Dari Hobi Jadi Sumber Rezeki Menuju Tanah Suci

0
93

Merawat tanaman menjadi salah satu hobi yang banyak dilakukan di masa pandemi. Tak jarang hobi ini berujung menjadi sumber rezeki, seperti Ibu Elpi Yanis, mitra usaha Amartha asal Riau.

Berawal Dari Hobi

Berkebun di pekarangan rumah adalah salah satu kegiatan yang Bu Elpi gemari. Setiap hari, ia merawat tanamannya dan memastikan tidak ada ulat yang menggerogoti.

Namun seiring berjalannya waktu, Bu Elpi merasa jenuh dengan aktivitas hariannya. “Rasanya kurang kalau ngerawat (tanaman) aja,” ujarnya saat ditemui di kediamannya.

Bu Elpi kemudian memutuskan untuk merintis usaha tanaman hias. Bermodalkan uang tabungan, Bu Elpi menjajakan tanaman hias dengan seadanya di depan rumah. Ia bercerita tanpa pamflet nama toko dan rak tanaman.

Pinjaman untuk Wujudkan Mimpi Baru

Suatu hari, Bu Elpi mendengar mengenai Amartha dari para temannya. Amartha merupakan perusahaan investasi yang menghubungkan pendana atau investor kepada peminjam khususnya perempuan pengusaha mikro di pedesaan melalui suatu platform secara online. Amartha sendiri baru hadir sekitar satu tahun sehingga masih baru di Provinsi Riau.

“Awalnya tahu dari teman, katanya persyaratannya mudah dan pinjaman awal lumayan besar. Saya jadi pengen ikutan.” jelasnya.

Setelah melalui seleksi berkas oleh tim lapangan, Bu Elpi mendapat pendanaan awal sebesar Rp 5 juta rupiah. Modal tersebut digunakan Bu Elpi untuk memperbaiki tempat usaha, mencetak pamflet, dan menambah koleksi bunga.

“Sekarang omzet per bulan Rp 3 juta – Rp 4 juta. Dan ini sudah angsuran minggu ke-35, Alhamdulillah belum pernah tersendat.”

Melalui keuntungan dari saha barunya ini, Bu Elpi manfaatkan untuk membuka warung dan menyimpannya untuk tabungan umroh. “Bismillah, semoga terwujud.” doanya.

https://www.instagram.com/p/CK6Hb00hrZF/?utm_source=ig_web_copy_link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here