Home Finance Cegah Keborosan Pengeluaran dengan 5 Hal Ini

Cegah Keborosan Pengeluaran dengan 5 Hal Ini

|

|

|

Gaji 10 koma, tanggal 10 sudah koma. Pasti terjadi bagi kamu yang masih belum tahu bagaimana mengatur keuangan.

Ibarat peribahasa lebih besar pasak daripada tiang yang artinya lebih besar pengeluaran daripada penghasilan. Kok bisa ya?

Salah satu kebiasaan kenapa kamu masuk dalam kategori lebih besar pasak daripada tiang adalah kurang bijak dalam mengatur keuangan. Lalu bagaimana agar tidak terjerat dalam peribahasa lebih besar pasak daripada tiang? 

5 Cara Cegah Sikap Boros 

Ubah Kebiasaan

Apabila kamu ingin keluar dari jerat lebih besar pasak daripada tiang, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengubah kebiasaan lama. Misalnya saja, sebelumnya kamu wajib minum kopi di kafe terkenal setiap seminggu sekali. Nah ada baiknya kebiasaan ini diubah menjadi satu bulan sekali, menggunakan angkutan umum, bijak dalam membeli suatu barang. 

Susun Anggaran Keuangan

Habis gajian boleh aja langsung pergi ajak satu keluarga makan-makan, tapi jangan lupa kalau kegiatan tersebut sudah ada dananya. Untuk itu kamu perlu menyusun anggaran keuangan kamu. 

Anti Ribet, Begini Cara Mudah Mengatur Keuangan Buat Pemula

Buat Pengingat Pribadi

Lapar mata seringkali buat kita khilaf dan berujung dengan menghabiskan uang yang kita punya. Agar tidak kebablasan, kamu bisa buat pengingat harian mengenai sudah berapa banyak uang yang sudah kamu habiskan. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi impulsif buying.

Cari Pemasukan Tambahan

Ada orang yang punya banyak tanggungan atau generasi sandwich yang mengakibatkan pendapatan utamanya selalu kurang, ditambah lagi bila tidak bisa mengatur keuangan. Lalu cara terbaiknya untuk memenuhi hal tersebut adalah dengan berhutang. Namun, tahukah kamu? Ada cara lainnya berupa mencari pemasukan tambahan. Misalnya saja dengan menjadi freelancer, bisnis kecil-kecilan, hingga menjual kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai. 

Ide Mencari Penghasilan Tambahan Yang Tidak Melelahkan

Melakukan Investasi

Salah satu cara mudah untuk menghindari perilaku boros seperti peribahasa lebih besar pasak daripada tiang adalah dengan melakukan investasi. Kini, investasi dapat dilakukan dengan mudah dan juga mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Jenis investasi yang bisa kamu manfaatkan adalah reksadana, saham, juga alternatif investasi seperti peer to peer lending.

Amartha sebagai perusahaan peer to peer lending akan memberikan kamu keuntungan sampai 15% per tahun juga menciptakan inklusi keuangan bagi masyarakat piramida terbawah di Indonesia.

Pasalnya, di Amartha tidak hanya menyalurkan modal usaha saja tetapi juga memberikan edukasi mengenai tata kelola keuangan dan bisnis sehingga para mitra dapat mengelola keuntungan dari usahanya dengan bijak.

LANGGANAN EMAIL MONEY+

DAPATKAN INFO TERBARU
TENTANG MONEY+

Team Money+
Money + is financial blog for everyday life. We cover a wide range of everyday life topics including technology, lifestyle, careers, sharia and women empowerment. We strive to make financial easy to understand and fun for everyone!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Usaha yang Cocok di Tengah Pandemi Corona

Covid-19 atau virus corona sedang mewabah sehingga semua orang harus diam di rumah mengisolasi diri. Tapi kalau begini terus semua aktivitas jadi...

Apa Itu TKB90 dan TKW90?

Amartha terus menjalankan prinsip transparansi kepada masyarakat dengan mencantumkan Tingkat Keberhasilan 90 (TKB90) di halaman utama website Amartha.com. Dengan transparansi ini, pemberi pinjaman akan...

Butuh Dana Cepat? Ini Pilihan Pinjaman Syariah Bebas Riba

Perlu modal besar untuk buka usaha? Pinjam ditempat lain tapi takut riba? Kamu tidak usah khawatir, pasti saja ada solusinya. Kini ada...

Pendanaanmu Makin Aman dengan Promo Premi Asuransi 100%! #KitaJanganMenyerah

Dengan semangat #KitaJanganMenyerah, yuk terus dukung Ibu Mitra Amartha untuk bangkit di tengah kondisi pandemi COVID-19 ini! Cek marketplace...