CEO Amartha Andi Taufan Ajak Jadi Sociopreneur di BCA Young Community (BYC) 2019

Founder dan CEO Amartha Andi Taufan mengajak anak muda di BCA Young Community (BYC) 2019 untuk menjadi sociopreneur. Ini karena, sociopreneur mempunyai andil yang besar dalam membangun ekonomi di Indonesia.

Taufan membangun Amartha untuk memberikan pendanaan kepada pelaku usaha mikro perempuan di desa. Sejak awal berdiri, Amartha merupakan bisnis yang dilandasi nilai- nilai sosial. 

Pada 2010, Desa Ciseeng, Bogor menjadi awal mula Amartha melayani sekitar lima peminjam. Sejak itu, Amartha mulai dikenal masyarakat desa tersebut. “Awalnya dari mulut ke mulut pada 2010 hingga 2012. Dulu enggak pernah berpikir pakai flyer. Kami juga belum ada tim makerting waktu itu. Bisanya hanya memberikan pelayanan yang bagus buat mereka,” katanya di Jakarta, belum lama ini.

Kemudian, pada 2016, Amartha dari microfinance mulai bertransformasi menjadi fintech peer to peer lending. Amartha pun menjelma menjadi teknologi keuangan. Mereka pun mulai menggunakan teknologi dalam perusahan tersebut. “Kami buat web untuk Amartha. Jadi, lenders bisa memilih lansung para peminjam,”

Taufan mengaku Amartha turut membantu mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (sdg) melalui pilar pengentasan kemiskinan, partisipasi perempuan dalam pembangunan dan mengurangi ketimpangan pendapatan di pedesaan. 

Taufan menjelaskan Amartha memiliki keyakinan bahwa teknologi keuangan dapat memajukan ekonomi di desa. Dengan hadirnya peer to peer lending di Indonesia, Amartha yang dahulu merupakan microfinance pada 2010 bertransformasi menjadi p2p lending pada 2015. Perubahan ini membawakan dampak besar bagi pertumbuhan Amartha.      

Pada 2017, Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp 225 miliar kepada lebih dari 70,977 pelaku usaha di lebih dari 500 desa di Jawa. Kini, Amartha telah menyalurkan pendanaan sebesar Rp 1,3 triliun kepada lebih dari 4000 desa di Jawa. Dalam waktu dekat Amartha akan membuka Amartha point atau cabang Amartha di luar pulau Jawa. “Sekitar akhir tahun, Amartha akan menjangkau di luar pulau Jawa,” ucapnya. 

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
GOOGLE
GOOGLE
https://blog.amartha.com/ceo-amartha-andi-taufan-ajak-jadi-sociopreneur-di-bca-young-community-byc-2019">
LINKEDIN
%d bloggers like this: