Dear Investor, Ini Waktu yang Tepat Untuk Investasi Reksadana

|

|

|

Saat ini semakin banyak orang yang memahami pentingnya berinvestasi. Apalagi, di masa pandemi seperti ini membuat banyak orang yang mencari alternatif pendapatan di luar gaji. Di era sekarang, sudah banyak produk investasi yang bisa dipilih masyarakat. Namun, reksadana menjadi produk investasi yang termasuk ideal buat investor pemula.

Reksadana memang cocok dipilih untuk kamu yang tidak mau ribet mengurus investasi. Reksadana adalah proses investasi berdasarkan kebijakan investasi yang sudah disetujui oleh investor.

Adapun, prospektus reksadana akan dikelola oleh manajer investasi yang sudah ahli dalam mengelola dana investasi kamu. Jadi, kamu tidak usah khawatir dalam menginvestasikan uang ke reksadana walaupun belum memiliki pengalaman dalam berinvestasi.

Sebagai informasi, reksadana memiliki 4 jenis investasi dengan cara kerja, level risiko, periode waktu dan imbal hasil yang berbeda-beda, yaitu:

1. Reksadana Pendapatan Tetap    

Dalam reksadana jenis ini, mayoritas dana yang kamu investasikan akan dialokasikan ke obligasi milik pemerintah dan swasta juga pasar uang. Reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang paling stabil dibandingkan jenis reksa dana lainnya juga dananya bisa ditarik kapan saja.

2. Reksadana Pasar Uang

Ini adalah jenis reksadana dimana sebagian besar uang yang kamu investasikan akan dialokasikan ke dalam deposito atau surat berharga. Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana dengan risiko paling rendah dibandingkan dengan jenis lainnya.

3. Reksadana Saham

Jenis investasi reksadana yang memiliki imbal hasil tinggi, namun dengan risiko yang tinggi pula. Bagi kamu yang punya ketertarikan dengan dunia saham tapi masih ragu atau takut untuk berinvestasi saham secara langsung, kamu bisa menjajal untuk membeli reksadana saham dulu.

4. Reksadana Campuran  

Jenis reksa dana dimana dana investasi kamu akan dialokasikan ke berbagai instrumen investasi mulai dari saham, obligasi sampai ke pasar uang. Reksa dana ini adalah jenis reksa dana dengan imbal hasil paling tinggi dibandingkan dengan reksadana lainnya.

Well, sekarang pertanyaannya, kapan waktu yang tepat untuk membeli reksadana?

Sebenarnya, tidak perlu menjadi ahli finansial untuk menentukan waktu ini. Kamu cukup tahu kapan mendapatkan uang dan kapan harus menggunakannya. Selain itu ada juga anggapan “kalau mau beli Reksa Dana tunggu aja sampai harganya turun dulu, biar dapet yang murah.”

Investasi Online: Reksadana vs P2P Lending

Anggapan ini cukup benar sebenarnya. Hanya saja, masalahnya kamu tidak akan tahu kapan harga itu bakal turun, karena pergerakan reksadana sangat dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang bisa berubah tanpa ditebak.

Supaya lebih mudah, kamu bisa membeli secara rutin setiap periode (misalnya tiap bulan) dengan jumlah yang sudah dialokasikan dari penghasilan kamu. Untuk menentukan alokasi dananya, kamu harus punya tujuan investasi, berapa jumlah nominal yang ingin dicapai, dan dalam waktu berapa lama. Selamat mencoba ya!

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Moms, Ini Lho Perkiraan Biaya Imunisasi Si Kecil

Buat bayi, imunisasi adalah hal yang sangat penting didapat mengingat daya tahan tubuhnya masih sangatlah lemah. Sebagai informasi, imunisasi merupakan cara meningkatkan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...