Home Finance Deteksi Sejak Dini, Ini Dia 4 Ciri Investasi Bodong Versi OJK

Deteksi Sejak Dini, Ini Dia 4 Ciri Investasi Bodong Versi OJK

|

|

|

Pagi-pagi buka instagram, lihat iklan salah satu produk investasi yang bisa dapat reward mobil Mercedes dengan melakukan Top Up dana minimal Rp13.000.000,- mau gak tuh? Eiitss, tahan dulu. Mari kita pahami dan teliti terlebih dahulu, bagaimana ciri-ciri investasi bodong versi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), biar kamu gak kena tipu!

Nah baru-baru ini, kita dikejutkan dengan adanya produk investasi bodong berkedok reward yang sangat fantastis dan tidak masuk akal yaitu kasus investasi bodong MeMiles. Kasus ini telah merugikan ratusan orang anggotanya dengan memasukkan uang hingga puluhan juta rupiah untuk investasi. Bahkan banyak artis juga tergiur dan akhirnya tertipu dengan produk investasi ini, salah satunya ialah penyanyi Marcello Tahitoe atau Ello. 

Untuk itu, mari kita pelajari bersama, apa yang Anda harus lakukan sebelum memulai memilih produk investasi dan apa saja ciri-ciri dari investasi bodong/ilegal versi OJK.

Apa yang harus saya lakukan saat ingin mencoba salah satu produk investasi?

Sebagai pemula, ada baiknya Anda cek terlebih dahulu ya, apa saja sih produk investasi yang kini sudah berizin usaha dan diawasi oleh OJK. Ingat, jangan hanya terdaftar saja, pilih mereka yang sudah memiliki izin usaha resmi dari OJK. Bisa cek di sini.

Apa ciri-ciri investasi bodong atau ilegal versi OJK? 

Berikut adalah karakteristik investasi bodong :

  1. Menjanjikan keuntungan tidak wajar tanpa bekerja keras
  2. Biaya keanggotaan cenderung tinggi
  3. Pengelola dana investasi tidak transparan
  4. Legalitas lembaga / skema tidak jelas

Bagaimana? Sudah jelas ya. Mulai saat ini, jangan segan-segan untuk melaporkan produk investasi yang menurut Anda tidak wajar dan mencurigakan. OJK juga menghimbau masyarakat untuk terlebih dahulu berkonsultasi terkait penawaran investasi keuangan yang dianggap mencurigakan ke Layanan Konsumen OJK melalui telepon 1500655 atau email: [email protected], ataupun mendatangi kantor OJK terdekat yang ada di berbagai kota.

Saatnya pilih produk investasi yang telah resmi berizin usaha dan terdaftar OJK. Terbukti aman, menguntungkan dan punya dampak yang nyata. Anda bisa cek www.amartha.com untuk pelajari lebih lanjut. Selamat berinvestasi! 

 

 

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...