Cegah Keborosan Pengeluaran dengan 5 Hal Ini

Gaji 10 koma, tanggal 10 sudah koma. Pasti terjadi bagi kamu yang masih belum tahu bagaimana mengatur keuangan.

Ibarat peribahasa lebih besar pasak daripada tiang yang artinya lebih besar pengeluaran daripada penghasilan. Kok bisa ya?

Salah satu kebiasaan kenapa kamu masuk dalam kategori lebih besar pasak daripada tiang adalah kurang bisa dalam mengatur keuangan. Lalu bagaimana agar tidak terjerat dalam peribahasa lebih besar pasak daripada tiang? Simak di sini

Ubah Kebiasaan

Kalau kamu ingin keluar dari jerat lebih besar pasak daripada tiang, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengubah kebiasaan lama. Misalnya saja, sebelumnya kamu wajib minum kopi di kafe terkenal setiap seminggu sekali. Nah ada baiknya kebiasaan ini diubah menjadi satu bulan sekali.

Susun Anggaran Keuangan

Habis gajian boleh aja langsung pergi ajak satu keluarga makan-makan, tapi jangan lupa kalau kegiatan tersebut sudah ada dananya. Untuk itu kamu perlu menyusun anggaran keuangan kamu. Cara menyusun anggaran yang mudah baca di sini.

Buat Pengingat Pribadi

Lapar mata seringkali buat kita khilaf dan berujung dengan menghabiskan uang yang kita punya. Agar tidak kebablasan, kamu bisa buat pengingat lho. Buat pengingat yang cocok dengan diri kamu. 

Cari Pemasukan Tambahan

Ada orang yang punya banyak tanggungan sehingga gajinya selalu kurang, ada juga yang merasa gaji kurang karena tidak mengatur keuangannya. Lalu cara terbaiknya untuk memenuhi hal tersebut adalah dengan berhutang. Namun, tahukah kamu? Ada cara lainnya berupa mencari pemasukan tambahan. Misalnya saja dengan kerja sampingan. Berikut situs pekerjaan sampingan yang bisa jadi referensi kamu disini

Melakukan Investasi

Salah satu cara mudah untuk menghindari perilaku boros seperti peribahasa lebih besar pasak daripada tiang adalah dengan melakukan investasi. Kini, investasi dapat dilakukan dengan mudah dan juga mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Jenis investasi yang bisa kamu manfaatkan adalah reksadana, saham, juga alternatif investasi seperti peer to peer lending.

Amartha sebagai perusahaan peer to peer lending akan memberikan kamu keuntungan sampai 15% per tahun juga menciptakan inklusi keuangan bagi Indonesia. Cek informasi selengkapnya di www.amartha.com ya!

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FACEBOOK
FACEBOOK
LINKEDIN
%d bloggers like this: