Home Kita Jangan Menyerah Digital Detox - Jernihkan Pikiran, Tingkatkan Kualitas Hidup

Digital Detox – Jernihkan Pikiran, Tingkatkan Kualitas Hidup

|

|

|

Kehidupan modern memang sangat kental dengan kehidupan digital. Kini hampir segala hal melibatkan digital baik itu untuk sarana transportasi, komunikasi, berbagi informasi hingga pelayanan pribadi seperti pembersihan rumah dan sebagainya. Sayangnya, meski menawarkan begitu banyak keuntungan dan manfaat untuk kehidupan, lifestyle digital ternyata mendatangkan efek negatif bagi kesehatan mental.

Gangguan pada kesehatan mental ketika terus menghabiskan waktu di dunia digital biasanya muncul dari aktivitas melihat media sosial. Media sosial memang bisa menghubungkan antara satu orang dan orang lainnya yang terpisah jauh, namun berfokus membentuk image di media sosial ternyata bisa membuat jiwa tidak tenang dan terus merasa kurang. 

Berikut beberapa tips untuk menjalankan Digital Detox :

Mematikan Notifikasi

Ada nilai positif dan juga negatif ketika Anda terus mendapatkan notifikasi informasi terkini dari media sosial. Di satu sisi, Anda bisa terus update informasi terbaru agar tidak ketinggalan zaman. Namun mendapatkan notifikasi secara berkala juga dapat mengganggu aktivitas Anda. Pada akhirnya Anda lebih sering mengecek notifikasi ketimbang fokus kepada pekerjaan yang sedang dilakukan. 

Misalnya, apabila notifikasi tersebut berlangsung sebanyak 10 kali dalam 1 jam, lantas bagaimana Anda bisa fokus jika baru beberapa menit sudah mendengar suara notifikasi masuk? Oleh sebab itu, peneliti di Ohio State University, yakni Jesse Fox, PhD menyarankan agar kita sebaiknya mematikan notifikasi pada ponsel agar bisa fokus.

Matikan Ponsel Ketika Berinteraksi di Dunia Nyata

Mematikan ponsel mungkin terdengar cukup ekstrem, namun tahukah Anda bahwa ternyata cara ini memiliki dampak yang baik untuk meningkatkan kualitas hubungan di dunia nyata. Sering kali kita malah lebih aktif untuk mengobrol di sosial media seperti menanggapi komentar dan sebagainya dibandingkan mengobrol dengan orang yang ada di hadapan kita.

Layar ponsel yang terus menyala membuat fokus kita terganggu dan memancing kita untuk mengecek ponsel. Pada akhirnya kita bahkan melupakan orang yang ada di sekitar.

Atur Jadwal Memegang Gadget

Sebaiknya Anda membuat jadwal kapan Anda boleh memegang ponsel kapan Anda fokus mengerjakan hal lainnya. Misalnya saja Anda mengatur jadwal bahwa Anda akan memegang ponsel hanya 2 jam sehari dengan durasi dibagi ke dalam beberapa waktu misal pukul 12 sampai 1 siang, kemudian pukul 7 malam sampai 8 malam saja. 

Mengatur jadwal untuk memegang ponsel memiliki manfaat yang sangat besar untuk detoksifikasi digital. Pada akhirnya Anda tidak ketergantungan dengan gadget lagi.

Di masa serba modern, jadikanlah lifestyle Anda tetap sehat dengan tidak tergantung kepada gadget terus-menerus. Anda bisa membuat diri Anda lebih bermanfaat kepada orang lain dengan ikut menjadi investor di Amartha. Anda bisa ikut mendanai program usaha masyarakat kecil di pedesaan agar mereka ikut maju. 

Setiap minggunya Anda akan memperoleh cicilan pembayaran dari para penerima dana. Amartha juga memberikan Anda kesempatan untuk memilih sendiri usaha yang ingin Anda danai. #KitaJanganMenyerah

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...