Deretan Investasi Paling Menguntungkan untuk Para Pemula

0
181
investasi paling menguntungkan untuk pemula
Ilustrasi Investasi Paling Menguntungkan untuk Pemula. Photos by Lemono (iStockphoto)

Jenis-jenis Investasi Paling Menguntungkan bagi Pemula

Dengan pasar saham dan tampaknya setiap kelas aset investasi paling menguntungkan lainnya sedang booming, para pemula mungkin ingin sekali terjun ke dalam dunia investasi. Tetapi sebelum melakukan investasi apa pun, penting bagi investor baru untuk mengetahui toleransi mereka terhadap risiko. 

Investasi tertentu bisa membawa lebih banyak risiko daripada yang lain. Tentunya kamu tidak ingin terkejut setelah melakukan investasi. Pikirkan tentang berapa lama kamu dapat melakukannya tanpa uang yang akan diinvestasikan dan apakah kamu merasa nyaman tidak mengaksesnya selama beberapa tahun atau lebih lama. 

Selain itu, kamu pun perlu mengetahui daftar investasi paling menguntungkan untuk pemula yang aman dengan risiko minim. Berikut daftarnya: 

1. Rekening tabungan

Ini bisa menjadi salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan laba atas uang kamu di atas apa yang bisa kamu hasilkan di rekening giro biasa. Rekening tabungan dengan bunga tinggi, yang sering dibuka melalui bank online, cenderung membayar bunga rata-rata lebih tinggi daripada rekening tabungan standar sambil tetap memberi pelanggan akses reguler ke uang mereka.

Ini bisa menjadi investasi paling menguntungkan dan aman serta tempat yang bagus untuk memarkir uang yang kamu simpan untuk pembelian dalam beberapa tahun ke depan atau hanya untuk disimpan jika terjadi keadaan darurat.

2. Sertifikat Deposito 

Sertifikasi Deposito adalah investasi paling menguntungkan kedua yang dapat memberikan bunga tambahan pada tabungan kamu, tetapi deposito akan mengikat uang kamu lebih lama daripada rekening tabungan dengan bunga tinggi. 

Kamu dapat membeli sertifikasi deposito untuk periode waktu yang berbeda seperti enam bulan, satu tahun atau bahkan lima tahun, tetapi biasanya kamu tidak akan dapat mengakses uang tersebut sebelum jatuh tempo tanpa membayar penalti.

Baca Juga: 
5 Hal Penting Saat Mulai Belajar Investasi Modal Kecil

3. Reksa dana

Reksa dana memberi investor kesempatan untuk berinvestasi dalam sekeranjang saham atau obligasi yang mungkin tidak dapat mereka bangun sendiri dengan mudah.

Reksa dana dibedakan menjadi beberapa. Yang paling populer di Indonesia ialah reksa dana pasar uang dan saham. Kamu bisa memilih sendiri ingin berinvestasi di beberapa tempat seperti Schroder Dana Istimewa, BNP Paribas Solaris, Sucorinvest Sharia Equity Fund, Mandiri Investa Equity ASEAN 5 Plus, dan Eastspring Investments Alpha Navigator KELAS A. 

4. Investasi Paling Mengungtungkan Peer to peer lending (P2P)

Investasi paling menguntungkan bagi pemula saat ini ialah peer to peer lending. Sistem yang ada di P2P Lending adalah kamu sebagai investor menyalurkan dana kepada peminjam untuk kebutuhan produktif seperti modal usaha atau konsumtif.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengatur bagi hasil dari P2P Lending yang menguntungkan kedua belah pihak. Salah satunya adalah Amartha.

Amartha merupakan P2P Lending yang menyalurkan dana investor untuk modalin usaha perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Peminjam dalam menjalankan bisnisnya akan didampingi oleh Business Partner sekaligus diberikan pelatihan usaha.

Sebagai investor, kamu bisa mendapatkan bagi hasil hingga 15% flat per tahun untuk setiap mitra yang dimodalin.

Itulah investasi paling menguntungkan yang cocok untuk para pemula dengan modal kecil. Dari hal yang kecil, lama-lama akan menjadi bukti. Jadi, instrumen investasi mana yang akan kamu pilih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here