Deretan Crazy Rich Surabaya, Kekayaannya Bikin Silau!

0
2986
Ilustrasi crazy rich. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi crazy rich. sumber: www.istockphoto.com

Ada sejumlah nama crazy rich Surabaya yang masuk di dalam daftar orang terkaya Indonesia. Kekayaan yang melimpah ruah menjadi penyebab mengapa mereka berada di dalam daftar tersebut. Perlu diketahui, dari 50 daftar crazy rich Indonesia yang dirilis oleh Forbes, terdapat 5 konglomerat yang berasal dari Surabaya. 

Lantas, siapa saja yang menjadi konglomerat tersebut? 

Sosok Crazy Rich Surabaya

Berikut beberapa sosok konglomerat Surabaya, antara lain:

1. Susilo Wonowidjojo

Nama seperti Susilo Wonowidjojo mungkin tidak asing ditelinga orang Surabaya. Susilo Wonowidjojo merupakan penerus dari bisnis Gudang Garam. Susilo Wonowidjojo bahkan berada di urutan ke 7 orang paling kaya di Indonesia. 

Sesuai catatan dari Forbes, Susilo Wonowidjojo memiliki kekayaan hingga USD 4,8 miliar atau setara Rp71.2 triliun. Susilo Wonowidjojo meneruskan bisnis rokok yang dibangun oleh ayahnya di tahun 1958 lalu. 

Sebelum berada di bawah kepemimpinan Susilo Wonowidjojo, Gudang Garam dikelola oleh kakaknya yaitu Rachman Halim hingga tahun 2008, setelah sang kakak meninggal, Susilo Wonowidjojo kemudian menjabat sebagai direktur sedangkan adiknya yaitu Juni Setiawati menjadi komisaris. 

2. Wijono & Hermanto Tanoko

Ketika membicarakan orang terkaya di Surabaya, nama Wijono & Hermanto Tanoko tidak boleh terlewat. Wijono & Hermanto Tanoko merupakan pemilik dari bisnis cat PT Avia Avian. Wijono & Hermanto Tanoko menempati urutan nomor 11 orang paling kaya di Indonesia. 

Forbes mencatat jika kekayaan Wijono & Hermanto Tanoko mencapai Rp48,9 triliun. Kedua kakak beradik ini adalah penerus dari bisnis produsen cat paling besar kedua di Indonesia. Bisnis tersebut didirikan oleh sang ayah. 

Di bawah kepemimpinan dari Wijono & Hermanto Tanoko, perusahaan ini berhasil melantai di Bursa Efek Indonesia di tahun 2021, dengan harga pelaksanaan Rp930. Dilansir dari website resminya, perusahaan ini membawahi 8 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. 

3. Tahir

Salah satu orang terkaya di Jawa Timur adalah Tahir. Tahir adalah pendiri dari Mayapada Group serta berhasil menduduki peringkat sebagai orang paling kaya di Indonesia nomor 16. 

Pria yang lahir di Surabaya ini mempunyai kekayaan hingga Rp35.6 triliun. Seperti yang kita ketahui, Mayapada Group adalah bisnis yang berada di sektor pelayanan, perbankan, properti dan kesehatan. 

Baca Juga: Jadi Pemilik Salim Grup dan Konglomerat di Indonesia, Ini Biografi Anthony Salim

4. Alexander Tedja

Nama crazy rich Surabaya yang tidak boleh dilewatkan lainnya adalah Alexander Tedja. Alexander Tedja adalah pengembang real estate Pakuwon Jati yang sudah berdiri dari tahun 1982. Perusahaannya go public di tahun 1989. 

Alexander Tedja terkenal sebagai seorang pengembang mixed use yang menggabungkan perkantoran, kondominium hotel serta mall yang tersebar di kota Jakarta dan Surabaya. Alexander Tedja juga merupakan pecinta karya seni. Kekayaan yang dimilikinya mencapai Rp16.3 triliun. 

5. Eddy William Katuari

Nama lainnya adalah Eddy William Katuari. Eddy William Katuari merupakan pemimpin dari Wings Group. Eddy William Katuari berada di urutan nomor 39 dari 50 orang paling kaya di Indonesia menurut Forbes. 

Kekayaan yang dimiliki Eddy William Katuari mencapai Rp16.3 triliun. Kekayaan tersebut ditopang dari bisnis yang dimilikinya. Eddy William Katuari memimpin Wings Group tahun 2004.Menjadi bagian dari crazy rich Surabaya tentu tidak mudah. Untuk mulai mencapainya, kamu bisa menjadi investor di Microfinance Marketplace, Amartha, sekaligus menjadi lender UMKM Indonesia. Di sini, kamu juga bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, mulai dengan Rp100.000 aja, loh.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here