Daftar Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat, Yuk Coba!

0
11514
Ilustrasi makanan penurun kolesterol. sumber: www.istockphoto.com
Ilustrasi makanan penurun kolesterol. sumber: www.istockphoto.com

Ada beberapa minuman serta makanan penurun kolesterol dan asam urat yang dapat dikonsumsi. Kolesterol serta asam urat yang tinggi dapat memicu berbagai penyakit kronis mulai dari stroke hingga jantung. 

Penyebab munculnya sejumlah penyakit tersebut disebabkan karena konsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak trans di sejumlah menu. 

Makanan Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Agar kenaikan kolesterol dan asam urat dapat dihindari, berikut sejumlah makanan dan minuman yang dapat menurunkan asam urat, antara lain:

1. Jeruk Nipis

Salah satu buah yang dapat menjadi penurun kolesterol tinggi adalah jeruk nipis. Kandungan vitamin C serta sitrat yang berada di dalam jeruk nipis memiliki peran untuk menurunkan kolesterol serta meningkatkan kesehatan jantung. Bukan hanya itu, vitamin C juga memiliki peran untuk melarutkan asam urat di dalam urine. 

2. Nanas

Untuk cegah asam urat, kamu juga bisa mengonsumsi nanas. Nanas menjadi salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi untuk penderita asam urat. 

Hal ini disebabkan karena nanas memiliki kandungan enzim bromelin yang memiliki peran sebagai antiradang. Selain itu, mengonsumsi nanas juga dapat meredakan peradangan sendi. 

Tidak hanya menurunkan asam urat, kandungan vitamin C serta polifenol juga sangat efektif untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. 

3. Ikan Salmon

Perlu diketahui, salah satu makanan penderita asam urat yang direkomendasikan adalah ikan salmon. Ikan salmon baik dikonsumsi karena memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi sehingga bisa membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

Ikan salmon juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi setelah mengonsumsi jeroan atau makanan lain. 

4. Minyak Zaitun

Pilihan makanan penurun kolesterol dan asam urat yang lainnya adalah minyak zaitun. Minyak zaitun adalah bahan minyak yang memiliki kandungan antioksidan serta mempunyai sifat antiinflamasi. 

Bukan hanya itu, minyak zaitun mempunyai kandungan asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Minyak zaitun juga sangat efektif untuk menurunkan kolesterol. 

Baca Juga: Tips Diet Yang Aman Dan Sehat Turunkan Berat Badan

5. Alpukat

Salah satu buah yang sangat populer menurunkan kolesterol serta asam urat adalah buah alpukat. Alpukat bukan hanya kaya akan kandungan nutrisi, tetapi juga kaya dengan kandungan lemak tak jenuh serta serat. 

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan American Heart Association. Mengonsumsi 1 buah alpukat setiap hari bisa menurunkan kadar LDL atau Low-density Lipoprotein. Ini menjadi istilah yang dikenal sebagai kolesterol jahat dalam tubuh. 

Tetapi, perlu dijadikan sebagai catatan, rekomendasi buah alpukat yang dikonsumsi adalah alpukat yang tidak memiliki kandungan gula. 

6. Okra

Apakah kamu pernah mendengar okra? Okra merupakan sayuran yang bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol serta asam urat yang cukup jarang diketahui. Sayuran yang memiliki lendir ini juga sangat baik untuk penderita diabetes. 

Okra memiliki kandungan serat tinggi serta mudah larut sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh. Kamu bisa mengolah sayuran ini dengan menumisnya dengan bawang putih, atau menjadikannya sebagai infused water. 

7. Bawang Putih

Selain menjadi bumbu dapur, bawang putih juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat serta tekanan darah. Jika tekanan darah stabil, risiko terkena serangan jantung secara mendadak dapat berkurang. Selain mengetahui sejumlah makanan penurun kolesterol dan asam urat, kamu juga harus membekali diri dengan investasi di masa tua agar hidup tetap nyaman.

Salah satunya dengan cara mendukung UMKM Indonesia untuk memberikan akses permodalan dengan menjadi lender di Microfinance Marketplace Amartha. Di sini, kamu juga bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% flat per tahun, mulai dengan Rp100.000 aja, loh.

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here