Daftar Jenis Fintech Populer yang Ada di Indonesia

0
42
sumber ilustrasi: www.pexels.com
sumber ilustrasi: www.pexels.com

Di era digitalisasi saat ini semakin banyak fintech (financial technology) yang berkembang sangat pesat. Financial technology adalah satu dari sekian banyak inovasi dari layanan jasa keuangan berbasis teknologi. 

Saat ini ada beberapa jenis fintech yang berkembang di Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan tersebut.

4 Jenis Fintech Populer yang Ada di Indonesia

Banyak sekali jenis financial technology yang telah beredar di Indonesia. Namun, tidak ada informasi lengkap dan detail mengenai beragam jenis layanan jasa keuangan ini. Maka dari itu, masih banyak orang yang bingung untuk membedakannya. 

Supaya kamu mendapatkan informasi akurat mengenai jenis-jenis fintech, kamu bisa menyimak penjelasannya dari beberapa fintech di bawah ini:

Crowdfunding

Jenis fintech di Indonesia yang perlu kamu ketahui ada crowdfunding. Fintech satu ini merupakan sebuah platform yang menggalang dana melalui dunia maya untuk membiayai proyek tertentu. 

Dana yang didapatkan dari platform ini berasal dari beberapa orang yang berpartisipasi dalam proyek tersebut dan ingin memberikan andil agar proyek tersebut bisa berjalan. 

Banyak orang yang mulai mengenali layanan crowdfunding dan menjadikannya cara untuk menggalang dana dari seluruh masyarakat Indonesia.

Digital Payment System

Jenis fintech selanjutnya ada digital payment system. Fintech ini merupakan layanan pembayaran digital atau online. Ada beragam contoh perusahaan fintech jenis ini. Misalnya saja penyedia layanan pembayaran tagihan listrik, wifi, air, kartu kredit dan lain sebagainya secara online. 

Bahkan mungkin kamu sudah familiar dengan digital payment system. Karena layanan ini makin marak digunakan oleh beberapa merchant atau e-commerce di Indonesia, contohnya ada ShopeePay, OVO, GoPay, Dana, dan LinkAja. 

Pengguna layanan ini akan mendapatkan banyak keuntungan, karena cara pembayarannya yang lebih praktis dan juga biaya admin yang lebih terjangkau bahkan terkadang gratis.

Baca Juga: Regulasi Fintech di Indonesia, Pentingnya Lindungi Konsumen

Microfinance Marketplace

Produk fintech selanjutnya adalah microfinance marketplace. Teknologi keuangan semacam ini menjadi layanan keuangan yang mempertemukan penyedia dana dengan penyedia dana lainnya. Ini berarti investor terhubung langsung dengan pebisnis yang tepat.

Microfinance marketplace yang telah dikenal dan dipercaya oleh masyarakat tanah air kini semakin banyak dan mulai berkembang. Salah satu contohnya adalah Amartha, dan masih banyak lagi. 

Dengan inovasi teknologi dari microfinance marketplace, banyak pengusaha mikro yang bisa lebih mudah mendapatkan investor untuk mengembangkan usahanya. Sehingga, bisa dikatakan bahwa microfinance marketplace secara tidak langsung sudah mendukung pengembangan UKM.

Pinjaman Online

Pinjol atau pinjaman online menjadi jenis financial technology yang bisa ditemukan dimanapun. Masyarakat mulai memanfaatkan fasilitas pinjaman online ini untuk memenuhi segala kebutuhan baik yang mendesak maupun kebutuhan hidup sehari-hari. 

Bahkan ada yang menggunakannya untuk mengembangkan usaha, membayar biaya pendidikan, dan lain sebagainya.  

Sebab lain yang menjadikan pinjol digemari karena menawarkan kemudahan kepada borrower atau peminjam. Disarankan jika kamu hendak memanfaatkan fintech ini tetap harus berhati-hati. 

Bukan hanya bunga yang tinggi dari pinjaman bank, kamu harus memenuhi berbagai macam syarat agar pinjaman bisa didapatkan dengan aman dan nantinya kamu tidak kesulitan saat harus membayarnya kembali.

Keempat jenis fintech menurut OJK ini, juga sudah memenuhi syarat dan terdaftar, sehingga aman untuk digunakan dan dimanfaatkan. Terutama jika kamu hendak berinvestasi, maka pastikan perusahaan investasi yang aman seperti microfinance marketplace Amartha yang telah memiliki izin OJK dan membantu banyak pengusaha kecil untuk membangun bisnis para perempuan tangguh.

Nah, ini saatnya untuk kamu turut andil untuk men-support bisnis pengusaha mikro! Tak perlu bingung, cukup download aplikasi Amartha dan dapatkan imbal hasil mencapai 15% flat per tahun. Yuk danai di Amartha sekarang!

Download aplikasi Amartha di Android
Download aplikasi Amartha di iOS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here