A Team Story : Memenangkan Pelanggan, dengan Pelayanan Sepenuh Hati.

0
664
dede cover
Dede Kurnia, Investor Relation Amartha berbagi cerita tentang 5 hal paling penting dalam memenangkan hati audience.

Perkenalkan, salah satu anggota keluarga Amartha yang selalu riang, Dede Kurnia (27 tahun). Dede  telah bergabung di Amartha sejak 2016 yang lalu.

Dede yang sehari-hari bertugas sebagai Investor Relation Amartha adalah sosok di belakang pelayanan chat, phone call, maupun email Amartha. Dede selalu sigap untuk mengakomodir kebutuhan, keinginan, dan harapan para investor, agar pelayanan Amartha selalu sesuai dengan ekspektasi Investor.

Setiap harinya, Dede dan team-nya berkomunikasi dengan investor Amartha lewat berbagai media, mulai dari Whatapp, Telepon, SMS, Email, Live Chat, maupun akun Sosial Media Facebook, Twitter, maupun Instagram. Terlepas dari banyaknya channel yang ada, Dede selalu melayani pertanyaan maupun masukkan dari para investor dengan senang hati.

Saya senang bisa berkomunikasi dengan para investor, membantu mereka dalam menemukan jawaban dan mencari titik terang dari pertanyaan-pertanyaan dan kebingungan mereka, sehingga investor bisa merasa nyaman dalam berinvestasi di Amartha.”, ungkap Dede penuh keceriaan.

Pada dasarnya, investor yang menghubungi Amartha membawa 3 hal, yang pertama adalah pertanyaan, kedua adalah masalah, dan ketiga adalah saran.

Pertanyaan, masalah, juga saran yang sering ditanyakan oleh investor sangatlah bervariasi, mulai dari hal-hal sederhana hingga rumit. Dede paham betul, bahwa Amartha menjujung value If our clients win, we win”, jadi concern apapun yang dibawa oleh investor dalam komunikasi harus diakomodir dengan sebaik-baiknya, karena kebaikan yang kita usahakan akan membawa kebaikan untuk diri sendiri juga.

Bagi Amartha, Investor bukanlah asset, tapi partner. Karena berkat investor-lah Amartha sebagai peer-to-peer lending platform, mampu menyalurkan pembiayaan kepada lebih dari 60.000 mitra di pedesaan., ujar Dede.

Saat ini, hampir 10000 investor telah terdaftar untuk melakukan pembiayaan kepada mitra Amartha di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dengan teknologi, investor lebih mudah menjangkau daerah pelosok, namun faktor manusia masih penting untuk memberikan pelayanan maksimum yang berkesan.

Dede selalu menerapkan 5 hal dalam setiap interaksinya dengan Investor, yaitu Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance, and Empathy.

“Saya percaya, kita harus tulus memberikan pelayanan terbaik dan maksimal kepada investor, terutama dengan karakter smart investment yang dimiliki Amartha, adalah penting untuk memberikan brand experience kepada mereka melalui 5 hal ini. Sehingga tidak hanya terbantu, Investor mampu merasakan value Amartha secara nyata”, jelas Dede dengan semangat.dedek

Dede kemudian menjelaskan lebih lanjut mengenai Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy.

Pertama adalah Tangibility, hal ini beruhubungan dengan layanan yang diberikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan eksternal. Misalnya di Amartha, Dede selalu berusaha memberikan pelayanan secara real time kepada investor, meningkatkan empati, dan meningkatkan kualitas serta ketepatan pelayanan, dengan demikian kepuasan pelayanan pun meningkat.

Kedua ialah Reliability, menurut Dede, perlu waktu untuk mampu dipercaya oleh Investor. Tapi dengan layanan 100% dari waktu ke waktu, misalnya dengan konsisten melayani dan menjelaskan dengan jujur, semakin banyak Investor merasa nyaman beraktifitas di Amartha.

Ketiga adalah Responsiveness, yaitu kesigapan dalam merespon segala bentuk pertanyaan yang diajukan oleh investor. Dede sendiri selalu mengedepankan kecepatan dalam memberikan segala bentuk informasi kepada para investor yang menghubungi Amartha.

Ia ingin, setiap investor dapat mengetahui dengan segera tentang informasi yang dibutuhkan. Serta dengan   memposisikan investor sebagai partner, Dede merasa bahwa Investor pelu mengetauhi segala perkembangan Amartha secara real time, sama seperti karakter layanan investasi yang diberikan.

Keempat adalah Assurance. Investor relations harus menajamin pelayanan 100% dan berusaha sebaik-baiknya untuk memenuhi ekspektasi investor. Inilah sebabnya Dede selalu mengakomodir baik pertanyaan, permasalahan, maupun saran yang masuk melalui channel komunikasi Amartha.

Terakhir adalah Empathy, yang berarti selalu memahami kebutuhan dari investor, mau mendengarkan dan memberikan perhatian yang seksama kepada kebutuhan setiap investor yang menghubungi Amartha. Menurut Dede, Empathy adalah satu hal yang paling penting dari 4 hal lainnya. Karena dengan Empathy, Amartha mampu menekankan nilai humanis dalam teknologi yang digunakan.

Dede sadar, Investor adalah partner Amartha dalam mewujudkan ekonomi inklusif di Indonesia. Membantu Investor untuk merasa nyaman berinvestasi di Amartha, berarti semakin banyak masyarakat prasejahtera, yang mampu hidup lebih baik. Dengan menjalani profesi dengan sebaik-baiknya, Dede telah ikut serta mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Itu cara Dede berkontribusi untuk bangsa ini. Anda pun bisa! Ayo ikut serta dalam gerakan Amartha, bersama kita dorong lebih banyak pelaku UMKM dan meningkatkan perekonomian kita semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here