Home Syariah Usaha Mikro dan UKM Deretan Tips Jadi Pengusaha Sukses Ala Sandiaga Uno

Deretan Tips Jadi Pengusaha Sukses Ala Sandiaga Uno

|

|

|

Sandiaga Uno merupakan sosok yang dikenal sempat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta dan juga sebagai Calon Wakil Presiden dalam pemilu 2019 bersama Prabowo Subianto. Meski begitu, nama Sandiaga Uno sebenarnya tidak hanya dikenal sebagai politikus, ia juga merupakan salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Pria yang memiliki nama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno ini lahir di Pekanbaru, 28 Juni 1969 dari pasangan Razif Halik Uno dan Rachmini Rachman atau yang dikenal Mien Uno. Sempat menjadi karyawan di beberapa perusahaan dalam negeri maupun luar negeri, Sandiaga membuat perusahaan konsultan keuangan bernama PT Recapital Advisors bersama temannya, Rosan Perkasa Roeslani.

Setelah usahanya berjalan satu setengah tahun, ia bertemu dengan Edwin Soerjadjaja, putra William Soerjadjaja yang menjadi pendiri Grup Astra. Pada akhirnya, ia dan Edwin Soerjadjaja mendirikan perusahaan investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya yang bergerak di bidang pertambangan, telekomunikasi, dan produk kehutanan.

Berbekal network dengan perusahaan dan lembaga keuangan dalam dan luar negeri, Sandiaga Uno sukses menjalankan bisnis tersebut. Mekanisme kinerja perusahaan tersebut adalah dengan menghimpun modal investor untuk mengakuisisi perusahaan yang mengalami masalah keuangan.

Kinerja perusahaan yang sedang “sakit” tersebut dibenahi dan dikembangkan. Setelah kembali sehat dan stabil, aset perusahaan dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi.

Hingga saat ini, ada 15 perusahaan yang telah diambil alih oleh PT Saratoga dari bidang usaha pertambangan, telekomunikasi, dan FCMG. Beberapa perusahaan telah dijual kembali, seperti PT Dipasena Citra Darmaja, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN), dan PT Astra Microtronics.

Nah, menurut Sandiaga Uno, menjadi seorang pengusaha bukanlah langkah yang mudah. Dalam memulainya, tentu ada banyak rintangan yang harus dilalui. Berikut ini adalah beberapa tips jadi pengusaha sukses ala Sandiaga Uno:

1. Berani Mengambil Risiko

Tips pertama menjadi pengusaha sukses dari Sandiaga Uno adalah harus berani mengambil risiko. Menurut Sandiaga Uno, tidak ada pengusaha yang bisa sukses jika hanya berada di zona nyaman. Karena itu, pengusaha yang berani mengambil risiko akan lebih sukses dibanding yang tidak mau melangkah.

Jika masih takut dalam mengambil risiko, berarti masih belum memiliki jiwa pengusaha. Tekadkan keinginan sebulat mungkin dalam berbisnis.

2. Rajin Berinovasi  

Tips selanjutnya adalah harus rajin berinovasi. Menurut Sandiaga Uno, kesuksesan suatu bisnis bergantung pada diri sendiri, apakah kamu bisa berinovasi dan terus berusaha jika mengalami kegagalan. Seorang pengusaha yang sukses tidak akan pernah takut gagal dan terus melakukan inovasi pada bisnis yang ia kembangkan.

Jika gagal, teruslah maju dan jangan pernah berhenti dan hanya berfokus pada satu peluang saja. Cobalah cari cara lain yang mungkin bisa jadi peluang lainnya. Mencari jalan keluar lain dan berani untuk bereksplorasi adalah merupakan tekad yang benar dari seorang pengusaha.

3. Mencoba Berkolaborasi

Bagi Sandiaga Uno, tidak ada pengusaha yang bisa meraih kesuksesannya tanpa berkolaborasi dengan pihak lain. Karena itu, untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan, sangatlah penting untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak. Jangan lupa, untuk terus pro aktif dan memperluas networking untuk mencari partner kolaborasi terbaik. 

4. Menjaga Relasi

Tips terakhir adalah menjaga relasi yang kamu punya dalam berbisnis sebaik-baiknya. Sandiaga Uno sangat menekankan agar selalu menjaga hubungan baik dengan semua orang dalam berbisnis. Berdasarkan pengalamannya sendiri, ia berhasil sukses seperti sekarang karena bisa menjaga hubungan baik dengan banyak temannya.

Selain itu, menjalin komunikasi dengan para relasi juga bisa kamu manfaatkan sebagai alat kontribusi bisnis. Jika koneksi kamu besar, maka bisnis yang akan dijalankan akan semakin luas juga.

Well, selain merintis bisnis sendiri, kamu juga bisa loh berinvestasi sekaligus membantu bisnis rintisan UMKM dengan bergabung menjadi pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya bisa diambil kapan saja.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Ini Daftar Negara Termiskin di Dunia, Ada Indonesia Gak Ya?

Setiap negara di dunia diklasifikasikan menjadi 3, yaitu negara miskin, berkembang, dan maju. Dalam klasifikasi ini setiap organisasi dunia memiliki indikatornya...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...