Catat! Ini 8 Istilah dalam NFT yang Wajib Diketahui

0
3145
istilah nft
Ilustrasi NFT. Photos by Vertigo3d (iStockphoto)

Istilah dalam NFT yang Harus Dipelajari Newbie

Dunia digital kembali diramaikan dengan hadirnya salah satu instrumen investasi yang disebut dengan Non Fungible Token atau NFT. Buat para newbie, kamu harus mempelajari berbagai istilah dalam NFT sebelum ikut memperjual belikan aset digital yang satu ini. 

Pasalnya, mulai dari bentuk, tujuan, hingga cara penggunaannya tidak sama seperti aset kripto lainnya yang sesama pengguna teknologi blockchain. Setidaknya ada delapan istilah yang harus kamu ketahui dalam NFT, di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. DYOR

Istilah pertama yang wajib diketahui sebelum terjun ke dunia NFT adalah DYOR. Ini merupakan singkatan dari kalimat “Do Your Own Research”. Maksud dari istilah ini adalah kamu harus melakukan riset secara mendalam terlebih dahulu agar tidak menelan semua perkataan orang yang belum tentu benar sehingga terhindar dari kerugian saat bermain NFT. 

2. Mint

Dalam dunia NFT, mint atau minting adalah kegiatan saat meng-upload sebuah karya seni digital NFT yang disimpan ke dalam sistem blockchain. Saat mengubah file digital menjadi koleksi kripto tersebut, prosesnya bisa dilakukan tanpa menggunakan layanan dari pihak ketiga seperti Cargo, Rarible, atau Mintable

File yang sudah tersimpan dalam database terdesentralisasi tersebut tidak akan bisa dimodifikasi, di edit, atau bahkan dihapus. Jika kamu masih bingung apa itu Minting NFT, secara singkat bisa disimpulkan bahwa minting NFT adalah istilah keren untuk kegiatan menyimpan di blockchain. 

3. Floor Price

Pada NFT, istilah untuk harga jual terendah di marketplace tapi bukan merupakan harga rata-rata suatu item dikenal dengan istilah floor price. Informasi mengenai floor price ini otomatis akan diperbarui secara real-time oleh sistem. 

4. Gas Fee

Istilah dalam NFT berikutnya adalah gas fee, yaitu biaya yang harus dibayar oleh pihak user ketika melakukan transaksi atau membuat satu kontrak baru pada sistem blockchain. Satuan yang berlaku pada gas fee disebut dengan Gwei

Nominal yang berlaku di Gas Fee ini tidak menentu karena setiap NFT marketplace memiliki besaran nilai kurs yang berbeda-beda. Perlu diketahui, istilah gas fee ini juga berlaku jika kamu melakukan minting NFT. Sebab, NFT bisa berjalan di beberapa sistem blockchain seperti Ethereum dan BSC. 

Baca Juga:
5 Hal yang Bisa Dipelajari dari Ghozali Everyday Yang Jual NFT Foto Selfie

5. NGMI

Istilah berikutnya yang ada pada NFT art adalah NGMI. Merupakan kependekan dari “Not Gonna Make It”, yang mengacu pada perasaan menyesal dan kecewa karena telah mengambil keputusan yang kurang tepat. 

6. WAGMI

Istilah berikutnya ini merupakan kebalikan dari NGMI yang disebut dengan WAGMI. Merupakan kependekan dari “We All Gonna Make It” yang artinya adalah perasaan senang dan gembira yang ditunjukkan seseorang ketika ada pihak lain yang mulai paham dengan dunia NFT dan membeli seni digital NFT. 

7. OG

Untuk istilah yang merujuk kepada orang-orang yang telah lebih dulu berkecimpung di sebuah  komunitas, termasuk di dalamnya adalah komunitas NFT disebut dengan OG. Intinya, OG adalah orang yang memiliki banyak ilmu dan pengalaman di dunia NFT. 

8. FOMO

Istilah terakhir yang harus kamu ketahui untuk bertransaksi NFT adalah FOMO. Merupakan kependekan dari “Fear of Missing Out” yang merujuk pada rasa cemas yang dialami seseorang karena ketinggalan suatu tren. Akibatnya, banyak kolektor yang mengalami kerugian karena terlalu buru-buru membeli seni digital NFT tanpa berpikir secara matang. 

Nah, itulah berbagai istilah dalam NFT yang harus kamu ketahui sebelum bersiap-siap masuk ke dunia digital NFT art.

Jika masih ragu-ragu, lebih baik kamu memilih berinvestasi di P2P lending yang memiliki risiko lebih aman seperti P2P Lending Amartha. Pasalnya, di Amartha kamu bisa memberdayakan perempuan pengusaha mikro di pedesaan mulai dari Rp100.000 dan mendapatkan keuntungan bagi hasil hingga 15% flat per tahun untuk setiap mitra yang kamu modalin. Yuk, langsung bergabung di Amartha!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here