustainable fashion. sumber: www.istockphoto.com

Sustainable fashion tentunya sudah sering terdengar di telingamu. Dengan demikian, kamu pun jadi mulai memikirkan kembali sejumlah hal terkait pakaian yang kamu miliki. Atau, lebih mendalam lagi yakni tentang penghasilan buruh pabrik pakaian.

Jika kamu pernah mengalami atau memikirkan 2 hal yang telah tersebut di atas, maka sebaiknya kamu mendukung gerakan busana berkelanjutan ini. Namun, apabila kamu baru mulai memikirkannya, tidak ada kata terlambat, kamu pun bisa mendukung gerakan ini.

Oh iya, secara pengertian, busana berkelanjutan atau sustainable fashion adalah gerakan yang mendukung perubahan terkait produk dan industri fashion agar memenuhi integritas ekologi serta pemerataan keadilan sosial.

Gerakan Sustainable Fashion

Poin utama gerakan sustainable fashion bukanlah sekedar tentang bahan dan tekstil yang dipergunakan dalam suatu produk fashion. Namun, semua sistem mode, termasuk sistem, budaya, sosial, ekologi, serta ekonomi pun merupakan gol dari gerakan ini.

1. Memperluas Pengetahuanmu Akan Seluk Beluk Industri Fashion

Produk dari fast fashion dapat dimiliki dengan mudah sebab harganya ditekan serendah mungkin. Tenaga kerja pabrik yang bertugas menjahit tekstil atau pakaian demi produk murah diberikan upah super kecil. 

Dengan demikian, kamu dapat membuka dan mengecek laman resmi merek pakaian favoritmu. Setelah itu, kamu dapat menanyakan upaya dan dukungan mereka untuk keberlanjutan.  

Apabila terdapat mereka tidak memiliki upaya dan dukungan untuk sustainable fashion, kamu dapat melakukan tindakan seperti menulis surat untuk tujuan kantor pusat. Surat tersebut dapat berisi kritikanmu, pertanyaanmu, maupun pernyataanmu.

2. Belilah Produk Fashion yang Fleksibel

Pada setiap hendak membeli pakaian, kamu dapat mengecek apakah modelnya telah kamu miliki. Namun di lain sisi, kamu juga harus mempertimbangkan apakah pakaian tersebut cocok dipadupadankan bersama pakaian lain dalam lemarimu.

Baca Juga: Cara Bisnis Fashion Dengan Brand Sendiri

3. Rapikan Kembali Lemari Pakaianmu

Apabila kamu memiliki segudang koleksi dan model pakaian, kamu dapat mengeceknya kembali lalu mencari cara agar pakaian lama bisa terlihat baru.

Nah, salah satu cara untuk mendukung sustainable fashion ini yakni dengan berkreasi dalam mengenakan pakaian-pakaian tersebut. Kamu dapat mendapat inspirasi dari majalah maupun media sosial.

4. Memperbaiki Kerusakan pada Pakaian

Kamu tidaklah perlu penjahit profesional demi melakukan perbaikan pada pakaianmu yang rusak. Kancing atau jahitan yang gagal terpasang maupun terlepas bisa mudah diperbaiki.

Apabila kamu bingung hendak memulai dari mana, terdapat banyak sekali tutorial YouTube bagi pemula.

5. Membeli Produk Fashion Bekas Maupun Penjualan Amal

Dengan membeli produk fashion bekas, maka kamu berarti mengembalikan nilai untuk pemilik pertama, bisa juga memberikan pendapatan untuk penjual yang profitnya dapat digunakan demi beramal.

Melalui dukungan sustainable fashion ini, maka penghematan lingkungan secara signifikan pun dapat tercapai sebab ketiadaan pemrosesan maupun produksi tambahan.

Melalui cara ini, nilai pun dipertahankan pada perekonomian serta tidak hilang menuju tempat pembuangan limbah atau sampah.

6. Membeli Produk Lokal

Ketika kamu membeli produk fashion lokal, maka produksi serta rantai pasokan terputus drastis. Lalu, produsen maupun penjual umumnya dapat memberi informasi mengenai cara produk tersebut diproduksi serta sumber bahannya.

Dengan begini kamu dapat mengetahui, siapa sajakah yang sudah kamu untungkan sewaktu membeli pakaian.

Melalui pembelian produk lokal, kamu pun sudah mendukung sustainable fashion di Indonesia, termasuk pemilik bisnis dan ekonomi dalam proses penciptaan evolusi dunia mode layaknya yang kamu impikan.

Jadi, pembahasan mengenai 6 cara sederhana untuk mendukung sustainable fashion. Sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Nah, bagi kamu yang ingin berpartisipasi dalam gerakan ini, kamu dapat memulainya dengan bisnis pakaian bekas atau thrift shop.

Selain berbisnis, kamu juga dapat melakukan pendanaan untuk pelaku usaha UMKM Indonesia yang membutuhkan dengan imbal hasil 15% flat per tahun. Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan dirimu di Amartha.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here