Home Amartha Amartha 10 Tahun CEO Letter: Amartha 10 Tahun 💜

CEO Letter: Amartha 10 Tahun 💜

|

|

|

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,

Terima kasih atas dukungan dan kepercayaan Anda.

Pada 26 April 2010, Amartha berdiri dengan misi yang sederhana untuk membantu ibu-ibu pelaku usaha mikro di desa Ciseeng, Bogor, Jawa Barat, memulai dan mengembangkan usaha.

Di tahun 2020, misi sederhana Amartha telah tumbuh menjadi mimpi besar, memulai langkah lebih memberdayakan perempuan tangguh di seluruh pedesaan Indonesia. Memulai sebuah perjalanan mewujudkan mimpi besar untuk Indonesia kita: Kesejahteraan Merata bagi Indonesia.

Dalam 10 tahun perjalanan itu, kami telah berperan mendorong pertumbuhan ekonomi secara inklusif untuk pedesaan di Indonesia melalui pencapaian-pencapaian sebagai berikut.

Peningkatan Ekonomi Ibu-Ibu Microentrepreneur di Pedesaan
Diawali dari langkah yang kecil, hingga saat ini Amartha telah menyalurkan lebih dari Rp 2.4 Triliun modal usaha kepada lebih dari 500 ribu ibu-ibu microentrepreneur di lebih dari 12,300 desa di pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Keuntungan Finansial Pendana
Mendanai bisnis mikro dan kecil terbukti menciptakan Return on Impact Investment yang signifikan. Transformasi kami dari microfinance menjadi perusahaan fintech p2p lending 4 tahun yang lalu, telah berhasil menghubungkan Anda untuk berperan langsung meningkatkan ekonomi pedesaan dan sektor riil. Di tahun 2019, tim kami berhasil menjaga performa pembayaran lancar (TKB90) di 99.38% dengan performa return aktual yang kompetitif di 13.18% p.a. flat atau 23.7% p.a. efektif.

Dampak Sosial Lainnya
Pendanaan Anda bersama Amartha selama 10 tahun ini telah mengubah banyak kehidupan Mitra serta keluarganya. Dalam Social Accountability Report 2019 Amartha yang bekerjasama dengan CfDS UGM dan UNCDF, kami menemukan bahwa 96.6% dari ibu-ibu Mitra Amartha berhasil meningkatkan pendapatannya. Lebih baik lagi, 94.4% dari ibu-ibu Mitra tersebut kini memiliki akses pasar yang lebih besar sehingga lebih optimis dalam menatap masa depan.

Saat ini kita bersama dihadapkan dengan pandemi COVID-19, tantangan yang tidak mudah.

Amartha tumbuh bersama desa, dan sudah menjadi tanggung jawab kami untuk ambil bagian dalam mencegah penularan dan penyebaran COVID-19 di wilayah pedesaan. Kami baru saja mendistribusikan paket sembako keluarga untuk mitra-mitra yang kembali jatuh miskin karena kehilangan penghasilan. Tim Amartha di setiap desa pun ikut serta mengedukasi publik mengenai lingkungan sehat hingga penyemprotan disinfektan.

Melalui program #DesaLawanCorona, kami juga bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyalurkan donasi dalam bentuk Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga kesehatan Puskesmas Desa. Kunjungi:
https://blog.amartha.com/category/amartha/desa-lawan-corona/ untuk membaca lebih lanjut mengenai laporan penyaluran donasi dan bagaimana Anda dapat berpartisipasi dalam program ini.

Beberapa tahun terakhir kami tumbuh secara signifikan. Namun perjalanan ke depan akan lebih panjang, dan pendakian akan lebih curam. Kami akan terus berjuang melewati pandemi COVID-19 dan bangkit dengan lebih kuat lagi. Kami juga akan menghubungkan lebih banyak ibu-ibu dengan lebih dari sekedar modal. Di masa mendatang, upaya yang kami lakukan akan dapat membantu ibu-ibu menurunkan biaya pengeluaran harian, menyisihkan pemasukannya untuk kebutuhan di masa depan, memberikan perlindungan untuk keluarga, dan bahkan berinvestasi membantu keluarga dan komunitas di desa tempat mereka tumbuh.

Mari bersama membangun Ibu pertiwi dengan keberanian mengikuti kata hati. Dilakukan secara tanggung renteng, kita bersama serta berbagai mitra Amartha. Apa yang kita kerjakan adalah wujud cinta kita kepada Indonesia. Mewujudkan Kesejahteraan Merata bagi Indonesia.

Selamat ulang tahun ke-10 Amartha. Semoga Tuhan memberkati perjalanan kita.

Salam Ekonomi Inklusif,

Andi Taufan Garuda Putra
Founder and CEO Amartha

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

CEO Letter: Dukungan untuk Sektor Usaha Mikro Indonesia

Kepada Pendana Amartha yang terhormat,Semoga Anda dan keluarga dalam keadaan sehat sepenuhnya. Di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung,...