Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Amartha saat ini memiliki begitu banyak mitra #PerempuanTangguh, tapi diantara mereka ada 10 #PerempuanTangguh yang begitu gigih, tekun, bersemangat dan terus berkomitmen dalam memanfaatkan dana amanah dari pendana urban melalui Amartha. Inilah 10 kisah mereka:

Ibu Ade Sholihah, Sukses Kuliahkan Anak lewat Usaha Bubur Ayam dari Tanjung Siang

Mimpi Ibu Ade Sutiah untuk menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi terwujud dengan berusaha bubur ayam dan bakso di Tanjung Siang. Usaha itu dipilih karena dirinya harus tetap menjaga buah hatinya di rumah. “Suami saya bekerja diluar rumah. Satu-satunya usaha yang bisa saya lakukan sebagai ibu rumah tangga yakni makanan. Alhamdulillah, usaha saya ini bisa mewujudkan anak-anak untuk kuliah,” kata Ade.

Ada kebanggaan tersendiri baginya saat anak-anaknya dapat lulus kuliah. Apalagi, anak pertamanya kini sudah bekerja di kota. “Adalah impian orang tua bisa menyekolahkan anak-anaknya dengan baik. Apalagi, bisa membiayai kuliah mereka,” terangnya. Kini, dia telah mendapatkan pinjaman Rp 7 juta dari Amartha untuk bangun usaha minuman jus.

Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Ibu Ade Sutiah

Ibu Agus Tiningsih, Pengusaha Warung yang Tak Kenal Kata Menyerah dari Sukorejo

Ibu Agus Tiningsih merupakan salah satu perempuan tangguh yang tak kenal kata menyerah untuk meningkatkan taraf kehidupan keluarganya. Dengan berusaha warung sembako, dia turut membantu ekonomi keluarga bersama sang suami. Keinginannya adalah menjadi perempuan mandiri yang tidak tergantung dengan sang suami secara ekonomi.

Dia menjual pelbagai kebutuhan masyarakat seperti gas elpiji, mie instan, telor serta makanan ringan lainnya. Saat ini, dia telah meminjam Rp 5 juta di Amartha. Selama 1,5 tahun bersama Amartha, dia merasa terbantu dengan modal tersebut. Tak hanya itu, dia juga mendapatkan bimbingan bisnis dari petugas Amartha di lapangan.

Cerita 10 Perempuan Tangguh

Ibu Agus Tiningsih

Ibu Apsiah, Pengusaha Ikan Cupang yang Ingin Mandiri dari Ciseeng

Setelah bertahun-tahun bekerja di toko cupang di Jakarta, Ibu Apsiah bersama sang suami membangun bisnis ikan cupang sendiri di rumah orang tuanya. Kala itu, mereka kerjakan bisnis ini dengan modal sendiri lantaran takut meminjam dengan rentenir. Kini, usahanya telah maju pesat berkat modal dari Amartha. Dia telah memiliki motor, mobil dan rumah sendiri. Bisnis yang dibangunnya sejak 2011 ini mulai berkembang pesat. Bahkan, mereka ingin mempunyai toko di jalan raya. “Saat ini saya sudah punya toko di Blok M dan Jatinegara. Rencana ingin punya toko di jalan raya,” katanya.

Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Ibu Apsiah

Ibu Lilis, Perempuan Tangguh Pengusaha Golok dari Ciseeng

Bisnis golok yang dijalankan oleh Ibu Lilis tak semuanya berjalan mulus. Dia pernah ditipu dan mempunyai banyak hutang. Namun. Perempuan tangguh ini tidak pernah menyerah untuk terus berusaha.

“Penghasilan kotor dari penjualan parang itu bisa mencapai Rp 3 sampai 5 juta per hari kalau banyak permintaan. Dari keuntungan yang cukup besar itu, Lilis mampu menjaga dapur rumah tetap mengepul di samping melunasi utang ke bank dan utang usaha dari Amartha,”  kata Ibu Lilis.

Dia bersama sang suami merasa terbantu dengan pinjaman modal dari Amartha. Apalagi, pelayanan yang ramah serta cicilan yang ringan membuat dirinya tak lagi khawatir menjalani bisnis tersebut.

Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Ibu Lilis

Ibu Marnah, Jagoan Masak dari Kemang

Memiliki anak yang berprestasi dan patuh pada orang tua adalah impian setiap ibu. Begitu pula Marnah, anak pertamanya yang kini duduk di bangku sekolah menengah atas, berhasil sekolah di salah satu SMA favorit di Bogor berkat ketekunan dan kerja keras kedua orang tuanya.

Sejak tahun 2012 Marnah bergabung bersama fintech terpercaya Amartha. Setelah lima tahun bergabung, ia telah mendapatkan suntikan modal sebesar Rp 7 Juta. Uang tersebut kemudian ia putar untuk mengembangkan usaha rempeyek dan katering miliknya. Berkat ketekunan dan kerja keras Marnah, ia mampu menjalankan kedua usahanya tersebut dengan sukses.

