Dampak Resesi Indonesia 2023, Apakah Perlu Khawatir?

0
16407
Ilustrasi dampak resesi Indonesia 2023. sumber: www.pexels.com
Ilustrasi dampak resesi Indonesia 2023. sumber: www.pexels.com

Belakangan ini banyak beredar berita tentang resesi Indonesia pada 2023. Namun, banyak yang belum mengetahui apa itu resesi seiring isu ini semakin menguat. Sebenarnya, resesi merupakan hal yang normal dalam perekonomian makro, namun dampaknya sangat amat terasa bagi masyarakat.

Resesi adalah sebuah istilah yang menggambarkan keadaan ekonomi makro suatu negara, yang mana dinamika ekonomi ini berjalan terlalu cepat dan lambat. Hal ini tentu akan membawa risiko buruk bagi perekonomian negara maupun dunia.

Dampak terjadinya resesi begitu besar bagi aspek mikro maupun makro. Banyak sekali aspek yang dipengaruhi jika resesi tinggi terjadi di dunia. Untuk penjelasan lebih panjangnya dapat disimak artikel di bawah ini.

4 Dampak Resesi Indonesia yang Perlu Diwaspadai

Dampak resesi di tahun 2023 menjadi momok yang menakutkan untuk beberapa pihak. Maka dari itu, kamu wajib untuk mengetahui informasi ini agar dapat melakukan hal yang dapat meminimalisasi dampak resesi itu sendiri. Inilah 4 dampak resesi di Indonesia yang perlu diketahui:

1. Dampak Pada Aspek Pemerintah

Resesi akan membawa dampak yang signifikan terhadap suatu pemerintahan negara. Karena resesi dapat berpotensi untuk meningkatkan angka pengangguran, maka pemerintah akan mendapatkan PR (pekerjaan rumah) yang sangat banyak.

Mulai dari pengangguran, daya beli masyarakat rendah, PDB menurun, impor lebih besar daripada ekspor dan banyak lainnya. Hal ini yang perlu diwaspadai oleh pemerintah Indonesia yang mana diperlukan adanya aksi yang bersifat makro.

2. Dampak Pada Aspek Pekerja

Tidak hanya pemerintah saja, diketahui bahwa resesi menjadi mimpi buruk bagi para pekerja atau buruh. Saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa tanda-tanda sebuah negara resesi adalah banyaknya PHK besar-besaran dari berbagai perusahaan.

Dampak resesi ekonomi di Indonesia pada aspek pekerja akan semakin melebarkan kesenjangan ekonomi dan menjadi ancaman tingkat kriminalitas yang tinggi pula. Maka dari itu, lagi-lagi hal ini wajib untuk ditangani bersama-sama dari berbagai komponen suatu negara.

Baca Juga: Ancaman Resesi 2023, Ini 5 Langkah Persiapannya!

3. Dampak Pada Aspek Perusahaan

Dampak resesi 2023 di Indonesia pada level perusahaan adalah akan terjadi jatuh bangkrut suatu perusahaan. Hal ini dipengaruhi oleh daya beli atau konsumsi masyarakat yang menurun dan nantinya menyebabkan cash flow pada suatu perusahaan terhambat.

Untuk dampak keberlanjutannya, akan berimbas pada karyawan atau buruh. Perusahaan akan memangkas biaya operasional karena tidak adanya daya beli masyarakat dengan cara lay off atau PHK. Sehingga dapat kamu ketahui bahwa hal-hal ini sangat amat berkaitan satu sama lain.

4. Dampak Pada Aspek Sosial

Dampak terakhir resesi Indonesia adalah pada aspek sosial, yang mana ketika resesi muncul akan mempengaruhi sosial masyarakat. Hal ini dapat terindikasi banyaknya penduduk miskin, kriminalitas, anak putus sekolah dan penurunan kualitas pendidikan.

Pada aspek sosial, resesi memiliki pengaruh yang signifikan yang mana nanti terdapat kaitannya dengan aspek-aspek lainnya. Resesi mengancam adanya clash pada masyarakat, yang nanti jika dibiarkan akan berakibat fatal.

Itulah penjabaran mengenai dampak resesi Indonesia yang mana sebenarnya kamu tidak perlu khawatir. Bagaimana cara untuk mencegah resesi semakin tinggi? Salah satunya adalah dengan menabung dan berinvestasi.

Untuk mengatasi gelombang resesi ekonomi, kamu juga bisa mulai mempersiapkan dana darurat seperti di nomor satu. Salah satunya dengan melakukan investasi mulai 100 ribu aja melalui microfinance marketplace di Amartha. Di sini, kamu bahkan bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, lho!

Download aplikasi Amartha di Android

Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here