Home Syariah Usaha Mikro dan UKM Digitalisasi UMKM: Tantangan dan Peluang

Digitalisasi UMKM: Tantangan dan Peluang

|

|

|

Pandemi Covid-19 bisa dibilang telah mengakibatkan krisis ekonomi pada berbagai sektor, salah satu yang paling terkena dampaknya adalah UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah). Dampak yang menghantam UMKM bermacam-macam bentuknya antara lain adalah pengaruh terhadap omset, penjualan produk, hingga penutupan usaha.

Walau kondisi usaha sedang memburuk, ternyata masih banyak juga UMKM yang mampu bertahan dan bahkan mampu meraih keuntungan di tengah situasi pandemi Covid-19. Kondisi pandemi yang menimbulkan krisis ekonomi ini justru membuat UMKM berinovasi dengan melakukan ekspansi yaitu menambah jenis saluran penjualan dan pemasaran.

Baca Juga:
UMKM: Pengertian, Jenis, dan Perkembangannya di Indonesia
5P: Strategi UMKM Agar Bisa Bersaing di Pasar Global

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan pemerintah selama pandemi Covid-19 harusnya dilirik sebagai peluang untuk berdagang secara daring (online). Apalagi, faktanya saat ini sudah banyak UMKM yang merasa terbantu dengan penggunaan internet.

Di bulan Maret 2020 kemarin, Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia mencatat transaksi pembelian lewat empat perdagangan elektronik (e-commerce) di Indonesia meningkat 18,1 persen menjadi 98,3 juta transaksi.

Total nilai transaksinya juga bertumbuh hingga 9,9 persen menjadi Rp20,9 triliun. Peningkatan transaksi terbesar adalah kebutuhan primer, yakni makanan dan minuman (52 persen), perlengkapan sekolah (34 persen), dan perawatan pribadi, seperti pensanitasi tangan dan masker (29 persen).

Perubahan perilaku konsumen dengan membatasi interaksi fisik dan mengurangi aktivitas di luar rumah karena PSBB. Hal ini terbukti memberi peluang lebih besar kepada UMKM yang sudah terhubung dengan ekosistem digital untuk bertahan atau bahkan melaju di tengah pandemi.

Walau begitu, transformasi digital tak selamanya mulus karena tidak semua UMKM siap menjalankan usaha secara digital. Sampai saat ini, dari sekitar 64 juta populasi UMKM di Indonesia, tercatat baru 13 persen saja yang telah terhubung ke ekosistem digital. Sebaliknya, 87 persen sisanya dalam kondisi luring (offline) atau seluruh aktivitas usaha mulai pembelian, penjualan, pemasaran, hingga pembayaran masih sangat bergantung pada interaksi fisik.

Adapun, Pandemi covid-19 saat ini merupakan momentum yang tepat untuk Indonesia melakukan percepatan digitalisasi UMKM. Kementerian Koperasi dan UKM diketahui juga engah menyusun Strategi Nasional UMKM dan Koperasi. Instrumen kebijakan yang untuk pertama kali dimiliki Indonesia ini nantinya dapat mewadahi kerja kolaboratif seluruh komponen bangsa. Tidak terbatas untuk pendidikan, pelatihan, dan pendampingan UMKM dan koperasi memanfaatkan ekosistem digital.

Nah, selagi menunggu peran pemerintah dalam membantu sektor UKM di tengah pandemi ini, kamu juga bisa loh untuk berinvestasi sekaligus membantu UMKM dengan bergabung menjadi pendana di Amartha.

Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu berarti telah berpartisipasi menciptakan dampak sosial yang nyata berupa kesejahteraan merata loh.

Selain itu, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Yang lebih menarik, pembayaran angsurannya bisa bisa diambil kapan saja!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...