Deretan Saran dari Suze Orman untuk Pemilik Usaha Kecil

|

|

|

Ketika pemilik usaha kecil pulih dari pandemi, penting untuk memastikan mereka memahami personal finance untuk memastikan bisnis mereka kembali ke jalurnya, kata penasihat keuangan dan penulis best seller Suze Orman.

Menurut Orman, itu termasuk menabung, berinvestasi, dan mengelola utang kartu kredit.

“Kamu harus menempatkan diri dalam situasi bahwa apa pun yang terjadi, dapat membayar tagihanmu,” katanya yang juga menjadi pembawa acara podcast “Women & Money (And Everyone Smart Enough To Listen)”.

Inilah beberapa saran dari Orman kepada para pemilik usaha kecil dalam menangani uang mereka sebagai upaya untuk bergerak maju pasca-pandemi!

1. Mulailah Menabung Sejak Muda   

Menurut Orman, semakin dini kamu mulai menabung untuk masa pensiun semakin baik karena bunga majemuk, yaitu bunga yang diperoleh dari bunga.

“Ini seperti bola salju kecil yang bergulir menuruni gunung di salju yang indah dan semakin besar dan semakin besar dan semakin lama bergulir, semakin besar,” jelasnya.

Misalnya, kata Orman, jika seorang anak berusia 18 tahun mulai menabung $100 per bulan selama 40 tahun ke depan, dengan asumsi tingkat pengembalian rata-rata tahunan 12%, dia akan mendapatkan $1 juta. Jika dia menunggu 10 tahun untuk memulai, hasil akhirnya hanya akan menjadi $300.000 pada usia 58 tahun.

2. Buat Tabungan Non-Pensiun  

Bagi Orma, dana darurat yang mencakup biaya hidup selama 12 bulan adalah suatu keharusan hari ini. Jika kamu ingin menabung lebih banyak setelah itu, di luar rencana pensiun, memiliki instrumen investasi jangka panjang seperti obligasi adalah langkah yang cukup tepat. Sebab, hal ini akan berjalan sesuai dengan inflasi yang terus meningkat.

3. Menggunakan Tabungan untuk Membayar Utang Kartu Kredit?

Kristy Ramsey, pemilik Content Maven Media yang berbasis di Woodlawn, Chicago bertanya kepada Orman apakah apakah dia harus menggunakan tabungannya untuk membayar utang kartu kredit. Menurut Orman, jawabannya tergantung pada berapa banyak tabungan yang tersisa setelah hutang itu dilunasi. Orman merekomendasikan untuk menyimpan modal kerja selama satu tahun untuk bisnis milikmu, serta dana darurat 12 bulan.

“Setelah itu, jika Anda memiliki uang ekstra, lunasi kartu kredit Anda,” katanya.

4. Investasi

Orman menyebutkan investasi harus dilakukan setelah kamu memiliki dana darurat dan itu harus untuk jangka panjang, setidaknya lima tahun dan sebaiknya 10 tahun hingga 20 tahun. Orman juga menyarankan ketika kamu memiliki investasi, jangan panik ketika pasar mulai turun.

5. Kapan Harus Meninggalkan Pekerjaan untuk Mulai Berbisnis

Terapis Catherine Swanson saat ini sedang mengerjakan pekerjaan 9-ke-5 untuk membayar tagihan. Namun, dia benar-benar ingin menjadikan bisnis paruh waktunya sebagai pekerjaan utama. Lantas, dia pun mengajukan pertanyaan kepada Orman. Kekhawatiran dari Swanson adalah mencari tahu waktu terbaik untuk melakukannya.

Bisnis milik Swanson yang berbasis di Ankeny, Iowa sebenarnya saat ini tidak menghasilkan cukup uang untuk mendukungnya, kurang dari $2.000 hingga $3.000 penghasilannya per bulan. Namun, Swanson percaya jika dia bekerja penuh waktu, bisnis tersebut akan menghasilkan cukup uang.

Sebelum mengambil lompatan, Orman menyarankan agar Swanson memiliki dana darurat satu tahun dan sekitar tiga hingga empat bulan modal kerja yang disisihkan untuk bisnis miliknya tersebut. Dia juga menyarankan untuk mendapatkan kartu kredit bisnis jika Swanson membutuhkan sedikit bantuan.

Well, itulah beberapa saran dari Orman kepada para pemilik usaha kecil dalam menangani uang mereka sebagai upaya untuk bergerak maju pasca-pandemi. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...