CErita 10 Perempuan Tangguh

Ibu Marnah

Ibu Nia Sutiah, Pemilik Warung yang Penuh Semangat dari Pegaden

Pekerjaan sang suami sebagai petani tak cukup untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Ibu Nia Sutiah melakukan terobosan dengan menjadi pengusaha warung makan di daerahnya. Untuk memulai usaha ini, dia memerlukan pinjaman modal dari Bank.

Sayangnya, pinjaman itu ditolak karena tidak mempunyai sejarah kredit. Apalagi, lokasi Bank yang sangat jauh dari desanya. Sejak Amartha ada di desanya, dia mendaftarkan diri sebagai peminjam di Amartha. Kini, bisnisnya sukses dan mampu menghidupi keluarganya. “Saya bisa sekolahkan anak-anak ini karena usaha warung makan ini,” kata Ibu Nia seraya tersenyum.

Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Ibu Nia Sutiah

Ibu Nurjanah, Kepala Keluarga yang Ingin Punya Konter Hape dari Kemang

Pekerjaan sang suami sebagai pekerja serabutan tak cukup untuk menghidupi keluarganya. Karena itu, Ibu Nurjanah memilih untuk menjadi pengusaha warung jajanan di kantin sekolah dasar di Bogor. Namun, usaha itu berhenti tiga tahun lalu. Dia memilih untuk berjualan di rumah. Berkat pinjamann dari Amartha, usahanya berjalan lancar. Bahkan, dia ingin membuka konter handphone.  Kini ia memasuki pinjaman yang kelima dengan besar pinjaman 9 juta dan cicilan per minggu sebesar 225 ribu rupiah. Selama meminjam, Ibu Nurjanah tidak pernah telat membayar. Bahkan, dia menjadi panutan bagi para pelaku usaha di daerah tersebut.

Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Ibu Nurjanah

Ibu Ririn, Ibu Manis Pengusaha Gula Kelapa dari Sukorejo

Tak ingin hidup hanya sebagai pemanjat kelapa. Sang suami beralih menjadi pelaku usaha gula kelapa. Berkat bantuan sang istri Ibu Ririn, mereka mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari Amartha. Awalnya, mereka meminjam sebesar Rp 3 juta. Kini, mereka telah meminjam Rp 5 juta. Usahanya pun berkembang pesat. Dia berencana untuk menambah pasokan gula kelapa serta menyekolahkan anak hingga perguruan tinggi. Ibu Ririn terus melakukan inovasi dalam berusaha agar tetap bertahan hidup.

Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Ibu Ririn

Ibu Sri Suwarni, Pengusaha Tempat Makan yang Tekun Bekerja dari Jatinom

Ibu Sri merupakan salah satu perempuan tangguh Amartha yang mempunyai tekad besar untuk menyekolahkan anak-anaknya. Usaha yang telah dibangun delapan tahun ini telah membuahkan hasil. Dia telah meningkatkan taraf kehidupan keluarganya serta berniat membuka cabang warung makan di daerah Klaten, Jawa Tengah. Ibu Sri yang bergabung dengan majelis Ciremai ini mempunyai semangat untuk terus maju .Semangat itulah yang menular kepada ibu-ibu lainya di daerah tersebut.

Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Ibu Sri

Ibu Suyanti, Perempuan Kepala Rumah Tangga dari Tanjung Siang

Dua tahun lalu, sang suami telah meninggal dunia. Ibu Suyanti atau yang akrab disapa Ibu Yati ini harus berjuang menjadi kepala rumah tangga. Beruntung, dia mempunyai usaha warung sembako yang digelutinya sejak enam tahun lalu. Namun, usaha ini dilakukan dengan modal sendiri. Dia pun tidak bisa mengembangkan usahanya.

Tepat dua tahun lalu, Ibu Suyanti bertemu dengan petugas Amartha di desanya. Dia mulai mencoba pinjaman modal pertama sebesar Rp 3 juta. Usahanya pun berkembang, dia mampu menambah beberapa jajanan anak serta makanan instan lainnya. Perempuan tangguh yang memiliki anak semata wayang ini telah mendapatkan pendanaan sebesar Rp 5 juta. Dia menjadi perempuan yang berhasil membangun usaha dengan mandiri.

Cerita 10 Perempuan Tangguh Amartha

Ibu Suyanti

Begitu banyak #perempuantangguh di Amartha. Namun, kami memilih 10 #perempuantangguh ini sesuai dengan kriteria di Amartha. Mereka adalah perempuan-perempuan hebat yang ingin memajukan ekonomi di desa. Berusaha mandiri serta membantu keluarga dan masyarakat sekitar.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/cerita-10-perempuan-tangguh-amartha">
LINKEDIN
%d bloggers like this: