Cemas Finansial? Atasi Dengan Tips Berikut!

0
67

Pandemi Covid-19 mau tidak mau menghantam berbagai sektor ekonomi hingga saat ini. Banyak masyarakat yang kini mulai merasa cemas akan kondisi keuangan dan berpikir ulang tentang pengelolaannya.

Meski situasi ekonomi sedang memburuk, ada baiknya kita tidak terlalu merasa cemas akan kondisi finansial. Pasalnya, kecemasan berlebihan justru bisa berakibat buruk pada tubuh kamu, seperti jatuh sakit. Nah, agar untuk mengatasi cemas finansial, yuk ikuti tips berikut!

1. Cermat dengan Kondisi Keuangan Pribadi

Di tengah pandemi Covid 19 seperti sekarang ini, sudah sewajarnya jika kamu mulai mengontrol keuangan secara ketat. Pahami kondisi keuangan dengan mencatat setiap pengeluaran, baik di dalam buku ataupun Smartphone. Ada baiknya kamu membagi anggaran keuangan setiap bulan dengan ketat seperti membaginya ke dalam 3 bagian, yaitu tabungan, biaya hidup, dan biaya hiburan.

2. Atur Ulang Bujet Rumah Tangga Setiap Bulan

Untuk saat ini, pemenuhan kebutuhan utama seperti pengeluaran pokok tentunya harus menjadi prioritas. Meski begitu, sebaiknya tetap berpikir jernih dan melakukan pembelian kebutuhan pokok secara berlebihan. Buatlah anggaran dan daftar belanja setiap bulan sesuai dengan barang-barang yang kamu butuhkan.

3. Jual Barang yang Tidak Terpakai

Pandemi Covid-19 mau tidak mau memaksa setiap orang lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Karena itu, momen seperti ini dapat kamu manfaatkan untuk merapikan rumah dan mengumpulkan barang-barang yang tidak terpakai. Selanjutnya, kamu dapat memilah-milah barang  apa saja yang harus dibuang dan yang bisa dijual kembali.  Barang tidak terpakai, apalagi yang bersifat tersier biasanya masih memiliki nilai jual tinggi sehingga dapat menambah pemasukan bulanan kamu ketika dijual.

4. Menghindari Pembelian dengan Sistem Kredit

Tidak dapat dipungkiri, membeli barang dengan sistem kredit tetap menggoda, walu di masa krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Sebaiknya tetaplah berpikir secara rasional sebelum membeli barang-barang dengan sistem seperti itu. Kalau bisa, hindari pembelian barang dengan sifat tersier lewat sistem kredit supaya porsi pengeluaran bulanan tetap ideal.

5. Sisihkan Penghasilan untuk Dana Darurat

Dana darurat adalah aspek penting yang tidak boleh terlupakan di masa pandemi Covid-19 ini. Jika kamu belum punya, ada baiknya mulai menyisihkan penghasilan bulananmu untuk menyiapkan dana darurat. Idealnya, upayakan dana darurat paling tidak hingga 12 kali pengeluaran rutin bulanan.

Selain itu, penyiapan dana darurat ini sangat penting dilakukan, terutama untuk orang yang punya banyak tanggungan dan berstatus non karyawan. Oh ya, sebaiknya simpan dana darurat pada tabungan terpisah ya!

Selain 5 tips untuk mengatasi cemas finansial tersebut, ada baiknya kamu tetap berinvestasi sebagai pendana di Amartha. Pasalnya, dengan menjadi pendana bagi para perempuan pengusaha mikro mitra Amartha, kamu juga akan mendapatkan keuntungan hingga 15% per tahun dan cash flow mingguan. Selain itu, pembayaran angsurannya bisa diambil kapan saja loh!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here