Dear Investor Pemula, Ini Cara Main Saham Yang Aman dan Menguntungkan

|

|

|

Dari banyaknya instrumen investasi yang berkembang belakangan ini, saham adalah salah satu yang terpopuler. Pasalnya, saham memiliki potensi keuntungan yang jauh lebih besar daripada instrumen investasi lainnya.

Meski demikian, di balik potensi keuntungan besar, berinvestasi saham nyatanya mampu mendatangkan resiko yang sangat tinggi, terlebih jika dilakukan tanpa pengetahuan yang cukup.

Cara Main Saham Yang Aman dan Menguntungkan

Karena itu, bagi kamu yang masih termasuk investor pemula dan baru pertama kali terjun ke dunia saham, ada baiknya mengikuti tips-tips berikut ini:

1. Gunakan Perusahaan Sekuritas dengan Biaya Transaksi Kecil

Ketika berinvestasi dalam saham, investor diharuskan membuka rekening efek yang difasilitasi oleh perusahaan sekuritas. Setelah rekening sudah selesai dibuat, berikutnya investor harus mentransfer sejumlah dana ke rekening efek.

Uang di rekening efek itulah yang nantinya berfungsi seperti sebagai uang elektronik. Uang elektronik ini nantinya yang dapat investor gunakan untuk membeli saham-saham online yang diinginkan. Jadi, biaya transaksi yang dimaksud adalah biaya pembelian dan penjualan saham. Biaya inilah yang bakal jadi profit dari perusahaan broker yang bersangkutan.

Umumnya, biaya sekuritas ditetapkan menjadi 0,19% untuk pembelian dan 0,29% untuk penjualan. Namun, ada juga yang hanya menetapkan biaya 0,15% untuk pembelian dan 0,20% untuk penjualan.

Nah, biar keuntungan semakin besar tentu saja pilihannya adalah dengan memiliki perusahaan dengan biaya sekuritas paling murah. Meski begitu, berarti biaya sekuritas yang lebih tinggi tidak layak untuk dipilih. Biasanya biaya sekuritas ditentukan oleh kualitas pelayanan dan aplikasinya.

2. Rutin Memantau Sentimen Pasar

Perlu kamu tahu, sentimen pasar merupakan salah satu faktor yang sering menyebabkan turun naiknya harga saham. Sentimen ini sendiri muncul dari pengaruh berbagai macam trend dan kebijakan. Baik itu yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

Faktor dalam negeri, biasanya dipengaruhi oleh kebijakan suku bunga acuan, inflasi,  kebijakan pemerintah, hingga kabar burung tentang perusahaan atau industri tertentu. Sementara untuk faktor luar negeri biasanya dipengaruhi oleh kurs Rupiah terhadap mata uang lain, indeks harga saham regional yang dalam hal ini adalah wilayah Asia, dan juga pengaruh kebijakan dari bank sentral Amerika Serikat.

3. Jangan Memulai dengan Dana yang Besar

Salah tips selanjutnya bagi investor pemula dalam bermain saham yang aman dan menguntungkan adalah jangan memulainya dengan dana jumbo. Meskipun kamu mempunyai uang yang cukup banyak, jangan sekali-kali mencoba langsung menggelontorkan dana yang besar untuk berinvestasi saham.

Perlu diingat, kamu masih pemula dan butuh lebih banyak waktu untuk belajar. Sehingga, akan jauh lebih baik kalau kamu mulai dengan modal dana yang minim. Sebaiknya mulailah bermain saham dengan modal Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta terlebih dahulu.

4. Beli Saham yang Terdaftar di Indeks LQ45 atau IDX30

Sebagai informasi, daftar saham yang dikeluarkan BEI (Bursa Efek Indonesia) adalah ukuran statistik perubahan gerak harga dari kumpulan saham, yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu.

Nah, untuk investor pemula yang bingung dengan pembelian saham pertama bisa memilih saham yang ada di indeks saham BEI yang tergabung di indeks LQ45 atau IDX30. Jangan khawatir, saham-saham di indeks tersebut kebanyakan memiliki likuiditas yang sangat tinggi. Selain itu perusahaan-perusahaan yang terdaftar juga merupakan perusahaan dengan latar belakang dan fundamental yang dinilai baik.

5. Selalu Beli Saat Harga Sedang Turun

Kebanyakan investor pemula salah paham bahwa saat harga saham sedang turun, maka saat itulah yang harus dihindari untuk membeli saham. Sebenarnya pemahaman seperti itu tidak sepenuhnya tepat. Pasalnya, ada banyak kasus ketika membeli saat harga saham turun dan kemudian harganya kembali naik menjadi normal atau tinggi.

Meski begitu, jangan serta merta mengaplikasikan metode ini ke setiap harga saham yang sedang turun. Ada beberapa aspek lainnya yang harus kamu pertimbangkan. Jadi hati-hati dan selalu bijak yah.

Itulah beberapa tips main saham yang aman dan menguntungkan bagi investor pemula. Nah, selamat mencoba!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Tambah Marak, Ini Cara Laporkan Fintech Pinjaman Online Ilegal

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing menyatakan menghentikan 3.056 fintech pinjaman online ilegal. Hingga kini tercatat...